Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Fungsi Chopper & Bedanya dengan Food Processor dan Food Blender

Chopper atau Food Chopper adalah salah satu peralatan atau perlengkapan memasak yang dapat digunakan untuk membantu mengolah bahan makanan (food prepping). Fungsi chopper sendiri juga dapat dikatakan mirip dengan food processor dan juga food blender.

Namun baik food processor, food chopper maupun food blender memiliki jenis makanan yang dapat diolah dan yang tidak dapat diolah. Hasil olahan antara food chopper, food processor, maupun food blender juga memiliki perbedaan.

Fungsi Food Chopper

Chopper merupakan alat yang digunakan untuk memotong, menggiling serta mengolah bahan makanan menjadi satu. Pada bagian dalam wadah food chopper terdapat mata pisau. Mata pisau ini berfungsi untuk memotong – motong bahan makanan.

food chopper

Jenis bahan makanan yang dapat diolah dengan food chopper juga bervariasi. Umumnya Anda dapat menggunakan food chopper untuk memotong dan mengolah bahan seperti kacang – kacangan, rempah – rempah, hingga daging. Sayuran seperti wortel, bawang dan lainnya juga dapat diolah dengan chopper.

Jenis Food Chopper

Food chopper sendiri terdiri dari dua macam, dibedakan dari food chopper yang membutuhkan listrik maupun dioperasikan secara manual. Untuk yang manual biasanya food chopper dioperasikan misalnya dengan menekan tutup food chopper untuk menggerakkan mata pisau memotong bahan makanan.

Selain tipe push yang digunakan dengan cara menekan,ada juga model food chopper manual yang dioperasikan dengan memutar handle pada tutup wadah. Putaran handle ini akan menggerakkan pisau di dalam food chopper. Semakin cepat Anda memutar handle, semakin cepat pula putaran dari pisau food chopper.

Selain cara pengoperasian, hal lain yang perlu diperhatikan adalah apakah food chopper tersebut membutuhkan air atau tidak. Umumnya chopper tidak membutuhkan air untuk dapat memotong bahan makanan.

Berbeda dengan blender yang dalam pengoperasiannya membutuhkan air. Namun perlu diperhatikan ada beberapa jenis food chopper yang tetap membutuhkan sedikit air agar mata pisau dapat bergerak secara leluasa dan lancar dalam memotong makanan.

Perbedaan Fungsi Food Chopper dengan Food Processor

Memiliki fungsi yang sama dengan food chopper yaitu untuk memotong dan mengolah makanan ada sejumlah perbedaan antara food chopper dan food processor. Food processor memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan chopper.

Selain itu, wadah food processor juga lebih besar dibandingkan food chopper. Food processor juga memiliki variasi mata pisau yang lebih banyak dan beragam. Fungsi mata pisau yang beragam ini memungkinkan food processor mengolah lebih banyak bahan makanan sekaligus mengolahnya menjadi bentuk yang tidak dapat dihasilkan dengan food chopper.

Dengan food processor Anda bisa mengiris, menggiling, mengulenin adonan hingga mencampur bahan makanan menjadi satu misalnya untuk membuat puree.

Perbedaan Fungsi Food Chopper dengan Food Blender

Peralatan lain yang memiliki fungsi menyerupai food chopper dan food processor adalah food blender. Blender sendiri mungkin umum digunakan khususnya untuk membuat jus dari buah atau sayuran. Namun tidak hanya untuk jus saja, blender juga cocok digunakan untuk menglikuidifikasi bahan makanan / mengolah bahan makanan ke bentuk yang lebih cair misalnya saus, pesto, puree, jus, smoothies.

Food blender sama dengan food chopper dan food processor yaitu memiliki mata pisau pada bagian dalam wadahnya yang digunakan untuk memotong dan mencampur makanan. Food blender biasanya memiliki pilihan kecepatan yang dapat mengatur kecepatan putaran mata pisau. Dalam penggunaan, food blender juga membutuhkan air agar mata pisau dapat bergerak dengan lancar.

food Blender

Meskipun memiliki fungsi yang mirip dengan food processor, namun food blender lebih cocok digunakan untuk mengolah dan mencampur bahan makanan yang mengandung banyak cairan, seperti buah – buahan, tomat. Ini dikarenakan tidak seperti food processor, food blender tidak dapat memotong atau menghaluskan bahan makanan yang keras atau terlalu tebal dan minim cairan.

Baik food chopper, food processor, dan juga food blender dapat membantu Anda untuk menghemat waktu dalam mengolah makanan serta membantu Anda untuk berkreasi menciptakan beragam menu makanan. Pastikan Anda menggunakan peralatan yang sesuai dengan bahan makanan yang akan diolah dan hasil makanan yang ingin Anda buat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Leave a Reply