Bhinneka News

Apple iPhone 2022 akan menggunakan Modem 5G?

Pada awal tahun 2019, Apple dilaporkan melakukan akuisisi terhadap bisnis modem smartphone yang  dimilik Intel dengan nilai akuisisi bernilai hingga USD 1 milyar. Dengan akuisisi ini, Apple akan mempekerjakan sekitar 2.200 pegawai Intel untuk mereka. Selain itu, Apple juga mendapatkan hak intelektual, peralatan, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan bisnis modem smartphone Intel tersebut. Dengan melakukan akuisisi ini, Apple akan segera mengembangkan modem 5G, di mana modem ini nantinya akan digunakan untuk smartphone Apple iPhone di tahun 2022.

Saat ini Apple mendapatkan chip yang didapatkan melalui Qualcomm. Namun seperti kita ketahui, bahwa kedua perusahaan ini tengah berseteru di pengadilan akan lisensi dan tuntutan dari kedua belah pihak, Apple pun memutuskan untuk melanjutkan pengembangan modem 5G untuk perangkatnya sendiri tanpa melibatkan Qualcomm. Sumber yang mengatakan tentang Apple yang ingin mengembangkan modem 5G sendiri tersebut juga cukup optimis bahwa target tersebut akan tercapai.

Melalui sumber berita yang sama, Apple disebutkan bahwa fabrikasi telah selesai sesuai dengan waktunya, dan pihak Apple sedang melakukan uji coba, optimalisasi, serta sertifikasi untuk modem 5G agar diterima di standar global maupun domestik. Ada rumor yang mengatakan bahwa pihak Apple awalnya menginginkan integrasi modem 5G ini dengan chipset berkonsumsi daya rendah, namun sepertinya Apple akan mengembangkannya secara terpisah untuk tahun 2022, sementara integrasi baru bisa dirilis mulai 2023.

 

Leave a Reply