Tips & Tutorial

Batas Kolesterol Normal Untuk Dewasa dan Anak – Anak

Penting untuk mengetahui batas kolesterol normal karena kolesterol tinggi dapat diderita oleh siapapun, baik pria atau wanita, dewasa hingga remaja sekalipun. Pemeriksaan secara rutin baik melalui laboratorium atau pengecekan kadar kolesterol sendiri juga perlu dilakukan.

Kolesterol tinggi seringkali tidak diketahui atau tidak disadari karena terkadang tidak membawa gejala. Namun membiarkan kolesterol tinggi diatas batas kolesterol normal dapat berbahaya. Banyak penyakit serius yang dapat diakibatkan tingginya kolesterol.

kolesterol normal

Tingginya kolesterol dapat disebabkan dari berbagai faktor misalnya pola makan, obesitas, kurangnya aktivitas fisik, sering merokok dan masih banyak lagi. Penting bagi siapapun untuk mengetahui batasan kolesterol agar dapat mengetahui tingkat kolesterol milik dirinya.

Dengan mengetahui tingkat kolesterol pun seseorang dapat menerapkan pencegahan atau berusaha untuk menurunkan kadar kolesterolnya jika ternyata melebihi batas normal. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai batasan normal untuk pria atau wanita.

Mengetahui Macam Jenis Kolesterol

Perlu diketahui bahwa kolesterol sendiri terbagi atas kolesterol HDL atau sering disebut kolesterol baik dan juga kolesterol LDL atau disebut juga kolesterol jahat. Selain HDL dan LDL juga masih ada trigliserida.

Pemeriksaan kadar kolesterol di laboratorium umumnya akan memerinci hasil dari masing – masing HDL, LDL dan juga trigliserida. Ketiganya memiliki ambang batas tersendiri untuk dapat dikategorikan normal atau tinggi.

Sedangkan jika Anda melakukan pengecekan kolesterol secara mandiri, umumnya angka yang dijadikan acuan adalah angka kolesterol total.

Rentang Kolesterol Normal

Batas kolesterol baik untuk HDL, LDL, Trigliserida maupun kolesterol total antara pria dan wanita juga dewasa dan anak – anak cenderung berbeda. Misalnya saja, pria umumnya memiliki tingkat kolesterol yang lebih tinggi dari wanita. Namun secara umum, batas kolesterol normal adalah sebagai berikut

batas kolesterol normal

Batas Kolesterol Normal untuk Dewasa

  • Jika Anda menggunakan kolesterol total, maka ambang normal adalah jika hasil kolesterol total berada kurang dari 200 mg/dl. Di atas 200 mg/dl, Anda dikatakan memiliki kolesterol tinggi
  • HDL sebaiknya minimal 60 mg/dl. Semakin tinggi angka HDL atau kolesterol baik maka semakin bagus
  • LDL yang baik adalah <100 mg/dl
  • Trigliserida yang baik adalah <150 mg/dl

Rentang diatas dapat Anda jadikan acuan saat mengecek hasil kolesterol Anda. Meski pada pria kadar kolesterol nya lebih tinggi, namun tetap disarankan agar angka LDL tidak lebih dari 100 mg/dl dan HDL sebaiknya minimal 60 mg/dl.

Batas Kolesterol Normal untuk Anak – Anak

  • Jika Anda menggunakan kolesterol total, maka batas ambang normal adalah jika hasil kolesterol total berada kurang dari 170 mg/dl. Di atas 170 mg/dl, Anda dikatakan memiliki kolesterol tinggi
  • HDL sebaiknya minimal 45 mg/dl. Semakin tinggi angka HDL atau kolesterol baik maka semakin bagus
  • LDL yang baik adalah <110 mg/dl
  • Trigliserida yang baik adalah <150 mg/dl

Leave a Reply