Audio Dolby Hp
Review Smartphone & Tablet

Review iPhone 12 Mini: Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangannya

iPhone versi terbarunya datang dengan nama iPhone 12 namun memiliki banyak model, mulai dari iPhone 12 reguler, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, serta iPhone 12 Mini terbaru.  Semuanya memiliki spesifikasi juara yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Jika memiliki salah satu saja dari mereka, maka bisa dibilang bahwa Anda memiliki status sosial yang tinggi. iPhone dengan versi mini pastinya memiliki ukuran kecil dan compact, namun tetap memiliki keunggulan tersendiri.

iPhone 12 Mini

Mengenal Lebih Jauh iPhone 12 Mini Terbaru

Untuk membeli suatu produk, Anda harus mengenalnya terlebih dahulu. Hal tersebut akan membuat Anda semakin yakin bahwa produk iPhone 12 Mini ini sesuai dengan kebutuhan Anda. Adapun beberapa spesifikasi yang dimiliki oleh HP ini, yaitu:

Tanggal rilisNovember 2020
LayarMemiliki Super Retina XDR OLED
Ukuran Layar5,4 inci
ChipsetApple A14 Bionic terbaru (5 nm)
CPUHexa-core
RAMUkuran 4 GB
Penyimpanan internal64, 128, serta 256 GB
Kamera Belakang12 MP + 12 MP
Kamera Depan12 MP
BateraiLi-Ion 2.227 mAh

Untuk mengenal spesifikasinya lebih baik lagi, maka di sini akan dijelaskan bagaimana untuk kelebihan dan kekurangannya agar bisa membuat penilaian tersendiri apakah memang cocok untuk Anda.

Kelebihan dari iPhone 12 Mini

Tampilannya sangat mungil sehingga membuatnya lebih mudah dibawa, tak kalah dengan tampilannya karena performanya juga semakin unggul. Apa saja kelebihannya? Yuk, simak poin-poin di bawah ini:

1. Tampilan OLED Display

iPhone 12 Mini Layar OLED

Tampilan layar iPhone sudah tidak bisa diragukan lagi karena memang sangat memukau, karena memang visualisasi pertama yang dinilai oleh para pembeli HP adalah dari segi tampilannya. Pada tampilan layarnya, memiliki kecerahan tipikal 625 nits serta kecerahan maksimal 1.200 nits.

Selain memiliki Super Retina XDR OLED, juga memiliki sertifikasi HDR10+ sehingga performanya lebih tajam karena dinamisnya sangat luas. Memiliki ukuran layar selebar 5,4 inci yang memiliki resolusi Full HD Plus 1080 x 2340 pixel pada rasio 19,5:19.

2. Desain Compact iPhone 12 Mini

iPhone 12 Design

Ukuran yang kecil maka dapat menjadi kelebihan bagi Anda yaitu portabilitasnya sangat tinggi. Selain itu, saat digenggam tidak akan mudah jatuh karena tidak terlalu besar ukurannya.

Dimensi bodinya sangat ramping dan mudah dimasukkan ke dalam kantong dengan sangat nyaman. Untuk kisaran dimensinya yaitu 131.5 x 64,2 mm saja, sangat compact, bukan?

Selain itu, ketebalan yang dimiliki cukup tipis yaitu 7,4 mm dengan bobot yang lumayan ringan yaitu 135 gram. HP ini sangat nyaman digenggam sehingga tidak akan membuat pegal dan lelah saat memainkannya.

3. Bersertifikasi IP68

Hp Anti Air

Telah memiliki sertifikasi IP68 tertinggi sehingga memberikan Anda kenyamanan membawa tanpa ada khawatir. Meskipun Anda bawa ke kolam renang dan terkena air, maka tidak akan membuat perangkat gadget kesayangan Anda rusak.

Sayangnya, bukan berarti Anda bisa membawanya untuk berenang dan masuk ke dalam air karena hal tersebut hanya untuk keadaan darurat seperti HP terjatuh ke air.

Untuk sertifikat ini sendiri memiliki anti debu dengan maksimal serta tahan pada air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Jadi, sangat membantu saat ada permasalahan seperti yang terjadi di atas.

4. Fitur Magsafe

Fitur MagSafe

Salah satu fitur unggulan iPhone yang bahkan tidak dimiliki oleh Android adalah MagSafe yang cukup inovatif, sehingga meningkatkan kualitas hidup penggunanya. Dengan fitur ini, maka Anda bisa menempelkan sebuah aksesoris berupa MagSafe seperti dompet kulit pada punggung HP.

Biasanya dompet tersebut memiliki fungsi untuk menampung beberapa kartu digital seperti ATM. Tak hanya itu, karena fitur MagSafe ini bisa digunakan untuk melakukan charging secara nirkabel.

5. Dolby Audio Stereo Speaker

Audio Dolby Hp

Tanpa menggunakan headset maka kualitas suaranya tidak akan kalah bagusnya saat Anda menggunakan headset. Dibekali dengan dual stereo speaker dengan Dolby Audio, sehingga suaranya akan terdengar sangat jernih.

Stereo speaker yang dimiliki iPhone 12 mini ini cukup apresiatif meskipun tanpa menggunakan headset, Anda bisa mendengarkan suara dengan keras dan jelas bahkan sangat cocok untuk bermain game khususnya PUBG Mobile.

6. Videografi Kualitas Tinggi

Video Hp

Jika Anda menggunakan iPhone 12 mini ini untuk mengambil video, maka dapat dipastikan bahwa kualitasnya layak rekaman video dari sanga profesional pada industri perfilman. Teknologi perekamannya memiliki standar Dolby Vision kualitasnya 10 bit HDR.

Fitur ini sangat penting bagi para content creator karena mampu menghadirkan akurasi warna lebih banyak serta kontras pada hitam dan putihnya lebih lebar. Dolby Vision ini menggunakan metadata dinamis yang dapat memetakan gambar pada bingkai per bingkai yang sangat menarik.

Meskipun demikian, suatu produk tidak terlepas dari kekurangannya. Namun, meskipun begitu hal tersebut bisa Anda gunakan untuk menilai produknya agar tidak menyesal saat membelinya.

Kekurangan Apple iPhone 12 Mini

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, iPhone 12 Mini juga tidak luput dari kekurangan. Beberapa kekurangan yang dimiliki oleh keluaran iPhone 12 mini terbaru dan termurah dari iPhone 12 series ini, yaitu:

1. Tidak Memiliki Sensor Sidik Jari

Memang sangat penting memiliki sensor sidik jari di HP Anda karena membuatnya lebih nyaman serta aman untuk pembuka kunci layar tersebut. Meskipun begitu, fitur Face IDnya unggul pada kelasnya sehingga keterbatasan tersebut bisa ditutupi dengan fitur lainnya.

2. Tidak Terdapat Sensor LIDAR

Sensor LiDAR ini memang terdapat di iPhone 12 Pro, namun tidak dengan iPhone 12 Mini. Namun, fungsi ini tidak begitu dibutuhkan karena fungsinya hanya untuk sensor pengukur jarak dengan melakukan deteksi cahaya yang dipantulkannya.

Fungsi ini berfungsi untuk mempercantik fotografi sehingga jika Anda ingin menggunakan iPhone 12 mini untuk fotografi maka kurang cocok. Kemampuan AR pada HP ini memang lebih akurat hingga bisa mengukur jarak antara objek yang terdapat pada suatu ruangan.

3. Pembelian Tanpa Headset dan Charger

Sayangnya pembelian iPhone 12 series ini tidak dilengkapi dengan Charger dan Headset seperti pada series-series sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan bahwa pembeli iPhone 12 merupakan pemilik seri iPhone sebelumnya, sehingga bisa menggunakan charger lama.

Tak hanya itu, karena terdapat alasan lain, diasumsikan bahwa dengan mengurangi isi box pembelian maka boxnya akan lebih kecil. Dengan demikian, maka ponsel akan mudah untuk didistribusikan ke berbagai mancanegara sehingga mendukung lingkungan yang eco-friendly.

Jika dilihat dari kelebihan dan kekurangannya, maka tidak berbeda banyak dengan iPhone 11 namun Anda bisa merasakan videografi sekelas profesional. Untuk yang suka membuat content creator, maka sangat cocok menggunakan HP canggih yang satu ini.

Saat ingin menggunakan HP mini maka keluaran ini akan cocok untuk Anda bahkan keluaran versi ini akan membuat para pesaing ikut membuat produk terbaru dengan versi mini seperti iPhone 12 mini terbaru. Untuk itu maka Anda bisa mengunjungi cek daftar harga iPhone bhinneka.com.

Leave a Reply