setsail bhinneka president university
Bhinneka Events Seputar Bhinneka

Bhinneka.Com & President University Hadirkan Campus Marketplace

Transformasi digital menjadi salah satu kunci penting untuk pertumbuhan UMKM Tanah Air. Ini tentu harus menjadi perhatian banyak pihak, termasuk pemerintah, pelaku industri, dan lingkungan pendidikan. Apalagi Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi memprediksi bahwa ekonomi digital Indonesia akan bertumbuh 8 kali lipat pada tahun 2030 dengan nilai Rp 4,531 triliun.

setsail bhinneka president university

 

Pertumbuhan sebesar itu hanya akan tercapai jika salah satu masalah utamanya terpecahkan, yakni semakin berkurangnya kesenjangan antara kebutuhan dan ketersediaan talenta digital. Dalam konteks itu perguruan tinggi dapat memainkan peran kunci, yaitu bisa menjadi inkubator bisnis yang mencetak para wirausahawan muda (young entrepreneur). Gagasan ini pulalah yang dilontarkan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki.

“Saya senang sekali berkolaborasi dengan universitas dalam mengembangkan kewirausahaan di kalangan anak muda. Mereka inilah yang nanti diharapkan akan menjadi pengusaha andal ke depan,” kata Teten Masduki dalam siaran persnya, Februari lalu.

Semangat kolaborasi ini pulalah yang diusung Bhinneka.Com dan President University (PresUniv). Melalui kolaborasi ini, Bhinneka.Com menjalin kerja sama dengan SetSail BizAccel, inkubator bisnis yang didirikan oleh PresUniv, untuk menghadirkan Campus Marketplace.

Ini adalah pasar maya yang khusus bagi para mahasiswa dan seluruh civitas academica di lingkungan kampus PresUniv, yang berada tepat di jantung kawasan industri terbesar Asia Tenggara, yakni kawasan industri Jababeka.

“Marketplace yang kami hadirkan untuk President University, bisa diakses oleh para mahasiswa, staf, pengajar, alumni, bahkan masyarakat melalui setsail.bhinneka.com. Di sini, selain menjadi platform untuk memasarkan produk dan jasa UMKM dari mahasiswa dan keluarga, pendaftaran kuliah President University, juga bisa dijadikan laboratorium kewirausahaan demi menghasilkan talenta-talenta digital yang kian dibutuhkan industri,” jelas Chief of Commercial and Omni Channel Bhinneka.Com, Vensia Tjhin.

Menurut Rektor PresUniv, Prof. Dr. Jony Oktavian Haryanto, kolaborasi PresUniv dengan Bhinneka.Com merupakan salah satu upaya untuk terus mengembangkan ekosistem kewirausahaan (entrepreneurial ecosystem) di lingkungan kampus.

“Dengan adanya ekosistem ini, seluruh civitas academica di PresUniv, baik itu mahasiswa, alumni, dosen dan staf, yang tertarik untuk berwirausaha akan tahu ke mana mencari mitra, pembiayaan, dan berbagai dukungan lainnya,” ungkap Jony.

Lanjut Jony, PresUniv senang bisa berkolaborasi dengan Bhinneka.Com, salah satu pelaku bisnis e-commerce terkemuka di Tanah Air. “Inilah wujud nyata sinergi antara dunia akademik dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) sebagaimana harapan pemerintah,” tegasnya.

Kolaborasi antara dunia pendidikan dan pelaku bisnis juga bisa menjembatani pengetahuan yang bersifat teoretis dengan aplikasinya yang sesuai perkembangan saat ini. Melalui kolaborasi ini, Bhinneka.Com memberikan teknologi yang dikembangkannya kepada PresUniv untuk dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin guna mendorong lahirnya sebanyak mungkin para pebisnis dari lingkungan kampus.

Menurut Rendika Nugraha, dosen PresUniv yang Direktur SetSail BizAccel, saat ini di inkubator bisnis PresUniv tersebut memiliki 30 brand atau tenant online. Semuanya milik mahasiswa PresUniv. “Jumlah tersebut masih akan terus bertambah seiring dengan perkembangan bisnis SetSail Store yang menjadi one-stop solution store untuk memenuhi seluruh kebutuhan mahasiswa PresUniv,” kata Rendika.

Ke depan, Setsail Store ini juga akan terkoneksi dengan berbagai mitra pemampu (enabler partners) dalam jejaring Bhinneka.Com dalam konteks business super-ecosystem. Mitra-mitra tersebut adalah dari kalangan perbankan, fintech, perusahaan-perusahaan logistik atau biasa disebut 3PL (third party logisctic), konsultan dan riset, serta institusi pengembangan bisnis lainnya.

Dengan dukungan dari mitra-mitra tersebut, ke depan para merchant di Setsail Store dapat melayani pelanggan dari berbagai kalangan. Baik itu pelanggan ritel (B2C), pelanggan korporasi (B2B) dan sebagainya melalui kanal-kanal pemasaran terintegrasi lain. Untuk melihat langsung Campus Marketplace President University, silakan kunjungi setsail.bhinneka.com.

Leave a Reply