Tips & Tutorial

Cara Buat Link Whatsapp Untuk Chat Tanpa Save Nomor

Bagaimana cara buat link Whatsapp masih seringkali menjadi pertanyaan yang sering ditanyakan. Link whatsapp seringkali dibuat dan dipasang pada berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, atau hingga website. Tujuan dari link Whatsapp ini adalah memungkinkan seseorang untuk mengirimkan pesan ke nomor yang dimaksud secara lebih praktis.

Link Whatsapp ini seringkali kita temui pada akun – akun seller atau merchant di instagram misalnya. Seringkali akun – akun tersebut menuliskan atau memberikan link seperti https://wa.me/<nomor telepon>.

Setiap orang yang kemudian mengklik link tersebut akan langsung dialihkan ke aplikasi mobile Whatsapp ataupun Whatsapp Web, dan dapat segera mengirimkan pesan ke nomor yang dimaksud tanpa perlu save atau menambahkan nomor tersebut ke contact terlebih dahulu.

Berikut ini akan dijelaskan secara ringkas cara buat link Whatsapp dan juga beberapa kustomisasi yang dapat Anda lakukan.

Cara Buat Link Whatsapp

Untuk membuat link Whatsapp ada beberapa cara yang dapat digunakan, misalnya saja menggunakan url link ataupun QR code ataupun kombinasi keduanya.

Membuat Link Whatsapp dengan QR Code

Cara dengan QR Code ini sebenarnya merupakan bawaan atau fitur yang sudah ada pada aplikasi Whatsapp sendiri. Caranya adalah:

  1. Anda cukup masuk ke dalam Whatsapp
  2. Ketuk tanda / simbol tiga titik di pojok kanan atas untuk masuk ke setting
  3. Pada bagian setting, Anda dapat menemukan simbol QR code di sebelah kanan nama / foto profil
  4. Di dalamnya Anda dapat menemukan pilihan My Code dan juga Scan Code
  5. Anda dapat membagikan QR Code yang Anda miliki ataupun melakukan scan QR Code milik orang lain

Perlu diingat, cara ini akan menambahkan nomor Anda atau orang lain ke dalam daftar kontak sehingga Anda dapat melakukan chat whatsapp seperti halnya ke kontak lain yang sudah tersimpan dahulu.

Lalu bagaimana untuk membuat link dimana, Anda atau orang lain tidak perlu menyimpan nomor telepon terlebih dahulu?

Cara Membuat Link Whatsapp Tanpa Perlu Menyimpan Nomor

Cara buat link Whatsapp tanpa menyimpan nomor sebenarnya sangat mudah dilakukan. Anda cukup menggunakan format berikut ini:

https://wa.me/<nomor telepon>

Anda perlu mengganti bagian nomor telepon dengan nomor yang sudah terhubung atau memiliki akun Whatsapp. Perlu diperhatikan bahwa Anda perlu menulis nomor telepon ini dalam format internasional tanpa spasi, garis sambung.

Misalnya, nomor internasional untuk Indonesia adalah +62, dan nomor hp dengan whatsapp nya adalah 08123456789. Maka Anda cukup membuat format url sbb:

https://wa.me/628123456789

Cukup mudah bukan?

cara buat link whatsapp

Membuat Link Whatsapp dengan Teks Tanpa Perlu Menyimpan Nomor

Pertanyaan yang sering ditanyakan juga adalah, bagaimana membuat link Whatsapp yang disertai dengan template teks.

Dengan adanya template teks ini, maka setiap orang yang klik link tersebut dapat langsung mengirimkan pesan dengan template yang sudah Anda buat sebelumnya. Fungsi template text ini sering digunakan oleh para pengguna Whatsapp terutama yang berjualan / berusaha dan menggunakan Whatsapp sebagai sarana komunikasinya.

Caranya cukup mudah, Anda cukup menambahkan format

?text=<template text>

Ke url sebelumnya yang sudah Anda buat. Misalnya Anda ingin membuat template text sebagai berikut: Halo, saya mau menanyakan produk ini

Maka Anda cukup membuat url link sbb:

https://wa.me/628123456789?text= Halo, saya mau menanyakan produk ini

whatsapp link with text

Dengan cara diatas, Anda sudah dapat membuat link whatsapp yang dapat digunakan dengan mudah oleh orang – orang untuk menghubungi Anda. Untuk tambahan Anda juga dapat meng-generate QR Code dari link Whatsapp yang sudah Anda buat.

Tentunya untuk hal ini Anda dapat menggunakan bantuan website yang dapat meng-generate QR Code untuk membuat QR Code dengan link ke link whatsapp custom yang sudah Anda buat diatas.

Leave a Reply