cara menghilangkan iklan di hp android
Tips & Tutorial

4 Cara Menghilangkan Iklan di Hp Android Tanpa Aplikasi

Iklan yang muncul tiba-tiba di Hp Android memang sangat menggangu ? Bagaimana cara menghilangkan iklan di hp Android ? Selain menggangu, iklan di hp Android juga berpotensi membawa virus atau malware. Aplikasi yang menampilkan iklan akan mengunduh materi iklan dari berbagai sumber. Hal ini membuat keamanan smartphone Anda jadi lebih rentan.

Iklan di hp Android juga bisa mengajak Anda untuk mengunduh aplikasi APK dari sumber yang tidak jelas. Aplikasi yang kebanyakan punya rating rendah di Play Store ini dapat mengandung virus dan malware yang membahayakan keamanan data di hp Android Anda. Oleh karena itu, cara menghilangkan iklan di hp Android berikut ini sangat penting untuk Anda lakukan.

Cara Menghilangkan Iklan di Hp Tanpa Aplikasi

Berikut ini 2 cara menghilangkan iklan di hp Android yang paling efektif.

1. Bayar Aplikasi atau Biaya Langganan

Kebanyakan aplikasi Android akan menampilkan iklan untuk mendapatkan pemasukan dari pengguna. Ini adalah cara paling lumrah dari Developer aplikasi untuk mendapatkan uang. Pemasukan dari iklan digunakan untuk biaya operasional developer, pengembangan aplikasi, dan mendapat keuntungan.

cara menghilangkan iklan di hp

Nah kebanyakan developer menawarkan opsi untuk menghilangkan iklan di hp dengan membayar biaya langganan. Dengan skema langganan, perusahaan tetap bisa mendapat keuntungan setiap bulan atau setiap tahun dari pengguna yang tidak ingin melihat iklan di hp-nya. Pemasukan developer juga lebih stabil dibanding menawarkan skema beli putus.

Saat ini memang ada beberapa aplikasi yang menawarkan skema beli putus. Artinya, untuk menggunakan aplikasi Anda harus membayar terlebih dulu. Namun kebanyakan aplikasi seperti ini jarang mendapat update konten jadi akan terasa membosankan ketika digunakan dalam waktu lama.

2. Matikan Jaringan Seluler atau WiFi

Cara menghilangkan iklan di hp Android selanjutnya adalah dengan cara mematikan jaringan seluler atau WiFi. Cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan iklan dari aplikasi atau game yang tetap bisa digunakan meski sedang offline.

cara menghilangkan iklan android

Saat menampilkan iklan, aplikasi akan mengunduh materi iklan terlebih dulu dengan internet. Saat koneksi internet mati, aplikasi tidak bisa men-download materi iklan lagi. Sedangkan aplikasi atau game offline tetap bisa berjalan meski tidak terhubung ke internet. Ditambah lagi, cara ini cukup efektif untuk mencegah hp Anda kena malware atau instal aplikasi yang tidak jelas sumbernya.

3. Menu Security di Settings

Hal yang paling ditakutkan dari iklan di hp adalah masuknya virus atau malware dari aplikasi berbahaya. Beberapa iklan di hp Android bisa “menipu” pengguna untuk instal aplikasi tertentu. Beberapa aplikasi tersebut punya rating rendah di Play Store dan tidak dibutuhkan oleh pengguna.

cara menghilangkan iklan di hp android

Untuk mencegah hp Android instal aplikasi dari sumber yang tidak jelas, Anda bisa blokir akses instal aplikasi dari luar Play Store melalui menu Security di Settings. Caranya masuk ke menu Pengaturan atau Settings. Kemudian masuk ke menu Security lalu ke Privacy. Jangan izinkan hp untuk instal aplikasi dari sumber tidak diketahui (Unknown Source).

4. Menghapus Iklan di Hp Xiaomi

Xiaomi adalah merk hp yang sering menampilkan iklan di aplikasi bawaannya. Iklan di hp Xiaomi buat sebagian orang tentu sangat menyebalkan. Hal ini juga yang membuat pengguna Xiaomi enggan menggunakan aplikasi bawaan dan memilih instal aplikasi lain. Cara menghapus iklan di aplikasi bawaan Xiaomi bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Buka menu Settings
  • Scroll sampai menemukan menu Passwords & security
  • Pilih Privacy
  • Cari menu Ad services
  • Matikan opsi Personalized ad recommendations
  • Buka salah satu aplikasi bawaan Xiaomi, misalnya Security
  • Klik menu Settings di sudut kanan atas
  • Matikan opsi Receive recommendations
  • Matikan opsi Recommendations di semua aplikasi bawaan Xiaomi.

Cara Menghilangkan Iklan di Hp dengan Aplikasi

Menghilangkan iklan juga bisa dengan bantuan aplikasi. Berikut ini caranya:

1. Blokir Aplikasi di Browser Chrome

Chrome adalah aplikasi browser bawaan di hp Android. Selain jadi browser utama, aplikasi juga sering dipakai sebagai browser bawaan oleh aplikasi untuk menampilkan konten dari halaman web. Kebanyakan iklan datang saat kita browsing website dari browser seperti Chrome.

menghilangkan iklan di chrome

Untuk mencegah masuknya malware atau aplikasi berbahaya saat browsing, lakukan tips berikut ini:

  • Buka aplikasi Chrome
  • Klik tombol menu (3 titik vertikal) di ujung kanan atas
  • Pilih menu Settings
  • Scroll sampai menemukan opsi Site Settings
  • Klik pada Pop-ups and redirects
  • Aktfikan opsi Pop-ups and redirects sampai muncul tulisan “Allowed”
  • Kembali ke menu Site Settings
  • Klik menu Ads dan aktifkan.

Saat mengaktifkan Pop-ups and redirects, browser Chrome akan mencegah munculnya iklan pop up saat Anda sedang browsing. Selain itu, browser juga akan mencegah Anda dialihkan ke situs lain secara otomatis. Namun perlu diingat cara ini hanya bisa menghilangkan iklan di hp saat Anda menggunakan Chrome saja.

2. Instal Aplikasi AdBlocker

Aplikasi Ad Blocker di Play Store ada banyak. Anda bisa instal aplikasi blokir iklan sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada aplikasi Ad Blocker hanya bisa digunakan di beberapa aplikasi tertentu, misalnya browser. Aplikasi ini dapat menyeting aplikasi secara otomatis agar Anda bisa bebas browsing tanpa terganggu iklan.

menghapus iklan dengan adblocker

Ada beberapa tips untuk memilih aplikasi AdBlocker yang bagus, yaitu:

  • Instal AdBlocker hanya dari Play Store
  • Jangan pasang AdBlocker dari luar Play Store agar aman dari malware
  • Pastikan aplikasi AdBlocker di-scan setelah di-instal di hp
  • Pilih aplikasi dengan rating bagus, di atas 4.5 di Play Store
  • Baca deskripsi aplikasi dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

3. Gunakan UC Browser

Selain Chrome, Anda bisa gunakan UC Browser agar bisa browsing dengan lebih aman. UC Browser dilengkapi Engine U4 yang bisa menghadirkan browsing lebih lancar, unduh file lebih cepat, dan nonton video lebih lancar. UC Browser juga sudah dilengkapi fitur Ad Block yang bisa memblokir berbagai bentuk iklan yang menggangu Anda saat browsing.

hapus iklan di hp android

Itulah 3 cara menghilangkan iklan di Android tanpa aplikasi dan dengan aplikasi. Semua cara di atas bisa Anda terapkan untuk melindungi hp Android Anda dari serangan virus dan malware. Sebagai perlindungan tambahan, Anda bisa instal aplikasi antivirus untuk hp Android untuk melindungi Anda dari malware yang datang dari iklan.

1 Comment

Leave a Reply