Bhinneka News

Instagram STOP Bullying melalui Fitur Baru

Saat ini penggunaan social media sangat mudah di akses, Anda dapat menjangkaunya melalui gadget atau perangkat PC melalui akses internet yang juga semakin mudah. Dengan beragam kemudahan akses tersebut, bullying secara online juga semakin banyak hadir di beragam social media. Bullying walau tidak berbentuk fisik tapi cukup menggangu dan secara online juga dinilai berbahaya dan menjadi tantangan tersendiri bagi beragam pihak untuk bisa mencegahnya.

Baru-baru ini, platfor social media Instagram mengumumkan komitmen untuk melawan bullying online pada platform miliknya dengan menghadirkan fitur baru. Salah satu fitur yang dihadirkan oleh pihak Instagram untuk menanggulangi bullying online dengan menggunakan AI untuk memperingatkan penggunanya saat melakukan posting komentar pada foto atau video yang mengandung kata-kata yang tidak pantas untuk ditulis. Lewat fitur ini, secara otomatis Instagram akan mendeteksi komentar tersebut sebelum pengguna bisa mempostingnya secara langsung, sehingga si pengguna bisa menghapus komentarnya sendiri sebelum sempat terposting untuk dilihat oleh banyak orang.

Fitur lainnya yang diluncurkan Instagram untuk mencegah bullying adalah fitur Restrict, fitur ini akan membatasi pengguna yang telah dilabeli dengan Restrict untuk tidak dapat melihat aktivitas keseluruhan di pengguna yang melabelinya. Dengan fitur ini, pengguna dapat melindungi dirinya sendiri dari berbagai interaksi yang tidak diinginkan, dan mencegah si pengguna yang dinilai kerap melakukan bullying tersebut untuk tidak bisa memposting komentar secara langsung dan harus melewati penyaringan terlebih dahulu.

Kedua fitur tersebut masih dalam tahap uji coba, dan tidak semua pengguna Instagram telah mendapatkannya saat ini. Tapi ke depannya, kedua fitur yang diyakini bisa mencegah kasus bullying online pada platform ini akan dapat digunakan secara umum oleh para penggunanya.

Leave a Reply