hp xiaomi 6a
Review Smartphone & Tablet

Review Kelebihan Hp Xiaomi Redmi 6A dan Harga Terbaru 2021

Di tahun 2021, Hp Xiaomi 6A adalah salah satu produk smartphone yang banyak dicari. Salah satu hp termurah Xiaomi ini punya banyak kelebihan yang dibutuhkan oleh pengguna pemula. Hp yang mengincar segmen low end ini diluncurkan pertama kali pada Juni 2018. Berapa harga terbarunya di tahun 2021 ?

hp xiaomi 6a

Harga Xiaomi Redmi 6A Terbaru

Hp Xiaomi 6A adalah salah satu seri Redmi. Hp ini dibekali spesifikasi yang cukup bisa diandalkan untuk kelas harga Rp 1 jutaan. Meski sudah diluncurkan sejak tahun 2018, hp ini masih punya banyak peminat di Indonesia. Redmi 6A memiliki dua varian memori internal yaitu 16 GB dan 32 GB.

Untuk varian memori RAM 2GB dengan memori internal 16 GB dijual dengan harga Rp 850.000. Sedangkan untuk varian RAM 2GB dengan memori internal 32 GB dijual dengan harga Rp 950.000. Harganya mengalami penurunan sangat banyak karena sudah lewat 3 tahun sejak pertama kali diluncurkan. Harganya bisa berbeda-beda tergantung toko yang menjual.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 6A

Berikut ini spesifikasi lengkap hp Xiaomi Redmi 6A.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 6A
Chipset Mediatek Helio A22
CPU Quad-Core (4x 2.0 GHz Cortex-A53)
GPU PowerVR GE8320
RAM 2GB
ROM 16 GB/32 GB
Memori Eksternal Micro SD up to 256 GB
Baterai 3000 mAh
Kamera Depan 5MP F2.2
Kamera Belakang 13MP F2.2
Tipe Layar IPS LCD
Ukuran Layar 5.45 inci
Resolusi Layar HD+, 1440 x 720 piksel
WiFi WLAN 802.11a/b/g/n
Bluetooth Bluetooth 4.2
NFC No
GPS GPS, AGPS, GLONASS, BeiDou
Audio Jack 3.5mm Jack Headphone
Port Micro USB 2.0
Dimensi 147.5 x 71.5 x 8.3 mm
Berat 145 g

Desain dan Layar

Hp Xiaomi Redmi 6A memiliki dimensi yang terbilang ringkas. Hp ini punya ukuran 147.5 x 71.5 x 8.3 mm dengan berat 145 gram. Desainnya cukup simpel dan tidak banyak ornamen yang tidak perlu. Di sisi kanan ada tombol Power dan Volume. Sementara itu, di sisi kiri hanya ada slot kartu SIM dan Micro SD.

hp xiaomi redmi 6a

Di bagian atas ada lubang earphone 3.5mm dan mikrofon. Lalu di bagian bawah juga ada mikrofon utama untuk menangkap suara saat menerima telepon. Lubang charger ada di bawah dengan tipe Micro USB. Lubang speaker ada di bagian bodi belakang, tepatnya di bagian paling bawah.

Hp ini punya layar seluas 5.45 inci, cukup nyaman untuk browsing, chatting, dan nonton YouTube. Layar berjenis IPS LCD ini punya resolusi HD+ 1440 x 720 piksel. Gambarnya cukup tajam saat dipakai nonton dan browsing media sosial.

Kamera Depan dan Belakang

Hp Xiaomi 6A punya dua buah kamera, satu di depan dan satu di belakang. Kamera depannya punya resolusi 5MP dengan bukaan aperture F2.2. Hasilnya fotonya cukup lumayan untuk kondisi outdoor, namun mengingat bukaan lensa yang kecil membuat hasil foto di kondisi minim cahaya kurang maksimal.

Di bagian belakang terdapat satu buah kamera beresolusi 13MP. Di samping kamera terdapat lampu flash untuk bantu menangkap foto lebih jelas di malam hari. Hasil fotonya cukup tajam saat dipakai di kondisi ruangan yang terang. Namun tetap kurang maksimal saat dipakai di malam hari atau kondisi minim cahaya.

Performa dan Baterai

Hp Xiaomi 6A ditenagai chipset Mediatek Helio A22. Efisiensi dayanya cukup baik mengingat chipset ini dibuat di fabrikasi 12nm. Sementara itu, CPU nya menggunakan Cortex-A53 yang memiliki efisiensi tinggi. Di samping itu, kecepatan clock yang tinggi 2.0 GHz menjamin kinerjanya lebih cepat sekaligus efisien.

review hp xiaomi 6a

Chipset yang efisien ini ditemani RAM 2GB. Kapasitasnya masih cukup untuk sekedar chat atau browsing. Sesekali nonton YouTube juga masih lancar. Baterai 3000 mAh bisa bertahan berjam-jam dengan pemakaian normal. Saat dites dengan AnTuTu 7, Xiaomi 6A mampu meraih skor 61.600.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 6A

Kelebihan Xiaomi 6A

  • Harganya sangat murah
  • Desain ringkas nyaman digenggam
  • Kualitas kamera cukup baik untuk hp sekelasnya.

Kekurangan Xiaomi 6A

  • Performa kurang bisa diandalkan
  • Tidak memiliki sensor sidik jari
  • Kapasitas baterai kecil.

Kesimpulan

Hp Xiaomi 6A memang jadi salah satu pilihan terbaik untuk hp di harga Rp 1 jutaan ke bawah. Desainnya simpel dan nyaman digenggam. Layarnya juga besar dengan resolusi layar tajam. Kemudian untuk kualitas kameranya cukup oke untuk penggunaan di siang hari atau outdoor. Sayangnya, hp ini belum dibekali sensor sidik jari dan kapasitas baterainya kecil. Beli hp Xiaomi murah lainnya di Bhinneka.

Leave a Reply