Tips & Tutorial

3 Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi (Simple dan Mudah)

Apakah ponsel Xiaomi pernah mendapatkan notifikasi ruang penyimpanan penuh padahal tidak merasa menyimpan file besar ? Biasanya masalah utamanya terletak pada penumpukan file lainnya yang tidak pengguna ketahui. Untuk mengatasi masalah ini pengguna harus mempelajari cara menghapus file lainnya di Xiaomi.

Apa yang Dimaksud dengan File Lainnya ?

Untuk pengguna Xiaomi mungkin tidak asing dengan aplikasi MIUI File Manager yang merupakan perangkat lunak bawaannya. Melalui aplikasi ini pengguna bisa mengecek dan mengontrol penggunaan memori baik dalam penyimpanan eksternal dan juga internal.

Penyajian informasinya juga sangat jelas dan baik. Ini terbukti dengan klasifikasi file yang terbagi dalam folder dokumen, gambar, music, video, Apk dan file lainnya. File Lainnya ini merupakan salah satu kategori yang menyimpan jenis file dengan format berbeda atau tidak masuk ke dalam 4 folder sebelumnya.

Dengan kata lain file lainnya di hp Xiaomi ini berisikan berkas dengan format seperti thumbnail, obb, cache sampai dengan data aplikasi yang tidak terdeteksi formatnya. Jika penumpukan file ini Anda biarkan akan mengalami kepenuhan memori penyimpanan tentunnya.

cara menghapus file lainnya di Xiaomi

Penumpukan pada folder file lainnya memang terkadang membuat kinerja ponsel xiaomi Anda dapat melebat. Tidak hanya itu ruang penyimpanan menjadi penuh pada file tersebut tidak pengguna pakai sama sekali. Untuk melakukan penghapusan file lainnya terdapat beberapa metode. Berikut adalah metode yang dapat pengguna pakai :

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi Lewat Fitur Deep Clean

Beberapa aplikasi Xiaomi menawarkan sebuah fitur menarik bernama deep clean. Teknologi ini dapat membantu pengguna dalam mengelola file sampah atau tidak terpakai di dalam folder lainnya, penggunaannya juga sangat mudah dan cepat. Berikut Langkah langkahnya :

  1. Pertama buka ponsel Xiaomi Anda
  2. Periksa apakah versi sudah mendukung MIUI Security
  3. Jika sudah langsung tekan saja aplikasi tersebut
  4. Cara menemukannya mudah biasanya ada di beranda menu ponsel xiaomi
  5. Bisa juga melewati fitur pencarian menu dengan mengetik MIUI Security
  6. Jika sudah masuk aplikasi ini cari tulisan Deep Clean
  7. Selanjutnya carilah tulisan Beranda, cari ukuran folder besar “Big Files”
  8. Jika sudah ketemu tekan deselect select file tunggu proses pemeberishan
  9. Tidak lama Anda akan mendapatkan notifikasi jika proses pembersihan telah selesai

Cara Menghapus File Lainnya di Hp Xiaomi secara Manual lewat Cache

Cache merupakan salah satu jenis data semenetara yang biasannya tersimpan di ponsel Anda secara tersembunyi. Setiap Anda membuka aplikasi secara otomatis aplikasi tersebut menyimpan file cache sementara untuk pengguna agar lebih cepat mengaksesnya jika membukanya kembali.

Akan tetapi kebanyakan pengguna tidak sadar jika file cache bisa menumpuk di folder lainnya jika tidak Anda hapus. Untuk melakukan penghapusan file lainnya lewat data cache sangatlah mudah. Caranya dengan membuka menu “Explorer” di sana akan ada berbagai data penting dan tidak penting pengguna.

Kemudian jika sudah langsung saja cari menu “Categories” atau “Storage”. Kemudian terdapat beberapa opsi untuk menghapus sampah sampah yang ada. Tentukan saja sesuai kebutuhan maka system secara otomatis akan melakukan penghapusan pada terdapat sampah tersebut.

Cara Menghapus File Lainnya di Hp Xiaomi Lewat FX File Explorer

FX File Explorer merupakan sebuah aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu pengguna dalam mengelola berbagai file di dalam ponsel. Tentunya ponsel xiaomi Anda juga tersedia dan dapat menggunakannya secara baik. Untuk melakukan penghapusan folder lainnya ikuti Langkah berikut

  1. Pertama buka ponsel Xiaomi Anda
  2. Jika belum ada aplikasinya silahkan download dan install dari play store
  3. Kemudian jika sudah terinstall langsung masuk aplikasi
  4. Carilah menu “Cleaning Tools” kemudian pilih “Remove Duplicates”
  5. Jika sudah tekan opsi ‘File’ untuk melihat informasi detail penghapusannya
  6. Apabila Anda sudah yakin langsung tekan hapus file yang tidak perlu.
  7. Pastikan file yang ingin Anda hapus sudah tidak pengguna pakai lagi
  8. Jika sudah selesai tekan saja ikon sampah untuk memprosesnya
  9. Sistem aplikasi akan memulai proses penghapusan tunggu prosesnya
  10. Tidak lama kemudian proses pun selesai dan filenya terhapus

Selain dapat menghapus file di folder lainnya aplikasi FX File Explorer juga dapat mendeteksi beberapa file yang tersembunyi di dalam memori penyimpanan sehingga memudahkan pengguna dalam mengelola file di dalam smartphone.  Demikian pembahasan cara menghapus file lainnya di Xiaomi. Jika anda ingin cek info spek dan harga terbaru, silakan kunjungi halaman daftar harga Hp Xiaomi terbaru.

Leave a Reply