Tips & Tutorial

Cara Backup Chat Whatsapp yang Penting Agar Tidak Hilang

Cara backup Whatsapp terutama chat – chat yang penting perlu diketahui dan perlu rutin dilakukan untuk mencegah kehilangan chat – chat yang penting. Aplikasi Whatsapp sendiri merupakan salah satu aplikasi messaging / berkirim pesan yang populer dan banyak digunakan di Indonesia.

Sebagai salah satu aplikasi berkirim pesan yang populer, tentu Whatsapp juga dilengkapi fitur mendasar seperti untuk melakukan backup chat. Cara untuk melakukan backup chat pada Whatsapp pun cukup sederhana dan dapat dilakukan dengan cepat.

Kenapa Perlu Melakukan Backup Chat Whatsapp

Ada beberapa alasan yang mungkin mendasari kenapa Anda perlu melakukan backup data atau chat pada whatsapp secara berkala. Misalnya saja:

  1. Anda memiliki beberapa chat penting terkait pekerjaan atau dengan client
  2. Untuk dapat mengembalikan chat yang tidak sengaja terhapus
  3. Mengembalikan history chat Anda pada saat mengganti smartphone

Poin yang cukup penting dan perlu diperhatikan adalah alasan nomor 3. Saat ini Whatsapp selalu terhubung dengan 1 nomor telepon pengguna. Pada saat Anda menghapus whatsapp dan menginstall nya kembali, Anda akan diminta untuk memasukkan ulang nomor telepon Anda.

Jika Anda tidak memiliki backup chat, maka Anda tidak dapat mengembalikan history chat Anda sebelumnya. Ini juga berlaku pada saat Anda mengganti perangkat atau smartphone. Untuk dapat mengembalikan chat Anda pada perangkat sebelumnya, Anda perlu memiliki backup chat.

Cara Melakukan Backup Whatsapp

Baik pada aplikasi Whatsapp yang terinstall pada perangkat Android maupun iOS memiliki fungsi backup untuk melakukan backup chat. Pada dasarnya Anda dapat melakukan backup Whatsapp melalui dua cara:

  1. Melakukan backup internal, dimana chat akan tersimpan ke storage internal dari perangkat
  2. Melakukan backup external, seperti ke Google Drive atau iCloud

whatsapp iphone

Backup Chat Secara Local

Chat Whatsapp yang di-backup secara local akan disimpan ke dalam storage internal dari smartphone atau perangkat. Umumnya Whatsapp akan melakukan backup local secara otomatis dan berkala setiap harinya.

Backup local ini berguna saat Anda ingin mengembalikan history percakapan Anda pada saat melakukan install ulang Whatsapp. Namun backup secara local ini sedikit menyusahkan jika Anda mengganti perangkat yang digunakan.

Dikarenakan backup chat tersimpan pada storage internal smartphone yang lama, maka jika mengganti smartphone yang baru, Anda perlu terlebih dahulu memindahkan backup chat yang tersimpan pada smartphone lama ke smartphone baru.

Setelah memindahkan file backup, Anda baru dapat melakukan restore backup pada perangkat smartphone yang baru untuk mengembalikan history percakapan sebelumnya.

Selain secara otomatis, Anda juga dapat membuat backup secara local, kapanpun Anda mau. Berikut langkah – langkahnya pada sistem operasi Android:

  1. Buka aplikasi Whatsapp
  2. Ketuk icon / tanda tiga titik di pojok kanan atas layar
  3. Masuk ke pilihan settings
  4. Masuk ke pilihan chats
  5. Pilih chat backup
  6. Pilih backup now / backup

Backup Chat ke External

Untuk melakukan backup ke eksternal seperti Google Drive atau iCloud maka Anda perlu terhubung dan masuk ke Google Account atau iCloud account terlebih dahulu pada smartphone Anda. Langkah yang dilakukan hampir sama dengan langkah sebelumnya.

Cara backup Whatsapp

Sedangkan pada smartphone dengan sistem operasi Android dapat melakukan langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Whatsapp
  2. Ketuk icon / tanda tiga titik di pojok kanan atas layar
  3. Masuk ke pilihan settings
  4. Masuk ke pilihan chats
  5. Pilih chat backup
  6. Pastikan settingan Google Drive sudah sesuai
  7. Anda dapat membuat whatsapp melakukan backup secara otomatis ke google drive dengan durasi harian, mingguan, bulanan, atau hanya pada saat Anda klik tombol backup saja
  8. Selanjutnya Anda dapat ketuk tombol backup
  9. Seluruh percakapan Anda akan otomatis ter-backup secara local ke storage internal dan juga ke Google Drive

Leave a Reply