Tips & Tutorial

Bermacam Jenis Kulkas & Memilih Kulkas yang Sesuai

Sebelum membeli kulkas, penting untuk mengenali dan memahami berbagai jenis kulkas terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak salah membeli kulkas seperti tidak sesuai dengan kebutuhan, salah model atau bahkan ukuran tidak sesuai.

Setiap jenis atau model kulkas memiliki fungsi dan kegunaan yang membedakan satu dengan yang lainnya. Hal ini juga mempengaruhi ukuran. Beberapa model yang lebih sederhana memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan model yang kompleks.

Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai berbagai macam model kulkas dan juga gambaran mengenai poin pembeda dan kegunaan dari kulkas tersebut secara singkat.

Berbagai Macam Jenis Kulkas

Jika Anda mendatangi etalasi atau showroom yang menjual berbagai unit perabot rumah tangga, umumnya Anda dapat menemukan beberapa macam model kulkas.

Kulkas yang dijual ini umumnya dapat dikelompokkan berdasarkan peruntukan misalnya digunakan di hotel atau industri seperti restoran, untuk rumah, atau untuk pusat perbelanjaan. Selain itu kulkas yang dijual juga dapat dikelompokkan berdasar ukuran atau kapasitas: kulkas mini, kulkas portable.

Pembagian paling sederhana dari kulkas dapat dikelompokkan berdasarkan jenis kulkas berikut ini:

Kulkas Top Freezer

Adalah kulkas yang mungkin paling sering ditemui dan umum digunakan di perumahan. Kulkas jenis ini baik yang 1 pintu atau 2 pintu memiliki bagian freezer yang terletak di bagian kompartemen atas kulkas.

jenis kulkas

Bagian freezer dapat digunakan untuk menyimpan makanan beku seperti es krim atau daging – dagingan, sedangkan bagian non freezer untuk menyimpan makanan lain. Kulkas top freezer umumnya memiliki 2 pintu, untuk membedakan area freezer dan juga non freezer.

Kulkas Bottom Freezer

Kebalikan dari kulkas top freezer, kulkas bottom freezer menempatkan bagian freezer pada kompartemen bagian bawah. Cukup jarang ditemui di Indonesia. Umumnya juga memiliki 2 pintu untuk membedakan area freezer dengan kompartemen non freezer.

bottom freezer

Kulkas Freezer-less

Kulkas ini tidak memiliki area freezer sehingga tidak cocok untuk Anda yang membutuhkan freezer untuk membekukan makanan atau menyimpanan makanan beku. Dari segi kelebihan, kulkas ini memiliki ukuran yang lebih kecil.

Umumnya kulkas freezer-less digunakan oleh orang – orang yang memiliki ruangan sempit untuk menaruh kulkas karena cukup ringkas dan tidak banyak memakan tempat.

Kulkas Side by Side

Kulkas side by side memiliki pintu yang dapat dibuka di bagian sisi kiri dan kanannya. Dan masing – masing sisi umumnya memiliki rak untuk menyimpanan makanan atau minuman. Secara ukuran, kulkas side by side memiiki ukuran yang besar.

ukuran kulkas

Anda setidaknya membutuhkan area yang cukup besar untuk clearance bukaan pintu dari kulkas. Dan kulkas ini juga tidak dapat diletakkan terlalu pojok dekat dinding karena akan menghalangi bukaan pintu dari kulkas.

Jenis Kulkas French Door

Merupakan kulkas dengan pintu yang cukup banyak dan melebihi kulkas side by side. Kulkas ini dapat memiliki hingga 3 – 4 buah pintu. Ukuran dari kulkas ini juga besar dan harganya cukup mahal.

Kulkas ini lebih cocok untuk keperluan industri seperti restoran karena diperlukan untuk menyimpan bahan baku masakan dalam jumlah cukup banyak dan bervariasi.

Jenis Kulkas Showcase

Sesuai namnya, kulkas ini diperuntukkan untuk display atau showcase. Umumnya pintu kulkas terbuat dari kaca transparan dimana dapat terlihat isi kulkasnya.

Kulkas jenis ini juga tidak memiliki freezer. Digunakan di warung, pusat perbelanjaan untuk menyimpan dan memajang minuman jualannya.

Leave a Reply