Tips & Tutorial

Cara Menggunakan Masker yang baik dan benar

Saat ini 30 provinsi di Indonesia telah dinyatakan terjangkit Covid-19, satu per satu status karantina wilayah diterapkan. Hal ini tentunya akan berdampak pada tersedianya alat kesehatan pada masker. Masker medis amatlah sulit dicari, kalaupun ada, harganya belum tentu dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Disaat ini kita dihimbau untuk menggunakan masker kain, masker kain cukup untuk kita yang masih sehat, dan biarkan masker medis untuk tenaga kesehatan kita yang sedang berjuang di garda terdepan dalam melakukan penanganan Covid-19.

Bila Anda sehat dan disaat ini Anda hanya cukup menggunakan masker kain untuk berpergian keluar rumah untuk berbelanja kebutuhan rumah Anda, Anda tidak perlu menggunakan masker medis. Kenakan selalu masker jika Anda mengalami gejala batuk atau bersin sehingga orang disekitar Anda tidak tertular. Masker hanya efektif bila digunakan bersamaan dengan rutin membersihkan tangan yang sering air dan sabun dan juga bisa menggunakan pembersih tangan dengan kandungan alkohol bila Anda mempunyai.

Kami Akan memberikan tips ringan panduan cara menggunakan masker yang tepat, baik itu masker kain :

  • Sebelum memasang masker, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir (minimal 20 detik) hingga siku bila memungkinkan, atau gunakan cairan pembersih tangan dengan kadar alkohol minimal 60% bila Anda tidak menemukan tempat mencuci tangan.

  • Pasang masker sehingga menutupi hidung, mulut sampai dagu dan pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker.

  • Selama Anda berpergian dianjurkan jangan buka tutup masker dan juga jangan menyentuh masker bagian depan. Bila tersentuh, kami anjurkan Anda mencuci tangan atau menggunakan cairan pembersih tangan, untuk menghindari kuman yang menempel di masker pindah ke tangan Anda.

  • Saat Anda membuka masker, lepaskan mulai dari bagian belakang yang menempel pada kuping,  jangan membuka masker mulai dari bagian depan. Untuk masker 1x pakai, buang segera di tempat sampah tertutup atau kantong plastik. Untuk masker kain, segera cuci dengan deterjen dan jemur untuk digunakan bila Anda keluar rumah lagi.

  • Jangan menggunakan masker kain 2x atau dalam keadaan basah atau lembab, gunakan masker kain lainnya. Masker medis hanya boleh digunakan satu kali saja.

Semoga tips dari kami membantu Anda dalam memerangi covid19 yang saat ini sedang melanda dunia, bila Anda tidak perlu keluar rumah, maka tetaplah dirumah untuk kesehatan dan keselamatan seluruh Anggota keluarga.

Bhinneka.Com, platform super- business ecosystem, mengumumkan kerjasama dengan Triasse, sebuah health tech penyedia end-to-end medical diagnostic platform pertama di Indonesia, dengan produk unggulan solusi menyeluruh untuk manajemen COVID-19. Mekanisme untuk paket Rapid Test COVID-19 adalah pendaftaran melalui platform Bhinneka.Com (misalnya oleh divisi SDM, atau divisi terkait di masing-masing perusahaan),lalu akan ditindaklanjuti oleh tim terkait mengenai teknis pelaksanaannya. Dilanjutkandengan pendataan karyawan yang akan dites, tahapan screening awal secara online, baruditeruskan tes yang bisa dilakukan di kantor, atau datang ke kediaman klien secara terbatasdi Jabodetabek. Sekali lagi, layanan ini hanya tersedia untuk klien perusahaan, bukan untuk perorangan.

 

 

Leave a Reply