Tips & Tutorial

Cara Share Lokasi di Whatsapp Secara Real Time

Whatsapp tidak hanya menjadi aplikasi berkirim pesan atau file gambar / dokumen saja, namun Anda dapat juga menggunakannya untuk share lokasi di Whatsapp. Ya, Whatsapp memungkinkan Anda untuk mengirimkan atau berbagi live location / lokasi saat ini Anda berada secara real time ke individu ataupun grup dalam Whatsapp. Dalam artikel ini akan dijelaskan cara untuk share lokasi di Whatsapp secara real time.

Tentunya Anda dapat mengatur berapa lama Anda ingin membagikan posisi atau lokasi Anda serta berhenti membagikan posisi atau lokasi. Dengan tetap mempertahankan fitur keamanan enkripsi end-to-end, lokasi yang Anda bagikan juga akan ter-enkripsi sehingga tidak ada yang dapat melihatnya kecuali individu atau grup yang Anda kirimkan lokasinya.

Untuk berbagi atau share lokasi di Whatsapp cukup mudah. Baik pada Android ataupun iOS memiliki cara yang dapat dikatakan kurang lebih sama. Namun sebelum Anda share lokasi di Whatsapp, perlu diingat terlebih dahulu manfaat berbagi lokasi serta kemungkinan kerugiannya.

Manfaat dan Risiko Share Lokasi

Fitur share lokasi secara real time di Whatsapp bagi sebagian orang dirasakan sebagai fitur yang berguna. Namun bagi sebagian lainnya fitur ini dianggap tidak penting dan membuat Whatsapp kehilangan esensi nya sebagai aplikasi untuk berkirim pesan.

Ketahui kapan sharing lokasi secara real time berguna:

  1. Saat Anda ingin mengirimkan lokasi Anda ke keluarga atau kerabat untuk alasan keamanan saat Anda di perjalanan
  2. Jika Anda sedang ingin bertemu kerabat atau keluarga di suatu lokasi, cukup share lokasi agar mereka mudah menemukan Anda

Alasan kenapa orang – orang menolak atau tidak menyukai fitur share lokasi:

  1. Khawatir akan privasi atas lokasi atau data yang dibagikan ke Whatsapp
  2. Dapat berpotensi menimbulkan bahaya jika share lokasi disalahgunakan
  3. Membuat seseorang merasa tidak bebas, terutama jika pasangan atau kerabat memaksa untuk Anda share lokasi kepadanya

Cara Share Lokasi di Whatsapp

Untuk berbagi live location pada Whatsapp dapat dikatakan hampir sama caranya seperti saat Anda ingin berbagi atau mengirimkan file, dokumen atau gambar. Namun sebelumnya Anda perlu terlebih dahulu memberikan akses / ijin kepada Whatsapp untuk mengakses lokasi Anda.

cara share lokasi whatsapp

Berikut cara share lokasi di Whatsapp:

  1. Masuk ke dalam setting pada ponsel Anda dan berikan ijin atau permission untuk aplikasi Whatsapp dalam mengakses lokasi Anda. Misalnya pada Android dapat menggunakan langkah ini: Settings > Apps & notifications > WhatsApp > Permissions > turn on Location
  2. Selanjutnya buka chat individual atau grup dimana Anda ingin berbagi atau share lokasi Anda
  3. Pilih / tekan attach seperti halnya ketika ingin berbagi gambar / dokumen
  4. Pilih location > share live location
  5. Pilih durasi berapa lama Anda ingin berbagi lokasi secara real time
  6. Send

Berhenti Share Lokasi di Whatsapp

Whatsapp akan secara otomatis berhenti membagikan posisi real time Anda sesuai dengan waktu yang sudah Anda tentukan. Namun Anda juga dapat mematikan share lokasi secara manual, caranya:

  1. buka chat individual atau grup dimana Anda berbagi lokasi
  2. Tekan Stop Sharing > Stop

stop share lokasi

Leave a Reply