Info Bisnis Rekomendasi Produk

5 Alat Musik Tiup Yang Sering Digunakan

Saat ini memang sudah banyak lahir berbagai jenis alat musik yang dapat menghibur banyak orang. Salah satu jenis dengan penggemar cukup banyak adalah Alat Musik Tiup. Jenis alat musik ini menghasilkan suara melalui getaran udara yang berasal dari buluhnya atau bibir seorang musisi.

Karakteristik Alat Musik Tiup

Untuk yang belum tahu alat musik jenis tiup merupakan tipe resonator yang berbentuk tabung. Alat ini akan mengeluar getaran dengan mengatur kolom udara tersebut. Musisi akan meniup corok  yang berada di dekat corong atau dekat area resonator.

Alat musik ini sedang mengalami perkembangan luar biasa. Para musisi memiliki dua cara dalam memainkannya bisa meniup area corongnya atau ada juga para pemain yang mengeluarkan suara dari corong logam tersebut. Kedua metode ini dapat menghasilkan suara indah dan menawan.

Secara umum alat musik jenis tiup ini memang mengeluarkan bunyi dari getaran udara. Berdasarkan perkembangannya getaran udara penghasil suara ini terbagi dalam dua jenis yaitu, getaran udara dari instrumen itu sendiri seperti klarinet atau terompet, dan juga getaran udara tidak berasal dari instrumen seperti harmonika serta akordeon.

Jenis Alat Musik Tiup yang Sering Orang Gunakan

Alat musik tiup kini memang jadi andalan banyak orang dalam menciptakan sebuah harmoni nada. Pada prakteknya dalam sehari hari terdapat beberapa jenis alat musik ini yang paling sering orang mainkan. Berikut adalah alat musik jenis tiup yang terkenal dan sering orang gunakan :

1. Terompet

Alat Musik Tiup Terompet

Hampir semua orang sepertinya sudah familiar dengan alat musik terompet. Menjelang pergantian tahun baru terutama, Anda akan melihat banyak sekali orang memainkan alat musik terompet untuk menyambut tahun baru. Cara memainkan terompet ini cukup mudah.

Selain itu, alat musik satu ini serbaguna dan selalu berhasil bersanding dengan jenis musik apapun. Untuk jenis musik atau lagu modern, Anda dapat menemukannya pada genre klasik, jazz, atau pop. Biasanya akan ada lagu lagu dengan genre tersebut yang memasukan instrumen terompet.

2. Tuba

Tuba

Tuba merupakan instrumen musik yang juga orang mainkan dengan cara meniupnya. Nada dari alat ini cukup elegan dan menawan sehingga sangat cocok dalam pertunjukan orkestra atau band kuningan. Akan tetapi Anda juga bisa mendengar alunan dari Tuba di lagu lagu bergenre Bass.

Pada dasarnya suara dari tuba memang berkonsep Bass dengan suara cukup lantang. Tuba sendiri memiliki bentuk seperti tabung yang mengelilingi pemain. Bentuknya memang sangat besar dan suara bassnya akan benar benar terasa ketika bersanding dengan sebuah harmoni nada.

3. Recorder

Recorder

Recorder di sini bukan merupakan alat perekam, melainkan salah satu jenis alat musik asal Eropa. Bentuk dari Recorder sendiri berasal dari kayu tiup. Meskipun sederhana alat ini jadi salah satu penghasil nada musik klasik yang menawan dan sangat populer di abad pertengahan Eropa lalu.

Saat ini eksistensi Recorder memang sedikit memudar karena tidak banyak musisi menggunakannya. Akan tetapi di dunia pendidikan khususnya Eropa, banyak anak anak sekolah dasar memiliki kelas untuk mempelajari alat musik berbentuk kecil seperti seruling ini.

4. Klarinet

Klarinet

Clarinet merupakan alat musik jenis tiup asal negeri Jerman. Pada tahun sekitar 1700 an, alat musik satu ini sempat sangat populer. Bentuknya yang unik yaitu adanya buluh tunggal dengan sebuah silinder menyerupai oboe ini dapat menghasilkan suara merdu dan nyaman.

Sejauh ini sampai sekarang, Klarinet sudah mengalami perubahan dan evolusi. Kebanyakan musisi sekarang memainkan alat ini pada genre musik konser orkestra dan juga ansambel Jazz. Suaranya memang sangat elegan dan menawan sangat nyaman di telinga seseorang.

5. Saksofon

Saxophone

Saksofon merupakan alat musik jenis tiup yang berhasil manusia temukan pertama kali di negara Belgia kurang lebih pada tahun 1840an. Penemu atau pembuat dari instrumen satu ini bernama Adolphe Sax. Pada umumnya alat musik jenis ini terbuat dari logam dan menggunakan corong untuk mengeluarkan suara.

Menariknya lagi, Saksofon menghadirkan kurang lebih 22 tombol dengan sebuah corong buluh tunggal. Instrumen musik satu ini sampai sekarang masih menjadi banyak andalan para musisi dalam menciptakan sebuah alunan musik indah dan kerap kali muncul dalam pertunjukan Opera dan Orkestra.

Itulah beberapa alat musik tiup yang sering digunakan. Berminat? Kunjungi daftar alat musik tiup di Bhinneka.

Leave a Reply