ipad mini generasi ke-6
Review Smartphone & Tablet

Harga iPad Mini (Gen 6) Terbaru 2022 dan Spesifikasi Lengkap

iPad Mini Gen 6 terbaru tampil dengan desain full layar seperti iPad Air dan iPad Pro. Ini membuat tampilan tablet unggulan Apple ini lebih segar. Ditambah lagi, ukuran minimalis cocok untuk Anda yang membutuhkan tablet yang bisa dibawa kemana saja. Berapa harga iPad Mini generasi ke-6 terbaru ?

ipad mini generasi ke-6

Harga iPad Mini Gen 6 Terbaru

Sama seperti iPad generasi sebelumnya, Apple menjual tablet dalam dua versi, yaitu WiFi Only dan WiFi + Cellular. Untuk harga iPad Mini WiFi + Cellular harganya lebih mahal karena bisa dihubungkan ke jaringan selular dan WiFi. Lalu untuk kapasitas penyimpanan yang dijual di Indonesia hanya ada dua, yaitu 64 GB dan 256 GB.

Harga iPad Mini Gen 6 WiFi Only dengan memori 64 GB dijual dengan harga Rp 9,499,000. Sedangkan untuk varian WiFi + Cellular dijual dengan Rp 12,499,000. Lalu untuk harga iPad Mini Generasi 6 versi WiFi dan Cellular dengan memori 256 GB dijual dengan harga Rp 12,499,000. Varian WiFi + Cellular dengan memori 256 GB dijual dengan harga Rp 15,499,000.

Spesifikasi iPad Mini Generasi 6

Berikut ini spesifikasi lengkap iPad Mini Generasi ke-6.

iPad Mini Generasi 6
Dimensi 195.4 x 134.8 x 6.3 mm
Berat 293 g (WiFi)/297g (WiFi + Cellular)
Chipset Apple Chip A15 Bionic
CPU Hexa-Core clock up to 2.93 GHz
GPU Apple GPU (5-core)
Kamera Depan 12MP F2.4 Ultrawide
Kamera Belakang 12MP F1.8 Wide
Layar Liquid Retina, 8.3 inci resolusi 2448 x 1488 piksel
Speaker Stereo (Landscape)
Nirkabel WiFi 6 802.11ax Dual Band, Bluetooth 5.0
Baterai Lithium Polymer 19.3 Wh hingga 10 jam
Port USB Type C support up to 20W

Desain dan Layar

iPad Mini Gen 6 kini hadir dengan desain layar baru yang penuh membentang dari sudut ke sudut. Layar yang lebih besar ini menyisakan sedikit bezel di setiap tepian. Jadi Anda bisa merasakan sensasi antarmuka yang lebih penuh untuk berekspresi.

harga ipad mini gen 6

Layar iPad Mini Gen 6 memiliki luas 8.3 inci dengan resolusi 2448 x 1488 piksel. Layarnya sudah dilengkapi True Tone, rentang warna luas P3, dan peredam pantulan cahaya. Kecerahan layar maksimal berada di 500 nits. Anda bisa gunakan Apple Pencil generasi kedua di layar iPad Mini terbaru ini. Di sisi kanan terdapat konektor magnetis untuk menaruh Apple Pencil.

iPad Mini terbaru punya dua speaker. Konfigurasi suara stereo diletakan di sisi atas dan bawah. Jadi saat dipakai dalam posisi lanskap, Anda bisa mendengarkan suara lebih jelas dan mantap. Kemudian di bagian atas juga terdapat sensor Touch ID untuk buka kunci layar dengan cepat dan mudah.

Kamera Depan dan Belakang

iPad Mini Gen 6 memiliki kamera depan 12MP jenis Ultrawide. Kamera depannya didukung mode Center Stage. Mode ini memungkinkan saat subjek berpindah tempat, kamera akan menggeser fokusnya secara otomatis agar subjek tetap ada di tengah frame. Jika ada subjek lain masuk ke dalam frame, tangkapan kamera akan diperluas secara otomatis.

kelebihan ipad mini gen 6

Kamera belakangnya punya resolusi 12MP. Bukaan (aperture) lebar bisa mengambil foto tajam dan jelas di malam hari. ISP baru di Chip A15 Bionic hadir dengan Smart HDR 3 agar bisa mengambil foto berkualitas tinggi. Ada juga fitur Flash True Tone untuk meningkatkan kualitas foto di cahaya rendah.

Performa dan Baterai

iPad Mini Generasi 6 ditenagai chipset Apple A15 Bionic. Chipset yang kencang cukup untuk mengerjakan tugas berat, mulai dari edit foto dengan Photoshop, membuat konten, hingga main game berat. Performa CPU 40% lebih cepat dengan Neural Engine yang 2 kali lebih cepat.

review ipad mini generasi 6

Chip A15 Bionic dengan grafis lebih cepat hingga 80%. Dengan begini, Anda bisa membuat lukisan lebih mulus, performa AR yang lancar, dan gaming mulus di resolusi tinggi. Di samping itu, daya tahan baterai lebih lama. Sekali charge, baterai iPad Mini bisa bertahan hingga 10 jam.

Menariknya, tablet iPad Mini terbaru ini sudah menggunakan USB Type C. Anda bisa hubungkan tablet ini ke banyak jenis perangkat untuk mendukung pekerjaan sehari-hari. Port USB Type C mendukung pengecasan cepat hingga 20W.

Kelebihan dan Kekurangan iPad Mini Gen 6

Kelebihan

  • Desain layar baru dengan bezel lebih kecil
  • Chipset A15 Bionic kencang untuk multitasking berat
  • Speaker sudah stereo
  • Kualitas foto malam hari cukup baik
  • Bisa rekam video 4K
  • Fitur Center Stage sangat membantu saat video conference
  • Sudah menggunakan port USB Type C
  • Support Apple Pencil generasi kedua, dan punya konektor magnet.

Kekurangan

  • Layar tidak mendukung refresh rate tinggi
  • Varian memori sedikit
  • Butuh adaptasi dengan iPadOS terbaru.

Kesimpulan

iPad Mini Gen 6 adalah versi terbaru dari iPad yang sangat ramah di tangan. Ukurannya kecil dan layarnya terasa lebih luas karena bezel lebih tipis. Kinerjanya juga sangat kencang berkat chip A15 Bionic. Tablet Apple terbaru ini juga sudah didukung USB Type C sehingga bisa dihubungkan ke banyak perangkat. Beli iPad Mini bergaransi resmi di Bhinneka.

Leave a Reply