whatsapp last seen
Tips & Tutorial

Cara Agar Tidak Terlihat Online di Whatsapp

Cara agar tidak terlihat online di Whatsapp menjadi salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan para penggunanya. Whatsapp sendiri merupakan salah satu aplikasi messaging / berkirim pesan yang populer dan banyak digunakan di Indonesia.

Dengan aplikasi ini Anda dapat saling berkirim pesan ke pengguna Whatsapp lain yang nomor nya tersimpan dalam smartphone Anda. Selain untuk berkirim pesan, Whatsapp juga dapat digunakan untuk berkirim gambar, file, hingga pesan suara.

Menyerupai aplikasi berkirim pesan konvensional seperti SMS dan juga aplikasi yang sempat populer yaitu Blackberry Messenger, Whatsapp secara default akan menunjukkan apakah suatu pesan berhasil terkirim atau tidak, apakah suatu pesan sudah dibaca atau belum.

Mengenal Status Pesan Pada Whatsapp

Pada dasarnya suatu pesan yang dikirimkan pada Whatsapp akan memiliki 3 jenis petunjuk atau indikator terkait pesan tersebut yang ditandai dengan tanda centang saat Anda mengirimkan suatu pesan. Berikut ini adalah ketiga status pesan tersebut:

  1. Tanda centang 1, menunjukkan pesan terkirim dari smartphone atau perangkat Anda, namun lawan bicara atau yang dikirimkan pesan sedang tidak online atau tidak terhubung ke internet sehingga pesan belum dikirimkan ke perangkat lawan bicara
  2. Tanda centang 2, menunjukkan pesan sudah berhasil dikirimkan ke perangkat orang yang dituju, namun pesan tersebut belum dibaca
  3. Tanda centang 2 berwarna biru, menunjukkan pesan sudah dibaca

whatsapp status pesan

Mengenal Status Online Pada Whatsapp

Selain status terkirimnya pesan, Whatsapp juga memiliki status untuk menunjukkan kapan seseorang online atau kapan terakhir kali orang tersebut online. Umumnya atau secara default, saat Anda membuka contact yang Anda ingin kirimkan pesan, Anda dapat melihat status orang tersebut:

  1. Online, menunjukkan orang tersebut pada saat itu sedang membuka aplikasi whatsapp dan sedang online
  2. Last seen…., menunjukkan kapan terakhir orang tersebut online atau membuka aplikasi Whatsapp. Misalnya Last seen 5 minutes ago, artinya orang tersebut membuka aplikasi Whatsapp 5 menit sebelumnya

whatsapp last seen

Cara Agar Tidak Terlihat Online di Whatsapp

Ada beberapa alasan kenapa seseorang ingin status online nya tidak terlihat di whatsapp dan mencoba mematikan atau menyembunyikannya. Misalnya:

  1. Sedang tidak ingin diganggu / sedang sibuk
  2. Tidak mau dianggap sudah membaca pesan tapi tidak membalas / belum sempat membalasnya
  3. Tidak ingin seseorang mengetahui kapan Anda online karena alasan privasi
  4. Dan masih banyak lagi

Cara agar seseorang tidak terlihat online di whatsapp sebenarnya dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti:

  1. Mematikan status online / last seen
  2. Mematikan read receipts

Sesuai namanya, mematikan status online / last seen membuat seseorang tidak dapat mengetahui kapan Anda online. Selain itu tidak akan terlihat kapan terakhir kali Anda online dan membuka whatsapp.

Sedangkan mematikan read receipts, memungkinkan Anda untuk membaca pesan yang dikirimkan ke Anda secara diam – diam. Tanda centang pada Whatsapp lawan tukar pesan Anda tidak akan menjadi biru saat Anda membaca pesan darinya. Namun kekurangan dari cara ini adalah Anda juga menjadi tidak dapat mengetahui apakah seseorang sudah membaca pesan Anda atau belum.

Langkah Cara Agar Tidak Terlihat Online di Whatsapp Dengan Mematikan Last Seen

Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai cara sederhana untuk mematikan status online Anda. Cukup singkat dan praktis dan dapat segera Anda praktekkan langsung di whatsapp Anda. Langkah – langkahnya adalah:

  1. Buka aplikasi Whatsapp
  2. Ketuk icon / tanda tiga titik di pojok kanan atas layar
  3. Masuk ke pilihan settings
  4. Buka opsi Account
  5. Pilih Privacy
  6. Selanjutnya buka atau ketuk opsi Last Seen
  7. Anda dapat memilih Everyone, My Contacts, atau Nobody

Jika memilih everyone, maka semua orang dapat melihat status kapan terakhir kali Anda online. Sedangkan my contacts hanya memungkinkan contact yang tersimpan di smartphone Anda yang dapat melihat kapan terakhir Anda online. Nobody akan mematikan status last seen Anda. Namun sebaliknya, Anda juga menjadi tidak dapat melihat last seen punya orang lain. Demikian cara singkat untuk mematikan last seen sehingga seseorang tidak dapat mengetahui kapan terakhir kali Anda online atau membuka aplikasi whatsapp.

Cara Tidak Terlihat Online di Whatsapp

Leave a Reply