Tips & Tutorial

Cara Mengetahui Lokasi Lewat Whatsapp di HP

Cara mengetahui lokasi seseorang lewat Whatsapp di HP mungkin merupakan fitur yang masih jarang digunakan oleh penggunanya. Sebagian besar dari kita cenderung menggunakan google maps untuk menemukan suatu lokasi atau berbagi lokasi kepada orang lain.

Memang dengan Google Maps Anda juga dapat membagikan link lokasi atau pun share live location kepada orang lain. Namun semua hal ini juga dapat Anda lakukan langsung melalui Whatsapp, tanpa perlu membuka aplikasi Google Maps terlebih dahulu.

cara menggunakan whatsapp

Perlu diingat, fitur untuk mengetahui lokasi seseorang ini bukan untuk bertujuan untuk mengganggu privasi seseorang. Namun lebih ditujukan untuk kemudahan bagi para penggunanya seperti mereka yang memiliki janji bertemu, membagikan posisi kita kepada keluarga saat sedang di perjalanan, dan masih banyak lagi.

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat Whatsapp

Untuk mengetahui lokasi seseorang, yang perlu dilakukan hanyalah cukup dengan membagikan posisi orang tersebut kepada lawan bicara. Hal ini dapat dilakukan langsung pada halaman chat dengan orang yang dituju.

Cara membagikan posisi kepada orang lain:

  1. Buka halaman chat dengan lawan bicara
  2. Tekan tombol klip kertas / paper clip / attachment
  3. Pilih location

Pada layar selanjutnya, Anda akan diberi pilihan apakah akan membagikan posisi live location atau mengirimkan lokasi saat ini. Pilih bagikan posisi live location, sehingga orang lain atau lawan bicara dapat mengetahui posisi Anda secara real time.

Dari segi keamanan, Anda dapat memilih durasi waktu atau berapa lama Anda ingin membagikan posisi Anda secara real time kepada orang lain apakah 15 menit, 1 jam atau 8 jam. Jika keperluan membagikan posisi ini sudah selesai, Anda juga dapat mematikannya sebelum waktunya habis.

cara share lokasi whatsapp

Tentunya langkah di atas adalah langkah yang dilakukan apabila Anda sebagai posisi orang yang membagikan lokasi. Jika Anda ingin mengetahui posisi orang lain, cukup minta mereka untuk membagikan posisi mereka kepada Anda.

Keamanan Berbagi Lokasi Melalui Whatsapp

Dari segi keamanan, Whatsapp menggunakan enkripsi End to End sehingga setiap chat Anda terlindung secara aman. Sedangkan untuk berbagi lokasi, hal ini juga cukup aman karena untuk berbagi lokasi perlu Anda persetujuan dari kedua pihak terlebih dahulu.

Selain itu, orang yang membagikan posisi mereka secara real time juga umumnya akan mendapatkan notifikasi apabila posisi mereka dibagikan secara live / real time.

Selain itu waktu untuk membagikan posisi secara real time juga dibatasi. Saat waktu sudah habis posisi Anda akan berhenti dibagikan. Untuk dapat mengetahui posisi secara real time, maka perlu kembali melakukan langkah diatas atau meminta lawan bicara Anda untuk membagikan ulang posisi mereka.

Leave a Reply