20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

Xperia S, Debut Cantik Sony tanpa Ericsson

Posted: 14 May 2012 09:42:40
 

"Pertarungan para raja", mungkin itu adalah salah satu ungkapan yang cukup tepat apabila melihat situasi dari perkembangan smartphone kelas high-end saat ini. Karena para pabrikan raksasa pun berlomba-lomba menerbitkan seri papan atasnya pada quartal pertama dan kedua dari tahun 2012 ini.

Sebut saja Nokia dengan seri Lumia 800, HTC dengan One X, LG dengan Prada 3.0, Apple dengan iPhone 4S dan Samsung yang baru-baru ini menelurkan Galaxy  SIII. Semua seri tersebut seakan menjadi sarana para pabrikan untuk menjejalkan fitur-fitur termutakhir yang ada pada dunia ponsel saat ini.

Tidak ketinggalan Sony Mobile yang dulunya bernama Sony Ericsson menerbitkan Xperia S yang menjadi debut pertama dan menjadi smartphone untuk perkenalan setelah mengganti namanya menjadi Sony Mobile.

 

Spesifikasi Singkat:

Network Coverage: Quadband GSM 850 / 900 / 1800 / 1900  

Layar: LED-backlit LCD, capacitive touchscreen, 16M colors , HD720, Scratch Resistant

Prosesor: Qualcomm MSM8260 Snapdragon, Dual Core 1.5 GHz

GPU: Adreno 220

OS: Android v2.3 Gingerbread

Storage: 32Gb Internal tanpa dukungan memory eksternal

 Kamera: 1.3mp (Depan), 12mp (belakang), Autofocus, LED Flash

Multimedia: Musik, video, radio FM, Playstation Certified.

Koneksi: WiFi 802.11, Bluetooth v2.1, DLNA

 

Desain dan Build Quality:

Untuk kelas smartphone high-end, Sony membanderol Xperia S dengan harga yang cukup rendah sekitar 5.5 jutaan, dibandingkan dengan beberapa pesaingnya yang rata-rata membanderol smartphone kelas high-end nya dengan harga di atas 6 juta.

Sony sepertinya cukup memperhatikan desain dari Xperia S ini, karena jujur smartphone ini menjadi salah satu smartphone dengan desain yang paling eye-catching dan manis namun tetap pada pakem ciri khas desain dari Sony. Xperia S menganut slate form-factor seperti beberapa smartphone touchscreen pada umumnya. Tetapi memiliki sebuah aksen yang sangat menarik pada bagian bawahnya, yaitu terdapat semacam plastik transparan yang dapat menyala. Plastik transparan ini sangat menarik, karena di sinilah letak antenna dari smartphone ini, dan nyala putihnya menjadikan Xperia S menjadi semakin terlihat elegan.

Tampilan dari Xperia S pun terlihat cukup sederhana, pada bagian depan hanya terdapat speaker, kamera depan dan tiga buah tombol sensitif untuk pengoperasian. Pada samping kiri hanya terdapat slot HDMI yang tertutup, dan pada samping kiri terdapat tombol shutter untuk kamera, volume dan slot mikro USB. Sedangkan pada bagian atas terdapat tombol on/off/unlock dan jack 3.5mm. Pada bagian belakang terdapat kamera, LED flash, speaker dan uniknya masih tersisa logo Sony Ericsson pada bagian bawahnya.

Secara umum, build quality dari Sony Xperia S ini sangat bagus dan Sony memberikan Anda dua warna favorit, yaitu warna hitam yang elegan dan warna putih yang fresh.

 

Software & Hardware:

Di balik getolnya Sony dalam mempersenjatai smartphone ini dengan berbagai macam fitur andalan Sony seperti Bravia Engine, kamera 12mp, memory penyimpanan sampai 32GB, sayangnya untuk smartphone kelas high-end keluaran tahun 2012, Xperia S masih menggunakan Android v2.3 (gingerbread) dan prosesor dual core. Dimana beberapa smartphone pesaing sudah menggunakan Android v4.0 (Ice Cream Sandwich) dan prosesor quad core. Tapi dalam beberapa bulan ini Sony akan mengeluarkan upgrade Android v4.0 untuk Xperia S dan yang pasti prosesor dual core nya masih sangat sanggup untuk menjalankan OS terbaru Android ini dengan sangat lancar.

Untuk smartphone dengan OS Android Gingerbread, tampilan layar dari Sony Xperia S sangat menawan. Menggunakan launcher ala Sony yang indah dengan beberapa widget khusus, Anda memiliki lima buah kolom untuk menaruh seluruh widget favorit.

Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, pada bagian depan dari Xperia S terdapat tiga buah tombol sensitif yang ditandai dengan sebuah titik diatas plastik transparan yang dapat menyala. Perlu dipastikan bahwa Anda harus menekan titik pada bagian muka smartphone ini, tidak pada plastik transparannya untuk dapat mengaktifkan perintah.

Pada homescreen terdapat fitur bernama overview mode, dimana Anda dapat melihat kelima homescreen dengan melakukan "pinch" pada layar, dan overview mode ini tampil dengan transisi dan animasi yang memanjakan mata. Dan tidak sampai itu saja, dengan mata Anda akan kembali dimanjakan dengan Bravia Engine yang menjadi salah satu fitur dari  smartphone ini, sehingga kualitas gambar yang dihasilkan dari layar 16 juta warnanya sangat vivid dan kontras.

Baterai dari Sony Xperia S tidak dapat diganti, walaupun Anda dapat membuka cover belakangnya. Untuk penggunaan normal dengan melakukan sedikit konfigurasi seperti menonakifkan fitur GPS, mengaktifkan auto brightness, menggunakan notifikasi hanya untuk aplikasi yang sering digunakan, dan menonaktifkan Bravia Engine, baterai 1750 mAh nya mampu menghidupi smartphone ini seharian penuh, cukup bisa diandalkan.

Tetapi ketahanan baterai tidak terlepas terhadap pengaruh kualitas sinyal, karena ponsel akan bekerja lebih keras ketika tidak memiliki kualitas penerimaan sinyal yang baik, yang otomatis akan semakin membuat baterai cepat habis.

 

Multimedia:

Mengingat Sony adalah salah satu raksasa elektronik yang cukup handal dalam memberikan hiburan bagi para fans nya. Tidak terkecuali pada smartphone Xperia S ini yang memiliki fitur multimedia yang cukup lengkap.

Pada bagian gallery, tidak ada yang berbeda dengan beberapa smartphone yang menggunakan OS Android Gingerbread, masih sama seperti beberapa smartphone Sony Ericsson terdahulu seperti seri Xplay dan Arc.

Video

Untuk menonton video, layar 4.3 inci nya sangat menolong, dan di sinilah fitur Bravia Engine benar-benar bekerja dengan sangat maksimal. Walaupun tidak memiliki dedicated video player, tetapi smartphone ini mampu memutar video beresolusi FULL HD 1080p dengan format AVI, MKV, 3GP dan MP4, walaupun ada beberapa codec audio yang tidak dapat terputar dengan baik. Tetapi Anda masih dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk memutar video dari Google Play.

Music

Untuk Anda yang senang mendengarkan musik, performa Sony Xperia S dalam memutar musik akan mengenyangkan hasrat Anda. Sony memang terkenal dengan Walkman nya, dan walaupun music player dari Xperia S ini tidak ada sentuhan Walkman, namun kualitas yang dihadirkan sangat menyerupai.

Bagi Anda yang sudah familiar dengan fitur Genius Playlist dari Apple, Sony memiliki fitur SensMe yang akan mengorganisir lagu berdasarkan mood. Selain itu bagi Anda para pemanja telinga, fitur equalizer pada music player bawaan dari smartphone ini sangat bisa diandalkan.

Terdapat satu fitur lagi yang sangat menarik, yaitu fitur xLOUD, yang ketika diaktifkan maka fitur ini akan mengoptimalkan suara yang akan keluar dari speaker bawaan Xperia S. Sehingga Anda akan mendapatkan suara yang bagus walaupun menggunakan speaker smartphone.

FM Radio

Radio FM merupakan fitur yang cukup jarang ada pada smartphone kelas high-end, dan fitur ini memiliki performa yang cukup bagus. Dengan tampilan yang manis dan sederhana, smartphone ini akan secara otomatis mendeteksi sinyal radio FM di wilayah Anda.

Gaming

Mungkin lagi-lagi sebuah fitur yang tidak biasa ada pada high-end smartphone, maksud dari gaming ini bukan hanya bermain game yang biasanya ada pada Google Play, namun Anda dapat memainkan game dari game PSX atau yang lebih akrab dipanggil PS1. Karena Sony Xperia S ini sudah Playstation Certified, maka Anda dapat membeli game melalui Playstation Store.

 

Camera:

Dipersenjatai dengan lensa 12mp, kualitas gambar dari Sony Xperia S menjadi salah satu yang terbaik dikelasnya. Fitur bawaan yang tertanam pada kameranya pun cukup lengkap, seperti smile detection, geotagging, image stabilization dan auto focus.

Sony memberikan Anda lima buah pilihan mode pemotretan seperti Normal, Scene Recognition, Sweep Panorama, Sweep Multi Angle dan Sweep 3D. Dan dari semua fitur tadi, yang paling menarik adalah fitur sweep 3D. Dimana Anda dapat melakukan pemotretan seperti pemotretan panorama seperti biasanya, namun hasilnya dapat dinikmati secara 3D pada televisi yang sudah memiliki fitur 3D.

Dan untuk si narsis dan si snapshoter, pada sisi bagian kanan dari Sony Xperia S terdapat tombol shutter yang akan sangat membantu ketika melakukan pemotretan, walaupun memiliki bentuk yang cukup kecil dan agak keras, namun tombol terdedikasi ini sangat-sangat membantu.

Untuk kamera depan walaupun menggunakan lensa 1.3mp, namun fungsinya tidak lebih untuk sebagai sarana melakukan video call dan bagi yang gemar bersolek, kamera depan ini sangat berguna sebagai cermin darurat.

 

Video Recording:

Sepertinya istilah High-Definition sudah sangat jamak terdengar, dan bahkan Sony Xperia S pun mampu merekam video dengan resolusi FULL HD 1080p dengan 30fps. Untuk kualitas perekaman, hasilnya sangat luar biasa, memiliki detail yang bagus, warna yang cukup natural, dan hasil video nya akan secara otomatis berformat MP4.

 

Konektivitas:

Sebutkan semua koneksi populer yang ada, dan kesemuanya tertanam di Sony Xperia S. Untuk koneksi, Xperia S memiliki koneksi yang sangat lengkap. Mulai dari Quadband GSM, HSDPA, HSUPA, WiFi, DLNA, Bluetooth, Smart Tag, NFC, Micro HDMI, Micro USB, dan GPS.

Untuk pertukaran data, pada konektivitas WiFi nya terdapt fitur direct WiFi yang memungkinkan Anda untuk bertukar data melalui WiFi dengan konfigurasi yang mudah.

Kemudian fitur DLNA nya memungkinkan Anda untuk mengkoneksikan smartphone ini dengan televisi yang juga memiliki fitur DLNA. Dan fitur Media Remote sangat berguna untuk mengendalikan TV Sony Bravia dan Blu-Ray player yang juga memiliki fitur DLNA.

Dan tidak ketinggalan sebuah fitur unik bernama Xperia Tag, di sini Anda akan diberikan sebuah benda berbentuk seperti gantungan kunci yang dapat Anda gantungkan di mana saja. Misalnya di gantungkan di mobil, maka Anda dapat melakukan pengaturan profil pada handset untuk dapat langsung menyalakan GPS begitu handset Anda didekatkan pada Xperia Tag tadi.

 

Kesimpulan:

Debut dari Sony tanpa Ericsson melalui Xperia S ini sepertinya sangat menjanjikan, walaupun saat ini masih hadir dengan OS Android Gingerbread, namun teknologi yang ditanamkan di dalamnya sangat lengkap dan mumpuni, dan Anda tinggal menunggu hadirnya update resmi untuk Android Ice Cream Sandwich saja, maka smartphone ini akan menjadi salah satu smartphone yang sangat menjanjikan. Harga yang dibanderol pun sangat menjanjikan untuk dapat bersaing dengan para pesaingnya. (fajrie)


Link to Product(s):
SONY Xperia S [LT26i] - Black
Beli
SONY Xperia S [LT26i] - White
Beli
 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post n/a n/a

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

24 Tahun Melayani, Asli Bikin Tenang
Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2017 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us