Uncategorized

Bahaya Sering Bergadang atau Tidur Malam. Awas Bisa Fatal!

Bahaya bergadang mungkin kurang disadari atau diketahui oleh orang – orang yang sering bergadang. Banyak alasan atau penyebab kenapa seseorang sering bergadang, misalnya saja masalah pekerjaan, menyelesaikan tugas kuliah, dan banyak lagi.

Padahal tubuh manusia memerlukan istirahat yang cukup agar dapat berfungsi dengan baik. Apabila seseorang sering bergadang atau telat tidur, mengakibatkan tubuh kurang istirahat. Akibatnya dapat menimbulkan berbagai efek buruk.

insomnia

Apabila Anda termasuk salah satu yang sering bergadang, maka ketahui bahaya bergadang dan efek buruk yang dapat ditimbulkannya.

Waktu Istirahat yang Ideal

Setiap individu membutuhkan istirahat yang cukup sehingga tubuh dapat berfungsi dengan baik. Penelitian menyarankan waktu istirahat yang cukup untuk seseorang setidaknya adalah 8 jam setiap harinya secara rata – rata.

Secara lebih mendetail, waktu istirahat atau tidur yang baik dapat dikelompokkan sebagai berikut:

  • 6 – 13 tahun: 9 – 11 jam
  • 14 – 17 tahun: 8 – 10 jam
  • 18 – 64 tahun: 7 – 9 jam
  • >65 tahun: 7 – 8 jam

Bagi beberapa orang, tidur sebelum waktunya terkadang cukup menyulitkan apalagi sudah terbiasa bergadang. Namun Anda dapat perlahan menambah waktu tidur Anda agar tubuh terbiasa. Setelah tubuh terbiasa dengan jam tidur baru Anda.

Hindari istirahat atau tidur kurang dari jam yang disarankan. Terlebih hindari untuk tidak tidur sama sekali. Hal ini dapat memberikan efek buruk untuk kesehatan.

Bahaya Bergadang

Bergadang pada dasarnya adalah keadaan dimana seseorang tidur lebih larut dari jam yang seharusnya sehingga waktu tubuh untuk beristirahat menjadi lebih sedikit atau berkurang. Beberapa efek dari bergadang ada yang ringan hingga berat.

bahaya bergadang

Gejala atau efek bergadang paling ringan yang dapat Anda rasakan antara lain seperti rasa kantuk yang berat keesokan harinya, rasa lelah yang amat sangat, hingga tidak fokus.

Namun ketahui juga beberapa bahaya dari bergadang berikut ini:

Kurang Fokus

Selain kantuk, salah satu akibat efek dari bergadang adalah sulit untuk berkonsentrasi atau fokus. Hal ini dapat mengganggu aktivitas Anda sehari – hari seperti di kantor atau sekolah.

Micro Sleep

Salah satu bahaya buruk dari bergadang, terutama apabila Anda berkendara adalah micro sleep. Micro sleep seringkali menjadi salah satu penyebab utama kecelakaan fatal saat berkendara.

Micro sleep adalah sesi tidur singkat kurang dari 30 detik, dimana tubuh tidak menyadari tertidur. Orang yang mengalami microsleep juga tidak menyadari kalau dirinya tertidur. Hal ini sangat berbahaya terutama bila micro sleep dialami saat berkendara, karena tubuh tidak dalam kondisi sadar dan dapat merespon hal – hal yang terjadi di jalan raya

Berat Badan Meningkat

Bahaya lain dari bergadang adalah dapat meningkatkan berat badan. Sehingga seringkali orang yang bergadang mengalami kenaikan berat badan dan tidak jarang bergadang juga dapat menjadi pemicu obesitas.

Mengapa hal ini dapat terjadi? Tubuh umumnya menjalankan metabolisme saat kita tertidur. Pada saat seseorang bergadang, metabolisme tubuh menjadi terganggu. Selain itu saat bergadang, Anda juga dihadapkan pada godaan cemilan dan makanan, yang menjadi salah satu faktor berat badan meningkat.

Meningkatnya Hormon Kortisol

Saat bergadang, tubuh akan merespon dengan memproduksi lebih banyak hormon kortisol atau hormon stres. Hormon ini dapat merusak kolagen pada kulit sehingga orang yang sering bergadang dapat mengalami penuaan dini.

Salah satu tanda atau cirinya adalah orang yang sering bergadang wajahnya terlihat lebih kusam, banyak kerutan serta mata bengkak dan muncul lingkar hitam / dark circle serta kantung mata.

Daya Tahan Tubuh Melemah

Salah satu bahaya bergadang yang lain adalah menurunnya imun tubuh. Dengan imun yang turun, Anda menjadi lebih rentan dan berisiko terinfeksi virus atau bakteri dan menjadi sakit.

Setelah mengetahui berbagai efek dan bahaya bergadang, ada baiknya Anda yang terbiasa atau suka bergadang mulai merubah pola tidur Anda dan dapatkan waktu istirahat atau tidur yang cukup dan berkualitas.

Leave a Reply