cara cek hp xiaomi
Tips & Tutorial

3 Cara Cek Hp Xiaomi Asli/Palsu, Cepat Cuma 5 Menit

Xiaomi adalah hp paling laris di Indonesia. Karena peminatnya banyak, Anda harus hati-hati beli hp Xiaomi. Jangan sampai ketipu beli hp Xiaomi palsu atau KW. Bagaimana cara cek hp Xiaomi yang asli ? Saat pertama kali beli hp Xiaomi Anda bisa cek keasliannya dengan cepat dan mudah.

Saat beli hp Xiaomi baru, Anda harus perhatikan beberapa hal, seperti: keaslian produk, kualitas produk, dan tes apakah semua sensor berfungsi dengan baik. Beberapa cara di bawah ini bisa Anda lakukan untuk mengetes keaslian dan fungsi produk hp Xiaomi.

Jika Anda beli hp Xiaomi, jangan cuma cek bodinya saja. Anda harus cek keaslian hp Xiaomi lewat nomor IMEI dan cek semua fiturnya apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Berikut ini 3 langkah untuk cek hp Xiaomi:

1. Cek Bodi Hp Xiaomi

cara cek hp xiaomi

Saat pertama kali membeli hp Xiaomi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek kondisi bodi hp. Ada beberapa bagian yang harus Anda cek kondisinya, yaitu:

Cek Kondisi Layar

Kondisi layar hp Xiaomi harus dalam keadaan bersih tidak ada yang retak atau pecah. Periksa di bawah sinar matahari apakah ada goresan di layar. Setelah itu nyalakan hp Xiaomi kemudian periksa apakah layar sentuhnya berfungsi normal. Lalu cek apakah ada Dead Pixel di layar atau tidak.

Kondisi Bodi Hp Xiaomi

Bodi hp fungsinya sangat penting. Bodi hp yang masih rapat dan tidak pecah menjaga agar komponen hardware di dalam hp terlindungi. Saat beli hp Xiaomi baru atau bekas, periksa kondisi bodi hpnya. Periksa apakah ada retak atau pecah di bodi. Jika Anda beli hp bekas, sedikit lecet pemakaian masih dianggap wajar.

Periksa Tombol dan Sensor Sidik Jari

Hp Xiaomi punya 3 tombol fisik yang fungsinya untuk Volume Up, Volume Down, dan tombol Power. Beberapa seri hp Xiaomi juga punya sensor sidik jari di dalam tombol Power. Saat beli hp Xiaomi baru, cek apakah ketiga tombol tersebut berfungsi dengan baik.

Jika sensor sidik jari terpisah dari tombol power, atau di dalam layar cek apakah sensor bisa memindai sidik jari atau tidak. Setelah itu, coba cek apakah tombol Power dan Volume masih enak ditekan atau sudah keras. Jika tombol tidak bisa merespon sentuhan bisa jadi ada kerusakan pada bagian tombol.

Cek Port Charger dan Speaker

Setelah mengecek tombol Volume dan Power, selanjutnya cek kondisi port charger dan speaker. Colokan kabel USB ke dalam port untuk mengetes apakah baterai bisa diisi ulang. Selain cek charger, periksa apakah port USB bisa Anda gunakan untuk transfer data.

Setelah cek kondisi port charger, periksa kondisi speaker hp Xiaomi. Coba setel lagu atau video apakah suara yang dikeluarkan speaker masih oke. Selama speaker bisa mengeluarkan suara sebenarnya sudah bagus. Terutama jika Anda beli hp Xiaomi bekas.

2. Cek Fitur Hp Xiaomi

Langkah kedua cek hp Xiaomi setelah cek bodi adalah mengetes: sensor, software, hardware, dan semua fitur yang ada di hp Xiaomi. Cek apakah semua fitur berfungsi dengan baik atau ada yang mengalami kerusakan. Cek fitur hp Xiaomi bisa dengan kode USSD. Berikut ini caranya:

cek fungsi hp xiaomi

  • Buka menu Telepon
  • Tekan kode *#*#64663#*#*
  • Hp Xiaomi akan masuk ke mode Engineering
  • Banyak pilihan komponen atau fitur apa saja yang bisa dicek
  • Ikuti petunjuk pengecekan fitur hp Xiaomi
  • Jika pengecekan berhasil, maka akan muncul simbol centang (✓).

3. Cek Keaslian Hp Xiaomi Lewat IMEI

Cara cek hp Xiaomi asli atau palsu bisa lewat kode IMEI (International Mobile Equipment Identity). Kode IMEI adalah nomor identitas khusus yang digunakan untuk identifikasi keaslian produk elektronik. IMEI terdiri dari 14 digit dengan tambahan digit ke-15 untuk verifikasi ulang seluruh digit IMEI sebelumnya.

cek hp xiaomi asli palsu

Melalui IMEI, Anda bisa periksa berbagai informasi dari hp Xiaomi, seperti: asal hp dibuat, pabrikan, dan nomor model dari hp Xiaomi. IMEI juga bisa digunakan untuk periksa spesifikasi hp Xiaomi, apakah sesuai dengan yang tertulis di dus atau tidak.

Cek IMEI Hp Xiaomi di Dus

Saat membeli hp Xiaomi, kode IMEI bisa Anda temukan di dus hp. Kode IMEI biasanya diletakan di belakang dus. Kode IMEI juga biasanya ditempel di bodi belakang hp. Pastikan kode IMEI yang ada di dus dan bodi hp sama. Jika Anda beli hp Xiaomi bekas, usahakan beli hp yang masih dilengkapi dus atau stiker IMEI-nya masih utuh.

Cek IMEI Lewat Kode USSD

Cara mengetahui kode IMEI bisa dengan kode USSD. Berikut ini caranya:

  • Buka menu Telepon
  • Tekan kode *#06#
  • Kode IMEI akan muncul otomatis di layar
  • Cocokan kode IMEI di layar dengan yang ada di dus dan stiker.

Cek IMEI di Menu Settings

Cek kode IMEI bisa lewat menu Setting atau Pengaturan.

  • Masuk ke menu Settings
  • Pilih About Phone
  • Pilih All Specs
  • Pilih Status
  • Scroll ke bawah sampai menemukan IMEI.

Cek Keaslian Hp Xiaomi Secara Online

Setiap hp Xiaomi yang dijual melalui channel resmi punya kode IMEI yang sudah terdaftar. Untuk mengecek asli atau palsu hp Xiaomi yang Anda miliki bisa melalui website resmi Xiaomi. Berikut ini caranya:

Jika hp Xiaomi Anda asli, akan muncul keterangan nama seri Hp dan kapasitas RAM dan ROMnya. Pastikan nama seri dan kapasitas RAM dan ROM-nya sama. Jika hp yang Anda beli asli akan muncul teks berwarna hijau seperti ini:

cara cek keaslian hp xiaomi

Itulah cara cek hp Xiaomi yang cepat. Anda bisa cek semua fitur hp Xiaomi berfungsi atau tidak dengan tekan kode USSD. Anda juga bisa cek keaslian hp Xiaomi dengan mengetahui kode IMEI dan input di website Mi Product Verification. Untuk mencegah ketipu beli hp Xiaomi KW atau tidak resmi beli Hp Xiaomi di Bhinneka.

Leave a Reply