Tips & Tutorial

Mengenal Keuntungan dan Jenis-Jenis Bisnis Laundry

Apabila Anda sedang mencari ide dan ingin membangun usaha dengan potensi penghasilan menjanjikan, mungkin Bisnis Laundry bisa jadi opsinya. Usaha laundry di Indonesia masih menjadi salah satu bisnis yang menawarkan keuntungan serta peluang penghasilan besar.

Bisnis Laundry

Saat ini khususnya di kota kota besar, bisnis laundry di Indonesia semakin banyak. Apalagi keuntungan dan juga potensinya dalam menghasilkan pundi pundi uang sangatlah besar. Laundry sendiri berasal dari kata bahasa inggris yang memiliki makna mencuci pakaian atau tempat cuci pakaian.

Dengan kata lain bisnis atau usaha ini menawarkan sebuah jasa kepada orang lain untuk mencucikan pakaiannya. Ada banyak item pakaian bisa Anda cuci dan tawarkan jasa ini seperti cuci baju dan celana, jaket, sepatu, tas dan masih banyak lagi. Bahkan beberapa jasa laundry sudah tawarkan pencucian karpet.

Dasar utama kenapa bisnis ini muncul adalah karena peningkatan intensitas orang ketika bekerja sehingga tidak sempat mencuci pakaiannya sendiri. Melihat kondisi seperti itu, maka jasa laundry menjadi salah satu jalan keluar terbaik untuk mengatasi permasalahan ini.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Laundry

Setelah Anda memahami dan mengetahui bagaimana peluang menjalankan usaha laundry ini, berikutnya adalah mengetahui keuntungannya. Ada beberapa keuntungan yang pelaku usaha bisa peroleh dari menjalankan usaha dan bisnis ini antara lain sebagai berikut :

1. Tidak Membutuhkan Kemampuan Khusus

Ketika ingin membuka atau menjalankan usaha ini, Anda tidak harus memerlukan kemampuan atau skill khusus. Hal ini tidak lepas berkat hadirnya mesin cuci. Memang bisnis atau usaha ini merupakan salah satu jenis yang memerlukan modal besar.

Ada beberapa peralatan yang harus Anda persiapkan untuk memulai usaha ini mulai dari membeli mesin cuci, setrika, tempat menaruh laundry dan alat pendukung lainnya. Sisanya hanya perlu ketekunan dan juga kerja keras agar bisnis ini bisa berjalan dengan baik.

2. Punya Waktu Fleksibel dan Tidak Sulit

Sebelum memulai usaha ini pastikan modal dari sumber daya manusia dan mesinnya sudah terpenuhi. Kemudian dalam menjalankan usaha ini, Anda tidak perlu takut soal waktu. Bisnis laundry dapat pelaku usaha kerjakan dari rumah dengan waktu fleksibel sehingga sangat mudah dan tidak sulit.

Menariknya lagi, ketika mendapatkan orderan pencucian, Anda bisa menentukan sendiri durasi waktu yang tepat untuk menyelesaikannya. Keuntungan luar biasa ini tentu bisa jadi dasar untuk memulai bisnis dan usaha laundry. Kemudian peluang mendapatkan keuntungan besar pun bisa pelaku usaha dapatkan.

Jenis Jenis Usaha Laundry

Setelah memahami keuntungan serta potensi besar bisnis pencucian ini, selanjutnya adalah mengetahui jenis jenisnya. Saat ini perkembangan bisnis laundry sangatlah pesat sehingga terdapat beberapa jenisnya di pasaran. Berikut adalah penjelasanya :

1. Laundry Kiloan

Jenis laundry pertama adalah kiloan yang sangat populer dan familiar di kota kota besar. Jenis jasa laundry ini menawarkan cuci pakaian dalam jumlah banyak sekaligus. Pada umumnya kiloan ini lebih murah dari pada mencuci pakai satuan.

2. Laundry Sepatu

Sepatu merupakan salah satu outfit yang paling sulit mencucinya. Kondisi ini jelas menjadi lahan besar untuk pelaku usaha laundry. Terdapat jasa laundry yang menawarkan pencucian sepatu cepat dan murah. Melalui jenis ini sepatu dapat menjadi seperti baru karena dicuci dengan tingkat ketelitian tinggi.

3. Laundry Koin

Laundry koin merupakan jasa pencucian yang menggunakan sistem koin. Proses pencucian dengan mesin yang akan beroperasi ketika seseorang membeli koinnya. Pihak jasa biasanya hanya menawarkan tempat cuci dan mesin cucinya, sementara pelanggan akan melakukan pencucian secara mandiri.

4. Laundry Konvensional

Sesuai dengan namanya, laundry konvensional cenderung menargetkan pelanggan dengan pencucian berkebutuhan khusus atau spesifikasi. Misalnya metode pencucian dry clean untuk beberapa baju khusus. Biasanya pakaian mahal dan branded harus menggunakan jenis jasa laundry ini.

5. Laundry Hotel

Jenis laundry satu ini memiliki fokus dan ketentuan tertentu dalam melakukan pencucian. Sesuai dengan namanya, hampir semua aktivitas dari jasa laundry jenis ini terkait urusan hotel mulai dari mencuci sprei, selimut, handuk dan elemen item hotel lainnya.

6. Laundry Ekspres

Laundry ekspres merupakan jenis terobosan baru yang ditawarkan proses pencucian cepat. Beberapa jasa yang menjalankan bisnis ini bisa membantu Anda mencuci pakaian dalam waktu sehari jadi. Tentu ini sangat penting di kondisi kondisi tertentu.

 

Leave a Reply