Bhinneka News

Google Android 4.0 Menuju Prosesor X86

Sistem operasi open-sourch Google Android 4.0 yang digunakan untuk smartphone dan tablet sedang diupayakan agar berfungsi pada prosesor x86, seperti diungkap oleh anggota yang telibat pada proyek open-source untuk mewujudkan Andorid untuk x86.

Soruce code Android 4.0.1 dengan nama sandi Ice Cream Sandwich dikembangkan dan disain agar berfungsi pada tablet berbasis chip hemat listri x86 dari Advanced Micro Device dengan nama sandi Brazos, yang umumnya digunakan oleh netbook dan laptop dengan harja terjangkau. Chip AMD ini digunakan oleh beberapa tablet seperti MSI WinPad 110W.

Melalui upaya tersebut berarti tablet dengan Android 4.0 berbasis chip x86 akan muncul kepermukaan. Intel yang merupakan produsen chip x86 terkemuka pernah mengungkapkan telah bekerjasama dengan Google, untuk menghadirkan Android 4.0 pada tablet dan smartphone berbasis x86.

Pengumuman dilakukan dalam sebuah forum diskusi oleh Chih-Wei Huang, pemilik Android-x86.org, suatu kelompok developer yang memfokuskan diri pada Android untuk x86. Saat ini Anodrid 4.0.1 untuk x86 sedang dalam tahap pengerjaan, bahkan source code sudah bisa di unduh melalui Android-x86.org dan telah dilengkapi kemampuan Wi-Fi, Multitouch dan akselarator grafik. Namun, belum tersedia kemampuan seperti suara, kamera, jaringan Ethernet maupun akselarator hardware untuk prosesor berbasis Intel.

Google meluncurkan source code Android 4.0 awal bulan ini, namun sebagian besar pengembangan OS Android berkutat disekitar prosesor ARM yang digunakan sebagian besar smartphone dan tablet saat ini.

Bahkan smartphone Samsung Galaxy Nexus dengan Android 4.0 telah dirilis dan produsen perangkat berbasis ARM menjanjikan upgrade tablet dan smartphone, dari Android 3.x dengan nama sandi Honeycomb menjadi Android 4.0.

Leave a Reply