Tips & Tutorial

5 Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami (Tanpa Obat)

Naiknnya asam lambung menjadi penyakit yang kerap muncul, sehingga penting untuk kita tahu cara mengobati asam lambung yang benar. Penyakit ini sering juga disebut dengan nama GERD atau astroesophageal reflux disease dimana keadaan ini membuat makanan yang sudah kita makan mencapai perut namun mengalir kembali ke atas sehingga katup yang memisahkan dari kerongkongan tidak menutup secara keseluruhan.

Meskipun asam lambung yang naik ini sering disepelekan, bila anda tidak menanggapinnya dengan serius bisa menjadi masalah yang serius untuk kesehatan anda. Asam lambung bisa terjadi juga diakibatkan kekurangan sfingter esofagus bagian dalam. , relaksasi sementara, hernia hiatus atau perubahan pengeluaran refluks dari esofagus.

Beberapa hal yang paling sering memicu asam lambung naik adalah makanan yang kita konsumsi. Seperti alkohol, kopi, atau makanan pedas. Asamnya bergabung dengan asam lambung dan campurannya dihasilkan begitu kuat sehingga dikembalikan ke kerongkongan. Dalam kesempatan ini terdapat beberapa tips sederhana untuk mengobati asam lambung anda, Simak :

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Jalan-Jalan

Mengobati Asam Lambung Dengan Jalan-jalan

Menurut Abaraham Khan ahli gastroenterology di NYU Langone Health, Berjalan menjadi salah satu metode paling bagus untuk menghilangkan asam lambung yang naik di tahap awal. Berjalan ringan setelah makan makanan besar dengan durasi 10 sampai dengan 15 menit dapat menurunkan asam lambung yang naik di tahap awal.

Jangan duduk setelah makan, hal ini dikarnakan duduk justru dapat memperburuk mulas, karena menciptakan tekanan pada organ dan dapat menyebabkan asam cepat sekalinaik. Refluks dalam tubuh juga bisa terjadi bila postur tidur salah. Jika Anda ingin menghindarinya, Anda harus tidur di sisi kiri

Terdapat juga beberapa penelitian di Harvard yang mengklaim bila jalan kaki memiliki berbagai manfaat didalamnnya salah satu manfaat dari jalan kaki ringan usai makan adalah mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, membantu mencegah kolesterol, tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, dan secara signifikan menurunkan rasa stres membuat otak menjadi lebih rilek.

Melonggarkan Pakaian Atau Ikat Pinggang

Melonggarkan Ikat Pinggang

Pakaian bisa menyebabkan tekanan dalam perut. Perut bisa mendapatkan tekanan berlebih bagi pengguna ikan pinggang yang sangat ketat. Dianjurkan usai konsumsi makanan besar, anda menyempatkan waktu untuk melonggarkan ikan pinggang sebisa mungkin. Disarankan juga untuk tidak menggunakan piyama atau baju tidur yang terlalu ketat. Semakin sedikit tekanan yang kita miliki maka kinerja organ tubuh dalam perut semakin baik.

Mengatasi Asam Lambung Dengan Jangan Tidur Siang

Tidur Siang

Postur tidur bisa menjadi penyebab lain dari refluks, untuk itu anda harus tidur dengan posisi yang benar agar refluks tidak terjadi. Dengan posisi tidur yang benar ( menghadap kiri dan miring ) membantu pengosongan perut dan dapat membantu Anda menghindari mulas.

Jika anda sering tidur dengan bantal berlebihan, mulailah meninggalkan kebiasaan ini karena dapat memberikan kenanan berlebih pada perut. Anda harus mengangkat kaki tempat tidur di sisi kepala untuk membuat postur diagonal tetapi meregang. Posisi ini mencegah isi lambung masuk ke kerongkongan yang bila ini terjadi anda bisa mulas.

Mengatasi Asam Lambung Dengan Permen Karet

Permen Karet

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam World Journal of Gastrointestinal Pharmacology and Therapeutics , Keasaman lambung bisa turun dengan menguyah permen karet selama 30 menit setelah makan makanan besar. Secara umum, mengunyah permen karet diketahui dapat merangsang produksi air liur sehingga membuat kemampuan menelan tubuh menjadi optimal.

Cara Mengobati Asam Lambung dengan Menghindari Asap Rokok

Asap Rokok

Rokok memiliki banyak mudarat salah satunnya membuat asam lambung naik. Nikotin biasanya melemaskan sfingter esofagus bagian bawah , yang secara otomatis menaikan asam lambung ke kerongkongan. Jika jaraknya dekat, hindari merokok atau bersentuhan dengan asap rokok untuk agar anda terhindar dari asam lambung naik apalagi setelah makan makanan besar.

Demikian beberapa cara mengobati asam lambung tanpa obat-obatan. Jika asam lambung anda tidak kunjung reda, silakan berkonsultasi dengan dokter untuk pengobatan yang lebih akurat.

Leave a Reply