Tips & Tutorial

Beberapa Cara Reset Printer Epson (Step by Step)

Printer merupakan salah satu perangkat yang sangat penting saat ini untuk menunjang berbagai pekerjaan. Brand Epson sendiri sebagai salah satu produsen pembuat printer cukup banyak orang gunakan. Akan tetapi terkadang ada beberapa kondisi di mana printer Epson mengalami error sehingga pengguna harus belajar Cara Reset Printer Epson.

Hadirnya mesin cetak dokumen seperti printer ini memang sangat memudahkan berbagai aktivitas perkantoran. Mencetak dokumen dan file kini lebih mudah berkat adanya alat ini. Namun ketika beroperasi beberapa error dan masalah juga kerap kali mesin ini alami. Cara mudah dan cepat mengatasi hal ini salah satunya dengan resetternya.

Cara Reset Printer Epson

Mengenal Istilah Resetter

Resetter merupakan istilah dalam penggunaan printer dimana alat ini akan mengalami pengosongan atau peresetan kembali. Prosedur ini orang lakukan untuk mengembalikan system mencetak printer sehingga dapat berjalan semestinya apabila terjadi error.

Reset printer ini juga menjadi salah satu solusi cepat ketika Anda mengalami masalah dalam melakukan proses pencetakan dokumen seperti mogok, macet, atau beberapa masalah lainnya. Biasanya salah satu faktor utama kenapa printer jadi error adalah terlalu banyaknya percetakan.

Kondisi ini juga sering orang sebut dengan istilah overload. Apabila printer sudah mengalami hal ini, maka printer tidak mampu melakukan proses pencetakan secara benar. Resiko terjadi hal ini tentu sudah diprediksi Epson sehingga ada yang namanya prosedur solusi bernama reset printer Epson.

Kapan Harus Melakukan Reset Printer ?

Metode resetter pada printer Epson memang tersedia dan dapat pengguna lakukan kapan saja. Akan tetapi, untuk melakukannya secara tepat, Anda harus memperhatikan dan mengetahui indikator atau tanda dari mesin cetak dokumen yang muncul.

Printer Epson biasanya akan memberikan tanda atau indikator sebagai sinyal agar pemilik melakukan reset printer. Tanda pertama apabila Blinking terjadi yaitu peringatan berupa lampu indikator tinta yang menyala secara berkedip.

Ketika hal ini muncul alangkahnya baiknya jika sebagai pengguna Anda langsung melakukan prosedur resetter. Selain itu, apabila sedang melakukan aktivitas mencetak dan tiba tiba printer mogok akibat beberapa hal, salah satu solusinya adalah dengan melakukan reset mesin ini juga.

Setelah mengetahui arti dan indikator reset pada printer Epson, kini saatnya Anda mengetahui cara melakukan reset pada printer Epson. Dalam prosedur peresetan ini pengguna mendapatkan dua opsi yaitu secara manual dan juga menggunakan aplikasi. Kedua carannya ini tentunya sama sama bekerja, berikut cara reset printer dengan metode yang benar :

Cara Reset Printer Epson Secara Manual

Metode pertama yang dapat Anda gunakan untuk mereset printer adalah dengan cara manual atau tanpa bantuan perangkat lunak. Cara ini mengharuskan pengguna untuk langsung melakukannya dengan melakukan kontak langsung terhadap printernya. Untuk Langkah langkahnya bisa ikut tahapan berikut :

  1. Pertama pastikan Printer Epson sudah mendapatkan daya listrik
  2. Kemudian tekan tombol power sehingga printer menyala
  3. Ketika dalam posisi menyala, tekan tombol power dan resume dan tahan
  4. Tahan tombol tersebut kurang lebih selama lima detik
  5. Selanjutnya tekan kedua tombol secara bersamaan lalu tahun selama tiga detik
  6. Jika sudah lepaskan dan tunggu beberapa saat
  7. Akan muncul suara printer sedang bekerja tunggu saja
  8. Apabila berhasil printer akan dalam keadaan ready
  9. Tandanya lampu indikator tidak berkedip lagi dan berwarna hijau
  10. Itu arti nya proses reset printer manual berhasil

Cara Reset Printer Epson Menggunakan Bantuan Aplikasi

Metode kedua yang dapat Anda gunakan untuk melakukan reset printer adalah dengan memanfaatkan aplikasi Epson. Prosedur Resetter Epson lewat aplikasi ini juga terbilang cepat dan mudah. Cara ini memungkinkan pengguna melakukan resetter tanpa harus melakukan kontak dengan printer cukup lewat aplikasi, berikut Langkah langkahnya :

  1. Pertama nyalakan laptop dan printer Epson Anda
  2. Kemudian hubungkan keduanya dengan port USB
  3. Pastikan sudah terkoneksi dengan baik dan sempurna
  4. Setelah itu, download aplikasi reseter Epson di website resminya
  5. Jika sudah terdownload ekstrak dan install, tunggul sampai selesai
  6. Lalu buka aplikasi resetter tadi, carilah opsi select
  7. Pilih tipe printer Epson Anda sesuai versi masing masing
  8. Kemudian klik mode menu Particular Adjustment Mode
  9. Selanjutnya klik opsi Waste Ink Pad Counter, lalu periksa Play Pad
  10. Bila sudah klik instalasi dan OK, akan muncul pesan pop up lagi
  11. Hidupkan ulang printer Anda
  12. Jika berhasil printer akan bekerja seperti semestinya

1 Comment

Leave a Reply