Bhinneka News

Google Translate dengan Fitur Transkrip sudah dapat dinikmati

Akhirnya google meluncurkan fitur transkrip otomatis yang merupakan salah satu aplikasi yang sangat membantu sekali, dimana fitur transkrip otomatis akan membuat file rekaman wawancara menjadi sebuah teks. Terkadang dalam wawancara terdapat dialog tertentu terkadang ada kesulitan dalam  ketika si pembicara berbicara terlalu cepat atau ada beberapa kalimat yang sulit untuk didengar dan mempunyai lafal yang berbeda atau susah dimengerti.

Fitur transkrip otomatis ini dikembangkan untuk memudahkan Anda yang sering melakukan rekaman menggunakan smartphone saat wawancara dan harus menuangkan ke dalam teks, sehingga pekerjaan Anda akan lebih cepat. Google sempat memperlihatkan demo bagaimana Google Translate sudah bisa memiliki fitur transkrip otomatis, sehingga teks akan dituliskan secara langsung sembari mendengar perbincangan wawancara yang terjadi.Pihak Google sendiri mengatakan bahwa fitur ini akan lebih baik dalam bekerja di dalam ruangan yang sunyi ketimbang ruang yang berisik atau terlalu banyak suara.

Google telah memperkenalkan Fitur ini sejak Januari 2020 dan kini sudah tersedia dengan bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Hindi, Portugis, Rusia, Spanyol, dan Thai. Menggunakan fitur transkrip pada Google Translate, pengguna pun bisa langsung “merekam” hasil perbincangan yang terjadi secara otomatis, dan juga bisa lansung ditranslasi di bahasa yang telah didukung oleh aplikasi. Fitur ini masih membutuhkan koneksi internet karena masih bergantung kepada TPU (Tenso Processing Units) milik Google.

 

 

Leave a Reply