Tips & Tutorial

Fitur Keren Android 7.0 Nougat Yang Wow Banget

Android terbaru dengan versi 7.0 sudah diluncurkan. Namanya Nougat, seperti nama permen kacang dari Perancis. Mengapa Nougat? Mungkin karena berbagai fitur baru yang ada didalamnya juga seenak permen kacang tersebut. Memang, fitur-fitur tersebut mampu membuat penggunanya mendapatkan lebih banyak manfaat dari sistem operasi ini. Untuk sementara, baru Google Nexus dan LG V20 yang akan segera memanfaatkannya. Tetapi berbagai merk smartphone lainnya dijamin segera menyusul. Lalu, apa saja fitur-fitur keren yang bisa didapatkan dari android 7.0? Ini dia ulasannya:

  1. Multi Window

Pernah terbayang menjalankan dua aplikasi di smartphone secara bersamaan? Hal tersebut tidak mustahil untuk android Nougat. Dengan fitur Multi Window yang dimilikinya, dua aplikasi bisa berada pada satu layar bersama-sama. Tiap-tiap aplikasi akan tampil dalam ukuran setengah layar tablet ataupun smartphone. Tetapi perangkat yang bisa melakukan Multi Window ini tentu saja spesifikasinya harus kompatibel.

  1. Quick Switch

Saat kita menggunakan perangkat android, akan terasa benar kemudahan yang bisa didapatkan. Memang, android selalu mengembangkan berbagai fitur yang mampu membuat kita-kita sebagai penggunanya merasa semakin mudah dan terbantu. Begitu juga pada android 7.0 terbaru. Fitur Quick Switch yang dimilikinya akan membuat pengguna berpindah dengan cepat pada dua aplikasi terakhir yang sedang digunakan. Caranya cukup mudah, hanya dengan melakukan double tap pada tombol overview disebelah kanan layar bagian bawah.

  1. Fitur Emoji baru

Emoji menjadi fitur yang sangat menarik untuk digunakan dalam sebuah pesan. Dengan emoji pesan yang dibuat serasa lebih hidup dan menarik. Ekspresi hati juga bisa lebih mudah disampaikan dan dimengerti. Dengan memahami itu, android Nougat menyediakan fitur Emoji terbaru yang sangat wow. Ada 1.500 karakter emoticon atau emoji dalam fitur ini. Selain itu, warna kulitnyapun dapat dirubah-rubah sesuai keinginan pengguna. Keren banget, kan?

  1. Data Saver

Selama ini kita mungkin sering bermasalah dengan kuota data yang melebihi batas, maka pada android Nougat disediakan Mode Data Saver yang mampu membantu mengurangi pemakaian dari kuota data oleh sebuah aplikasi yang sedang dijalankan. Data Saver yang diaktifkan dapat memfilter data yang digunakan secara berlebih dengan berbagai cara. Bisa dengan mengurangi kualitas tampilan gambar, membatasi kecepatan dari streaming, ataupun cara-cara lainnya yang dapat menghemat data.

  1. Fitur Doze

Koneksi internet yang semakin intensif digunakan pada smartphone dan perangkat lainnya, telah membuat penggunaan daya semakin tinggi. Akibatnya baterai menjadi lebih mudah low bat. Sejak android Marsmellow diluncurkan, terdapat fitur Doze yang diharapkan mampu menghemat penggunaan baterai. Di android Nougat ini, fitur tersebut menjadi semakin kuat, dan mampu menghemat energi lebih besar. Doze menggunakan sebuah sensor yang mampu mendeteksi perangkat untuk kemudian menghemat penggunaan baterainya.

  1. Enkripsi untuk melindungi file

Fitur terakhir yang akan kita bahas ini berhubungan dengan perlindungan file serta folder. Hal ini tentu sangat penting, mengingat semakin banyak data-data penting yang kini tersimpan dalam sebuah smartphone. Android 7.0 memiliki metode perlindungan file dengan enkripsi yang lebih baik dari para pendahulunya. Jika sistem operasi sebelumnya membuat enkripsi untuk keseluruhan file, maka sistem enkripsi terbaru ini akan bersifat lebih individual dan melindungi file satu-persatu.

Masih banyak lagi fitur maupun pembaruan yang diberikan oleh Android 7.0 Nougat. Dengan pembaruan-pembaruan tersebut, android B’Nerz menjadi lebih mudah dan cepat digunakan. Selain itu pengguna juga dapat melakukan lebih banyak hal menggunakan android versi ini.

Leave a Reply