Tips & Tutorial

Bahaya Kolesterol Tinggi dan Tips Cara Menurunkan Kolesterol

Bahaya kolesterol tinggi menjadi ancaman bagi banyak orang mulai dari anak – anak, remaja hingga dewasa. Hal ini karena kolesterol tinggi seringkali tidak bergejala dan dapat menimbulkan berbagai penyakit atau komplikasi yang menyertai. Kolesterol tinggi dapat disebabkan berbagai hal seperti makanan, gaya hidup, kurangnya aktivitas fisik.

Ada sejumlah cara dan tips yang dapat dilakukan untuk menjaga agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap normal terjaga. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai bahaya dan risiko dari kolesterol tinggi serta bagaimana cara menjaga agar kolesterol tetap normal.

Jenis Kolesterol

Kolesterol dalam tubuh dapat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu HDL (High Density Lipoprotein) atau dikenal juga dengan kolesterol baik, LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat dan Trigliserida.

kolesterol normal

HDL adalah kolesterol yang berfungsi membawa kelebihan kolesterol yang berbahaya dari dalam darah kembali ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh. Sedangkan LDL adalah kolesterol berbahaya yang jika dibiarkan dapat menumpuk dan menimbulkan berbagai penyakit. Sedangkan trigliserida berfungsi menyimpan kalori dan menyediakan energi untuk tubuh.

Cara Mengetahui Kolesterol Tinggi

Anda disarankan untuk memeriksa darah di laboratorium atau dapat juga mengukur kadar kolesterol secara mandiri dengan menggunakan alat ukur dan strip test kolesterol.

Kedua jenis tes umumnya memiliki hasil yang serupa dan memiliki perbedaan atau selisih yang tidak besar dan dapat dijadikan acuan. Namun yang membedakan adalah hasil laboratorium akan memberikan hasil lebih detil karena Anda dapat mengetahui juga besar / tingkat dari masing – masing HDL, LDL dan trigliserida.

batas kolesterol normal

Pada alat ukur strip tes, yang Anda ukur adalah kolesterol total dan dinyatakan dalam satuan mg/dl. Besarnya kolesterol total normal untuk orang dewasa adalah pada rentang 125 – 200 mg/dl.

Apabila hasil pengukuran kolesterol Anda berada di atas 200 mg/dl, maka dapat dikatakan Anda memiliki kolesterol yang tinggi.

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

Untuk mengatasi kolesterol tinggi, umumnya dapat dilakukan dengan perubahan gaya hidup dan menerapkan pola makan sehat. Jika diperlukan, kolesterol tinggi juga dapat diturunkan dengan bantuan obat – obatan penurun kolesterol, tentunya setelah berkonsultasi dengan dokter.

Anda juga dapat mencoba beberapa tips dan cara berikut untuk menurunkan dan mengatasi kolesterol tinggi

Rutin Olahraga

Kolesterol salah satunya disebabkan akibat kurangnya aktivitas fisik atau berolahraga. Anda dapat mencoba jogging atau olahraga lainnya secara rutin. Ini dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol ke level normal. Tentunya ini perlu juga dibarengi dengan pola makan sehat.

Menghindari Junk Food dan Makanan Berlemak

Salah satu penyebab kolesterol tinggi juga dapat disebabkan sering memakan makanan berlemak dengan lemak tak jenuh yang tinggi misalnya junk food. Kandungan lemak tak jenuh atau trans fat yang tinggi dapat menaikkan tingkat LDL dan menurunkan kadar HDL dalam tubuh.

Mengkonsumsi Makanan Dengan Lemak Baik

Kebalikan dari atas, Anda disarankan untuk konsumsi sayuran dan juga makanan lain yang mengandung lemak baik tinggi misalnya kacang, almond, omega 3, ikan dan lainnya. Makanan yang kaya dengan lemak baik dapat membantu untuk menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh.

Berhenti Merokok

Merokok menjadi salah satu faktor pemicu kolesterol tinggi. Jika Anda merupakan seorang perokok, maka sebaiknya Anda segera berhenti merokok. Selain menimbulkan berbagai masalah kesehatan, merokok juga menyebabkan kolesterol jahat dalam tubuh menumpuk.

Tips diatas dapat Anda coba terapkan dan lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol jika angka kolesterol total Anda > 200 mg/dl. Setidaknya tips di atas mudah dilakukan dan Anda tidak perlu mengkonsumsi obat – obatan untuk menurunkan kadar kolesterol.

Leave a Reply