Tips & Tutorial

Cara Menghilangkan Baret Mobil: Praktis Bisa di Rumah

Cara menghilangkan baret mobil seringkali dicari tahu oleh para pengendara mobil. Hal ini dikarenakan baret pada mobil baik baret halus sekalipun, dapat membuat tampilan mobil menjadi jelek. Oleh karenanya para pengendara berusaha untuk menghilangkan goresan – goresan yang terdapat di mobil mereka.

Cara paling mudah dan praktis untuk menghilangkan goresan adalah dengan membawanya ke bengkel, terlebih apabila goresan cukup parah dan tebal. Namun untuk kasus goresan atau baret halus, ternyata bisa dihilangkan di rumah loh.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai sejumlah tips untuk menghilangkan baret pada mobil yang bisa dilakukan di rumah. Namun sebelumnya perlu ada beberapa persiapan yang disarankan dilakukan terlebih dahulu, agar goresan bisa hilang optimal.

Penyebab Mobil Baret

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan mobil menjadi baret atau tergores. Hal yang umum menjadi penyebab goresan pada mobil adalah mobil yang menyerempet atau menyenggol saat digunakan. Hal ini dapat menimbulkan goresan pada bodi mobil.

Selain karena faktor menyenggol atau menyerempet, debu atau kotoran serta kerikil di jalan juga dapat menyebabkan munculnya goresan halus pada mobil. Apabila sifat goresan masih ringan dan halus, Anda dapat mencoba untuk menyamarkan atau menghilangkannya sendiri.

baret mobil

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum Anda mulai mencoba menghilangkan goresan sendiri, yaitu:

  1. Periksa kondisi bodi mobil dan goresan
  2. Apabila goresan cukup dalam, ada baiknya dibawa ke bengkel karena akan sulit untuk disamarkan atau dihilangkan sendiri
  3. Apabila bagian yang bermasalah hanya berupa debu atau kotoran kering yang menempel di bodi, Anda dapat membersihkannya dengan air dan kain bersih
  4. Apabila terdapat goresan halus, maka bersihkan terlebih dahulu area goresan dengan air dan lap bersih

Adapun tujuan membersihkan area goresan halus dengan air dan lap bersih adalah untuk membersihkan bodi mobil dari debu atau kotoran. Debu atau kotoran yang menempel dikhawatirkan dapat menambah goresan pada saat Anda mencoba menghilangkan goresan halus yang sudah ada nantinya.

Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan baret pada mobil di rumah, antara lain:

Menggunakan Kompon Mobil

Anda dapat menemukan kompon / compound di toko aksesoris mobil. Fungsi dari kompon adalah mengikis cat di sekitar goresan sehingga goresan menjadi hilang atau tersamar. Cara penggunaan juga cukup mudah.

Caranya adalah setelah Anda membersihkan area goresan, oleskan compound pada area yang baret. Oleskan secukupnya dan poles secara ringan. Tidak usah terlalu ditekan untuk mencegah cat mobil terkikis terlalu banyak. Selanjutnya bilas dengan air dan keringkan dengan kain bersih

Menggunakan Scratch Remover

Scratch Remover, sama dengan compound juga banyak dijual di toko perkakas otomotif. Anda dapat menggunakannya untuk menghilangkan baret yang tidak parah. Caranya juga mudah yaitu oleskan cairan scratch remover secara merata pada area yang baret. Selanjutnya gosok dengan gerakan memutar dengan kain microfiber. Tunggu beberapa saat dan lap bersih.

Anda dapat mengulangi proses ini beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal dan goresan lebih tersamarkan atau hilang.

cara menghilangkan baret mobil

Menggunakan Pasta Gigi

Apabila Anda tidak memiliki compound atau scratch remover, Anda juga dapat menggunakan pasta gigi. Cara ini dapat dilakukan apabila goresan atau baret sangat halus dan tidak parah. Cukup oleskan pasta gigi ke area yang baret, lalu gosok bagian yang baret dengan gerakan melingkar. Setelahnya lap bersih bagian tersebut.

Membawa ke Bengkel dan Cat Ulang

Apabila pada bagian yang baret terdapat beda warna dengan warna cat, misalnya sudah berwarna metal, ini menandakan goresan cukup dalam. Untuk menghilangkannya pun tidak dapat atau sulit dilakukan di rumah dengan cara di atas.

Anda dapat membawanya ke bengkel serta melakukan perbaikan dan cat ulang pada bagian yang mengalami goresan atau baret tersebut.

Demikian sejumlah tips untuk menghilangkan baret mobil yang bisa Anda coba untuk memastikan tampilan mobil Anda tetap sempurna dan bebas dari berbagai goresan atau baret.

Leave a Reply