Tips & Tutorial

Aturan Fashion Pria yang Perlu Dilanggar

Kamu mungkin sering mendengar berbagai aturan cara berpakaian yang tidak boleh dilanggar, bila ingin tampil sempurna sebagai seorang pria. Tentu saja aturan dibuat untuk dilanggar, terutama aturan fashion. Berikut aturan fashion yang sepertinya perlu kamu pensiunkan.

  1. Hindari warna pink

Ini keliru, kamu harus selalu memakai pink. Tidak harus selalu juga, karena pink tidak sesuai untuk beberapa kegiatan seperti acara pemakaman misalnya. Namun pria terlihat keren dalam warna pink, meski banyak pria beranggapan itu bukan warna yang cukup maskulin buat mereka. Pria sejati tau bagaimana memadukan warna pink dan umumnya banyak pilihan yang sesuai, seperti mamakai sweater fuchsia misalnya atau kamu bisa memakai warna ini dengan cara lebih halus seperti memakai dasi pink dengan setelan abu-abu. Pilihan lain ialah mengenakan kemeja pink dengan jas biru. Pilihan untuk warna ini sangat beragam.

Pink Maskulin
Pink Maskulin
  1. Hindari pola tebal dikantor

Mungkin kamu bekerja dikantor super konservatif yang harus selalu memakai jas dan dasi setiap hari. Ini bukan berarti kamu harus telihat membosankan atau menjemukan. Pola merupakan cara tepat untuk mencegah penampilan kamu terlihat tidak pernah berubah. Cara sederhana bisa dengan menggunakan dasi bermotif atau bisa dengan dasi kupu-kupu. Setelah itu bisa melangkah lebih jauh dengan menambah pocket square.

Bermain dengan Pola
Bermain dengan Pola
  1. Hindari perpaduan hitam dan coklat

Hitam dan coklat terlihat hebat saat bersama. Perpaduan hitam dan coklat merupakan cara yang tepat untuk mencegah pakaian menjadi terlalu monochrome. Cobalah mengenakan sepatu hitam dengan sabuk coklat atau sebaliknya. Bisa juga mungkin memakai jaket kulit hitam favorit kamu dan melengkapinya dengan syal coklat. Ada begitu banyak yang bisa dilakukan ketika kamu memadukan warna yang bagus.

Hitam + Coklat = Keren
Hitam + Coklat = Keren
  1. Selalu Memakai kaus kaki

Bila ingin tetap casual, sepatu selalu terlihat lebih baik tanpa kaus kaki. Bahkan agar tampil lebih santai, kaus kaki menjadi tidak diperlukan. Namun bila kamu menghadiri acara formal atau acara apapun dengan dress code kaus kaki mutlak diperlukan, kecuali acara makan siang disebuah club.

Tanpa Kaus Kaki
Tanpa Kaus Kaki
  1. Sepatu dan sabuk harus sesuai

Sulit mengetahui siapa saja yang benar-benar mengenakan sabuk dan sepatu yang cocok, namun ada beberapa pengecualian untuk aturan ini. Untuk acara resmi seperti pernikahan harus sesuai dan pengecualian lain ketika kamu mengenakan sabuk coklat dan sepatu coklat. Dalam hal ini tidak harus cocok satu sama lain, namun lebih baik memakai warna dalam keluarga warna yang sama dengan memadukan antara coklat gelap dan terang. Pasangan sabuk ribbon dengan sepatu kulit loafer cocok untuk akhir pekan.  Sepatu warna abu-abu dengan sabuk hitam terlihat simpel dan tegas terutama saat dikantor.

Padu padan kontras
Padu padan kontras

Namun perlu diingat, kamu harus membuatnya lebih baik bila ingin melabrak aturan fashion, kemudian tetap berpikiran terbuka dan pertimbangkan pula untuk melanggar aturan gaya terbaru kamu.

Yuk lengkapi koleksi fashion kamu cuma di #SelasaGaya Bhinneka.Com dijamin makin seru untuk padu padan 😉

Leave a Reply