whatsapp
Tips & Tutorial

Cara Membuat Tulisan Berwarna di Whatsapp

Bagaimana cara membuat tulisan berwarna di Whatsapp sering ditanyakan oleh para penggunanya. Selain warna, banyak juga yang ingin mengganti jenis font atau ukuran tulisan pada Whatsapp. Ini biasanya didasari atas rasa bosan akan jenis tulisan atau warna huruf pada Whatsapp yang itu – itu saja.

Selain alasan rasa bosan, ada kalanya seseorang ingin mengganti jenis font atau warna agar lebih sesuai dengan theme / tema wallpaper yang digunakan baik pada smartphone ataupun pada aplikasi Whatsapp itu sendiri.

Mengganti atau merubah format font juga terkadang dapat membantu orang yang kita kirimin pesan lebih mudah membaca pesan yang kita kirimkan, misalnya memberikan bold / huruf tebal pada kata yang penting.

Dalam artikel ini akan dibahas secara singkat mengenai bagaimana cara untuk merubah font pada Whatsapp dan bagaimana membuat tulisan berwarna di Whatsapp.

Cara Mengganti Font Style Whatsapp

Secara default, Whatsapp memiliki 4 macam font style yang dapat digunakan, yaitu Bold, Italic, Strikethrough dan Monospace. Monospace adalah salah satu style font dimana setiap karakter huruf memiliki ukuran atau spasi lebar yang sama.

Untuk menggunakan jenis font diatas, Anda perlu melakukannya secara manual karena tidak ada pilihan default yang disediakan Whatsapp. Untuk masing – masing font style, Anda perlu mengetik huruf / simbol di depan dan di akhir kata yang akan diubah.

Berikut adalah simbol yang digunakan:

  1. Bold: Gunakan tanda asterisk (*)
  2. Italic: Gunakan tanda underscore (_)
  3. Strikethrough: Gunakan tanda ~
  4. Monospace: Gunakan tanda “`

Contohnya anda ingin membuat kata bhinneka menjadi tercetak tebal, maka Anda dapat menuliskannya seperti ini di Whatsapp: *Bhinneka*

Berikut adalah contoh hasil tulisan di Whatsapp

jenis font whatsapp

Dari gambar di atas, Anda dapat melihat contoh hasil tulisan untuk bold, italic, strikethrough, dan juga monospace.

Lantas Anda tentu penasaran bagaimana dengan text atau huruf setelahnya yang terlihat seperti simbol atau font berbeda hingga huruf dengan latar berwarna biru. Bagaimana cara membuatnya?

Cara Membuat Tulisan Berwarna di Whatsapp

Sayangnya untuk membuat font style diluar 4 font style default yang disediakan Whatsapp serta membuat tulisan berwarna di Whatsapp belum dapat dilakukan secara langsung di Whatsapp.

Anda memerlukan bantuan dari website 3rd party yang menyediakan fitur / fungsi text generator. Selain website, saat ini Anda juga dapat menemukan berbagai aplikasi yang dapat membantu Anda untuk membuat text dengan berbagai macam style, font.

Anda dapat melakukan pencarian di Google misalnya untuk website 3rd party, hingga aplikasi di Playstore.

tulisan berwarna di whatsapp

Penggunaan dari aplikasi atau website kategori Font Generator / Font Changer ini juga cukup mudah dan tidak perlu menginstall apa – apa pada komputer Anda. Umumnya setiap website atau aplikasi macam ini memiliki langkah yang serupa:

  1. Buka aplikasi atau website font changer
  2. Ketik kata – kata yang ingin Anda ubah style nya pada tempat yang disediakan
  3. Selanjutnya Anda dapat memilih sejumlah model contoh style yang Anda dari pilihan yang disediakan
  4. Langkah selanjutnya Anda perlu melakukan copy text dengan font style yang baru
  5. Paste pada baris chat di Whatsapp Anda, lalu tekan send

Memang cara ini sedikit merepotkan karena Anda perlu mengubah satu persatu text yang Anda ingin ubah style nya dan melakukan copy paste ke Whatsapp hingga semua text yang Anda inginkan sudah diubah stylenya.

Tapi setidaknya workaround ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan dengan variasi atau style yang unik. Dan tentunya tidak perlu khawatir karena lawan bicara Anda akan menerima pesan dengan format text persis sesuai yang Anda kirimkan.

Leave a Reply