headset bluetooth
Tips & Tutorial

Cara Menggunakan Headset Bluetooth & Pairing ke Gadget

Semakin canggihnya teknologi pada headset, membuat banyak orang mulai beralih menggunakan headset bluetooth dibandingkan headset model wired. Cara menggunakan headset bluetooth yang sederhana dan tidak rumit juga membuat orang tidak segan beralih dari earphone / headset dengan kabel.

headset bluetooth

Dibandingkan dengan model wired atau kabel, headset bluetooth memiliki sejumlah keunggulan baik dari segi fitur, fungsionalitas ataupun kepraktisan. Dalam artikel ini akan dibahas secara singkat apa saja keunggulan dari headset bluetooth dan cara menggunakan headset bluetooth.

Keunggulan Menggunakan Headset Wireless

Teknologi bluetooth sudah banyak digunakan baik pada headphone ataupun earphone serta headset. Penggunaan teknologi bluetooth ini memungkinkan headphone, earphone ataupun headset digunakan tanpa kabel atau secara wireless.

Tanpa adanya kabel, penggunaan headset bluetooth tentu lebih praktis dan memberikan fleksibilitas gerak yang lebih tinggi karena tidak terhalang oleh kabel.

Selain itu dari segi durabilitas, headset bluetooth juga dapat dikatakan lebih awet karena tidak menggunakan kabel. Pada earphone atau headphone serta headset wired, umumnya memiliki kabel dan kabel ini dapat mengalami kerusakan seperti putus, tertarik dll hingga headphone atau headset tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

cara menggunakan headset bluetooth

Hal yang perlu diperhatikan adalah karena teknologinya wireless, headset bluetooth menggunakan baterai sebagai sumber dayanya. Berbeda dengan headset wired yang tinggal disambungkan atau dihubungkan ke pc saja tanpa perlu baterai.

Namun tidak perlu khawatir, karena headset bluetooth saat ini sudah memiliki baterai yang dapat bertahan hingga 6 – 8 jam atau lebih dan memungkinkan untuk dipakai seharian.

Headset bluetooth juga unggul dari segi kepraktisan dimana kebanyakan headset bluetooth dapat pairing ke lebih dari satu sumber seperti smartphone. Jadi ketika ada panggilan masuk dari dua perangkat berbeda, Anda tidak perlu lagi repot mencabut kabel dan memindahkannya ke perangkat dimana panggilan tersebut masuk.

Adapun secara singkat, headset bluetooth dapat dikatakan memiliki keunggulan atau kelebihan:

  1. Praktis
  2. Lebih awet karena tidak menggunakan kabel
  3. Dapat pairing lebih dari satu perangkat
  4. Hands-free experience
  5. Teknologi yang semakin maju dan memiliki fitur yang intuitif

Cara Menggunakan Headset Bluetooth

Sebelum dapat menggunakan headset bluetooth, Anda perlu melakukan pairing terlebih dahulu. Pairing adalah semacam proses menghubungkan headset dengan perangkat yang akan digunakan atau dihubungkan. Caranya juga cukup praktis dan hanya membutuhkan waktu sebentar saja.

multipoint pairing

Headset bluetooth umumnya memiliki cara melakukan pairing yang kurang lebih sama atau mirip langkahnya, sehingga cara berikut ini dapat Anda jadikan panduan umum untuk melakukan pairing:

  1. Nyalakan headset dengan menekan tombol power. Umumnya ada lampu yang akan menandai apabila headset tersebut sudah nyala atau aktif
  2. Masuk ke modus pairing. Umumnya dapat dilakukan dengan cara menekan dan menahan tombol power atau on/off selama beberapa detik
  3. Selanjutnya Anda dapat menyalakan bluetooth pada perangkat yang ingin dihubungkan seperti smartphone, tablet, atau laptop.
  4. Lakukan scan device pada perangkat Anda dan cari headset bluetooth milik Anda
  5. Pilih headset, bila diminta pin atau password, Anda dapat mengeceknya pada buku manual Anda

Setelah headset ter-pairing, maka headset bluetooth siap digunakan. Anda dapat mulai mendengarkan lagu atau menerima panggilan telepon melalui headset bluetooth tersebut.

Beberapa headset menyertakan app tambahan yang dapat Anda download melalui Play store misalnya. App ini memungkinkan Anda untuk melakukan konfigurasi lebih lanjut pada headset, seperti volume, fitur intuitif, equalizer, dll.

Leave a Reply