Tips & Tutorial

4 Cara Mengetahui TV Digital atau Analog (Mudah dan Simple)

Terdapat cukup banyak masyarakat yang mulai mencari tahu cara mengetahui tv digital atau analog. Hal ini tidak lepas dari keinginan pemerintah untuk membuat warganya mulai berpindah dari penggunaan tv analog menjadi tv digital mulai tahun ini.

Migrasi ini bukan tanpa alasan, pemerintah mengharapkan nantinya dari keputusan ini seluruh warga Indonesia bisa menikmati dan menyaksikan siaran televisi lebih berkualitas sehingga semua informasi serta edukasi dan hiburan dari televisi bisa masyarakat nikmat dengan nyaman.

Cara mengetahui tv digital atau analog

Perbedaan TV Analog dan Digital

Perbedaan antara Tv Digital dan analog terletak pada bagaimana cara kedua perangkat ini menangkap sinyal yang nantinya akan berubah menjadi tayangan dan nikmati publik. Untuk tv analog menggunakan transmisi sinyal radio. Di dalamnya terdapat format video serta Audio. Selanjutnya sinya video ini akan menghasilkan gelombang AM dan audio akan jadi gelombang FM.

Sedangkan TV digital menerima transmisi sinyal yang bernama bit atau data informasi seperti sebuah cakram dalam DVD, Blue-ray atau CD. Dalam sebuah bit ini berisikan tentang semua data seperti warna, gambar, sampai dengan suara sudah dalam satu bit saja. Kemudian tv digital memproses hal ini dengan konsep kode biner 1 dan 0.

Kode biner ini nantinya yang akan menerjemahkan data bit menjadi sebuah gambar ataupun suara sehingga orang bisa menyaksikan sesuai di dalam televisi. Selain cara mentrasmikiannya perbedaan antara keduannya juga bisa Anda lihat dari sisi kualitas visual. Tv digital sangat berpengaruh terhadap jarak pemancar sedangkan tv digital tidak.

Kemudian perbedaan yang cukup mencolok dari keduanya juga bisa Anda lihat dari gangguan tayangan. Pada tv analog masih akan mengalami gangguan tayangan berupa visual bila sinyal lemah. Sementara tv digital biasanya gangguannya hanya sebatas tampilan warna saja.

4 Cara Mengetahui Tv Digital Atau Analog

Untuk mengetahui apakah di rumah Anda sudah menggunakan tv digital atau masih analog terdapat beberapa metode yang bisa dipakai. Cara ini dapat melakukan pengecekan jenis tv dengan cepat dan mudah untuk pengguna lakukan. Berikut beberapa metode pengecekannya :

1. Cek di Website Kominfo

Cara pertama yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pengecekan apakah tv di rumah masih analog atau sudah digitala adalah berikunjung langsung ke halaman resmi Kominfo miliki pemerintah di alamat url : https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/perangkat-televisi

Pada halaman website ini terdapat sejumlah brand dan merek tv langsung dengan tipe serta jenisnya. Dari situlah Anda dapat memasukan merek serta brand tvnya kemudian sistem berbasis website ini akan memberikan informasi mengenai hal tersebut.

2. Melihat Spek Televisi secara Detail

Metode kedua yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengecekan apakah televisi di rumah sudah berada dalam mode digital atau masih analog adalah dengan memperhatikan secara seksama spesifikasi umum dari tv tersebut.

Cara mengeceknya dapat melihat kardus pembelian atau beberapa kertas kecil yang biasanya ada dalam tutorial menggunakan televisi saat membelinya. Bila semua ini sudah hilang tentu melakukan searching di internet dapat membantu mengecek spesifikasi televisi di rumah secara mendalam.

3. Melihat Stiker pada Bagian TV

Saat membeli sebuah tv digital atau analog, tentunya Anda akan melihat beberapa stiker tertempel di perangkat ini. Umumnya terletak di bagian belakang produk. Akan ada tulisan seperti DVB-T2, ATSC, HD Ready,  DTV, HDTV, dan masih banyak lag.

Dengan memperhatikan stiker ini, Anda sudah bisa tahu apakah ini termasuk dalam tv digital atau masih analog. Akan tetapi perlu pengguna ingat bila setiap brand memiliki tulisan tersendiri untuk melakukan pengecekan dengan metode ini harus secara teliti.

4. Memperhatikan Daftar Channel TV yang Tersedia

Metode terakhiryang bisa Anda gunakan untuk tahu apakah tv digitall atau analog melihat secara langsung dan melakukan observasi apa saja siaran yang tersedia di dalam perangkat ini. Apabila penonton mendapatkan tayangan dengan tulisan HD di belakangnya. Maka televisi sudah masuk dalam kategori siaran Digital.

Hanya tv digital yang bisa mendapatkan kualitas HD saat menyaksikan sebuah siaran televisi. Untuk tv analog belum memiliki dukungan hal ini. Cara ini cukup mudah untuk Anda lakukan karena hanya tinggal menghidupkan televisi kemudian cara tulisan tersebut.

Demikian pembahasan tentang cara mengetahui tv digital atau analog dengan mudah. Untuk cek harga dan spesifikasi TV terbaru, silakan kunjungi halaman Daftar TV terbaru Bhinneka.

Leave a Reply