Tips & Tutorial

7 Fakta Penting Virus Corona yang Anda Harus Ketahui

Lebih dari 80 orang meninggal karena corona virus di Cina setelah wabah yang terjadi di pusat kota Wuhan, pemerintah terpaksa mengunci beberapa kota dengan total populasi sebanyak 56 juta jiwa. Sebanyak 2,744 kasus telah dilaporkan sejak hari Senin, dimana mayoritasnya terletak di Wuhan dan kota-kota dekat provinsi Hubei. Pemerintah di setiap negara sedang berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah tersebarnya virus corona. Apa yang sudah Anda ketahui tentang wabah ini?

Inilah fakta-fakta yang harus Anda ketahui tentang virus corona:

1. Apa Itu Virus Corona?

Apa itu virus corona?
Virus-virus ini berasal dari hewan yang lalu menularkannya pada manusia. Contohnya seperti SARS yang ditularkan dari musang ke manusia, sementara MERS berasal dari suatu jenis unta lalu ditularkan ke manusia. (foto: Freepik)

Menurut World Health Organization (WHO), virus corona adalah satu keluarga virus yang menyebabkan penyakit mulai dari pilek biasa sampai yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Virus-virus ini berasal dari hewan yang lalu menularkannya pada manusia. Contohnya seperti SARS yang ditularkan dari musang ke manusia, sementara MERS berasal dari suatu jenis unta lalu ditularkan ke manusia.

Beberapa jenis virus corona hanya bersirkulasi pada hewan dan belum teridentifikasi pada manusia. Tapi jenis virus corona yang baru bernama 2019-nCoV diidentifikasi oleh pemerintah Cina pada tanggal 7 Januari adalah strain baru yang terdapat pada manusia.

Hanya sedikit yang diketahui tentang strain ini, yang pasti penularan antar manusia sudah terkonfirmasi.

2. Apa Saja Gejalanya

Apa sajakah gejala jika terinfeksi virus corona?
Gejala-gejala virus corona dimulai dengan pilek, batuk dan demam namun akan semakin parah (foto: Freepik)

Menurut WHO, tanda infeksi meliputi demam, batuk, nafas yang pendek dan kesulitan pernafasan.

Pada kasus yang lebih parah, virus corona dapat menyebabkan pneumonia, SARS, gagal ginjal bahkan sampai kematian

Masa inkubasi virus corona masih belum diketahui, beberapa sumber mengatakan masa inkubasi selama 10-14 hari.

3. Seberapa Mematikankah Virus Corona?

Apakah virus ini termasuk mematikan?
Mulai dari demam sampai kematian, virus corona termasuk virus berbahaya (foto: Freepik)

Selain menyebabkan gejala ringan seperti demam, beberapa ahli mengatakan virus corona tidak lebih mematikan layaknya tipe coronavirus lain seperti SARS yang membunuh hampir 800 jiwa seluruh dunia pada 2002-2003 yang mana juga berasal dari wabah di Cina. Sementara MERS meski tidak menyebar lebih luas, memakan korban sebanyak sepertiga dari SARS.

4. Lokasi Virus Corona yang Telah Dilaporkan

Lokasi penyebaran virus corona saat ini kebanyakan di sekitar benua asia
Kasus-kasus virus ini bermayoritas di negara Cina dan negara Asia lainnya (foto: Freepik)

Beberapa kasus coronavirus telah dilaporkan terjadi di Cina. Semua kasus kematian terjadi di Cina, mayoritasnya di provinsi Hubei.

Virus ini sudah menyebar di banyak negara Asia, Eropa dan Amerika Utara.

5. Usaha Apa Saja yang Sudah Dilakukan Untuk Mencegah Penyebarannya?

Usaha yang dilakukan untuk menanggulangi virus corona
Ilmuwan masih berusaha mencari tahu banyak tentang virus ini guna membuat vaksinnya (foto: Freepik)

Belum ada vaksin untuk virus corona jenis ini sementara pemerintah Cina telah menyegel Wuhan.

Menurut siaran nasional Cina CCTV, tindakan ini dilakukan guna mewadahi momentum penyebaran wabah dan melindungi nyawa-nyawa lain.

Lebih dari 12 kota lainnya di Cina juga memulai larangan transportasi, mempengaruhi 56 juta orang.

Bandara seluruh dunia telah memberlakukan langkah penyaringan dan beberapa negara sedang berusaha mengevakuasi warga negaranya dari Wuhan.

6. Asal Muasal Virus Corona Baru

WHO yakin bahwa virus ini berasal dari sumber hewan
Saat ini ilmuwan masih yakin bahwa virus corona berasal dari hewan liar seperti kelelawar (foto: Freepik)

Pemerintah Kesehatan Cina sedang berusaha menentukan asal virus ini, mereka mengatakan virus ini berasal dari pasar makanan laut di Wuhan, yang mana satwa liar juga diperjualbelikan secara ilegal.

WHO juga mengatakan wabah ini berasal dari hewan. Sementara menurut ilmuwan Cina, virus ini berasal dari ular, terutama jenis ular krait Cina dan kobra.

7. Apakah Ini Keadaan Darurat Berskala Global?

Menurut WHO, virus corona belum resmi menjadi global health emergency
Menurut WHO, Virus ini belum bisa disebut wabah darurat global (foto: Freepik)

Wabah ini belum diresmikan sebagai global emergency, menurut WHO.

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan keputusan untuk menahan peresmian wabah ini menjadi wabah darurat global bukanlah sebuah tanda bahwa WHO tidak menanggapi isu ini secara serius.

“Ini memang sebuah keadaan darurat di Cina, tapi wabah ini belum menjadi keadaan darurat kelas global,” ujarnya kepada wartawan.

Sudah ada lima kejadian darurat kesehatan global sejak 2005 saat deklarasi tersebut diresmikan, flu babi pada tahun 2009; polio tahun 2014; Zika di tahun 2016 dan Ebola di tahun 2019.

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=nhCTqKVYn1I?feature=oembed]

Itulah fakta-fakta yang perlu Anda ketahui tentang virus corona, penting untuk selalu update mengenai info wabah ini demi keamanan dan kesehatan Anda di media seperti Triasse.

Lakukan juga pemeriksaan kesehatan rutin untuk menentukan apakah gejala yang Anda alami termasuk gejala virus corona atau bukan. Lakukan tes kesehatan online melalui Bhinneka.com yang berkeja sama dengan  Triasse.

Sumber : Triasse.com

Leave a Reply