Tips & Tutorial

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Pilek

Pada saat pilek atau flu, salah satu hal yang sering kita lakukan adalah mencoba mencari cara mengatasi hidung tersumbat. Hidung tersumbat tentu tidak nyaman karena bernapas menjadi sedikit susah. Tidak jarang, kondisi hidung tersumbat dapat mengganggu aktivitas serta mengganggu saat hendak tidur.

Kondisi hidung tersumbat sebenarnya tidak hanya disebabkan atau terjadi pada saat pilek atau flu saja. Ada beberapa kondisi lain yang dapat memicu terjadinya penyumbatan pada hidung. Salah satunya adalah alergi.

cara mengatasi hidung tersumbat

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa tips yang dapat dilakukan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat jika Anda mengalaminya.

Penyebab Hidung Tersumbat

Hidung menjadi tersumbat dan dapat mengganggu pernapasan ketika lapisan saluran dalam hidung terdapat pembengkakan akibat iritasi. Pada saat terjadi iritasi, katup pembuluh darah dalam hidung akan terbuka, sehingga darah yang mengalir ke hidung lebih banyak. Akibatnya terjadi pembengkakan di saluran hidung yang membuat seseorang sulit bernapas.

Ada beberapa penyebab dari hidung tersumbat, antara lain:

Flu & Batuk Pilek

Baik influenza maupun common cold (batuk pilek) dapat menyebabkan hidung mampet dan juga berair. Ini karena terjadi peradangan di selaput lendir pada hidung, sehingga hidung tersumbat.

Alergi

Alergi misalnya pada hay fever dapat menyebabkan hidung tersumbat dan mata berair. Ini dikarenakan pada rongga hidung terjadi reaksi alergi.

Sinusitis

Sinus yang merupakan infeksi pada sinus atau rongga hidung dapat menyebabkan peradangan dan juga lendir yang berlebih. Ini merupakan salah satu penyebab hidung tersumbat.

Polip

Polip merupakan kondisi dimana ada pertumbuhan jaringan abnormal pada saluran hidung. Jaringan ini dapat menutup dan menghambat saluran pernapasan.

Gejala Hidung Tersumbat

Gejala hidung tersumbat umumnya berupa rasa sulit bernapas melalui hidung. Selain itu apabila penderita mengalami sakit flu atau pilek, dapat disertai dengan kondisi runny nose atau hidung yang berair dan berlendir.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Untuk mengatasi hidung tersumbat perlu dilihat terlebih dahulu apa penyebab dari terjadinya penyumbatan pada hidung tersebut.

Misalnya saja pada kondisi hidung tersumbat akibat flu dan pilek, hidung tersumbat dapat diatasi dengan pemberian obat yang dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. Misalnya:

  • Dekongestan dapat mengurangi pembengkakan pada hidung dan tersedia dalam bentuk obat minum maupun dalam bentuk semprot yang disemprotkan langsung ke dalam hidung.
  • Antihistamin, adalah obat yang diberikan ke orang yang mengalami hidung tersumbat dikarenakan alergi.
  • Obat flu dan pilek biasanya juga memiliki kandungan yang dapat membantu meredakan gejala hidung tersumbat

Selain dengan obat, ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi hidung yang tersumbat:

Hindari AC dan Kipas Angin

Salah satu pemicu hidung tersumbat adalah udara dingin dan kering. Mematikan AC dan kipas angin dapat menjadi cara untuk mengatasi hidung tersumbat. Udara hangat dapat membantu mengurangi radang dan pembengkakan pembuluh darah dalam hidung.

Gunakan Air Humidifier

Apabila kondisi udara pada ruangan atau kamar sangat kering, Anda dapat menggunakan air humidifier untuk membantu melembabkan udara. Udara lembab sama seperti udara hangat dapat mengurangi radang dan pembengkakan.

Menghirup Uap Hangat atau Gunakan Kompres Hangat

Anda dapat menempatkan air hangat atau panas dalam baskom dan gunakan handuk untuk memerangkap uapnya. Perlahan dekatkan wajah dan hirup uapnya. Atau sebagai alternatif, kompres bagian luar hidung Anda dengan kain hangat untuk meredakan gejala hidung tersumbat.

Menggunakan Larutan Saline

Hampir serupa dengan dekongestan semprot, Anda juga dapat menggunakan larutan saline yang bisa dibeli dan didapatkan di apotek. Semprotan saline dapat membantu memberikan kelembapan untuk mengatasi hidung mampet. Larutan saline ini dapat juga mengencerkan lendir hidung pada saat Anda pilek atau flu.

hidung tersumbat

Beberapa langkah diatas adalah tips cara mengatasi hidung tersumbat yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Namun perlu diingat, beberapa penyebab hidung tersumbat seperti sinusitis atau polip perlu Anda konsultasikan dengan dokter.

Pada beberapa kondisi, diperlukan operasi seperti pada polip, untuk mengatasi hidung tersumbat. Pastikan juga Anda konsultasikan dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat – obatan jika Anda memiliki alergi obat tertentu.

Leave a Reply