bayar pbb di bhinneka
Promo Terbaru Seputar Bhinneka

Di Bhinneka.Com Bisa Bayar PBB untuk 84 Provinsi dan Kota di Indonesia

Transformasi digital terus dikebut di berbagai sektor sejak dua tahun terakhir, dan menumbuhkan optimisme untuk capaian serta kualitas pelayanan publik yang lebih baik termasuk dalam target penerimaan pendapatan negara berupa pajak.

bayar pbb di bhinneka

Sebagai business super ecosystem yang memenuhi berbagai kebutuhan B2B di Indonesia, visi Bhinneka.Com sejalan dengan semangat optimalisasi pelayanan publik dan kemudahan administrasi ini. Tercermin dari layanan terbaru yang diluncurkan Bhinneka.Com, yakni solusi pembayaran PBB baik untuk bangunan tempat tinggal maupun komersial dengan cakupan 84 provinsi, kabupaten, dan kota se-Indonesia.

Kolaborasi pemerintah dan platform digital di Tanah Air, salah satunya pada layanan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), menciptakan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan pembayaran PBB secara daring dan menjadi solusi di tengah pandemi yang berkepanjangan.

Hal ini bahkan menghasilkan pertumbuhan penerimaan PBB dan Pajak Lainnya sebesar 67,3 persen yang setara dengan Rp3,9 triliun, dibanding periode yang sama di tahun lalu (dikutip dari laman Kemenkeu).

“Hadir sebagai pionir e-commerce di Indonesia sejak 1993 serta business super ecosystem di Indonesia, kami terus melengkapi layanan kami tak hanya barang tapi juga jasa. Di mana kini kami dapat melayani pemilik usaha dan perorangan untuk melakukan pembayaran PBB, sekaligus mendorong pendapatan 84 pemerintah daerah dari sektor pajak,” tutur CEO dan Founder Bhinneka.Com, Hendrik Tio.

Lebih dari itu, hadirnya layanan ini kembali menjadi wujud nyata kemitraan Bhinneka.Com dengan pemerintah daerah yang berpacu untuk transformasi digital dalam pelayanan kepada masyarakat, serta para pelaku usaha setempat.

Layanan pembayaran PBB di platform Bhinneka.Com ini bisa dilakukan untuk 84 daerah, terdiri atas dua provinsi, 56 kabupaten, dan 26 kota seluruh Indonesia (daftar lengkap terlampir di akhir siaran pers ini).

Salah satunya adalah kota Bogor. Di bawah kepemimpinan visioner Wali Kota Bima Arya, Kota Bogor bertabur berbagai penghargaan dari pemerintah maupun organisasi independen nasional maupun internasional. Sebagai salah satu pemerintah kota dengan kinerja terbaik dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik, Bogor terus berbenah menuju Smart City.

“Kehadiran layanan pembayaran PBB melalui platform ini, diharapkan mampu kian memudahkan warga kota Bogor. Cukup dilakukan secara online, tidak perlu mengantre, dan dapat memanfaatkan berbagai metode pembayaran. Sehingga warga difasilitasi untuk menjadi Wajib Pajak yang patuh, dan hasil penerimaan pajak digunakan sebesar-besarnya demi pembangunan agar bisa dinikmati bersama,” ucap Wali Kota Bogor, Bima Arya dalam kesempatan terpisah.

Sinergi antara pemerintah daerah dan pelaku e-commerce ini memungkinkan keduanya mengoptimalisasi kinerja masing-masing. Sepanjang 12 bulan terakhir atau selama masa pandemi, volume transaksi produk digital di platform Bhinneka.Com mencatat pertumbuhan pesat sebesar 6.000 persen, dengan transaksi terbesar pada pembelian produk token listrik dan uang elektronik.

Sementara dari sisi pelaku usaha yang tercatat melakukan transaksi produk digital di platform Bhinneka.Com masih didominasi yang berdomisili di pulau Jawa dan Sumatera.

Selain melengkapi layanan pembayaran PBB, Bhinneka.Com banyak terlibat dalam berbagai inisiatif dengan pemerintah, di antaranya menjadi mitra Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) RI dan mitra dalam platform Belanja Langsung (BeLa) Pengadaan.

Selain itu, Bhinneka.Com juga memfasilitasi teknologi e-Marketplace kepada Pemerintah Kota Mojokerto dengan tajuk Mojokerto Marketplace (Mojokece) dalam digitalisasi pelaku UMKM lokal, yang membawa Kota Onde-onde tersebut menerima Merdeka Award untuk kategori program inspiratif bagi UMKM di masa pandemi.

Pembayaran PBB melalui Bhinneka.Com ini dapat diakses di Bayar PBB di Bhinneka. Pilih nama kota, masukkan Nomor Objek Pajak (NOP), dan pilih tahun tagihan. Jika data yang dimasukkan sudah benar, jumlah tagihan PBB yang harus dibayar akan muncul.

Lalu klik pilihan bayar. Terakhir pilih metode pembayaran, saat ini tersedia pilihan dengan kartu kredit, kartu debit, cicilan, uang elektronik, Virtual Account, dan Internet Banking. Sistem akan segera memroses pembayaran PBB yang telah diselesaikan dan Bhinneka.Com akan mengirim invois digital ke email pengguna.

Leave a Reply