Uncategorized

iPhone X Vs XS: Pebandingan Spek dan Fitur

Mempertimbangkan segala hal sebelum membeli barang menjadi tindakan lumrah bagi banyak orang. Terutama ketika ingin membeli iPhone. Produk Apple berupa smartphone yang saat ini sering mendapatkan perbandingan secara mendalam adalah iPhone X vs XS.

Alasan kenapa banyak pihak membandingkan kedua produk ini karena iPhone X maupun XS memang datang dengan penawaran yang hampir sama. Spesifikasi dibawah ini mungkin dapat memberikan gambaran sedikit tentang kemampuan keduannya:

iPhone X Vs XS

Tabel Spesifikasi iPhone X Vs XS

Fitur iPhone X iPhone XS
Chipset Apple A11 Bionic (10 nm) Apple A12 Bionic (7 nm)
CPU Hexa-core 2.39 GHz (2x Monsoon + 4x Mistral) Hexa-core (2×2.5 GHz Vortex + 4×1.6 GHz Tempest)
GPU Apple GPU (three-core graphics) Apple GPU (4-core graphics)
RAM 3GB 4GB
ROM 64GB

256GB

64GB

256GB

512GB

Layar dan Resolusi 5.8 inches, 84.4 cm2
1125 x 2436 pixels
19.5:9 ratio
5.8 inch
1125 x 2436 pixels
19.5:9 ratio
Kamera Belakang 12 MP (Camera wide)

12 MP (Camera telephoto)

12 MP (Camera wide)

12 MP (Camera telephoto)

Kamera Depan 7 MP, (Kamera standard) dengan Fitur SL 3D depth/biometrics sensor 7 MP (Kamera standard) Dengan Fitur SL 3D depth/biometrics sensor
Baterai Li-Ion 2716 mAh, non-removable (10.35 Wh) Li-Ion 2658 mAh, non-removable (10.13 Wh)
Dimensi 174 g 177 g
Berat 143.6 x 70.9 x 7.7 mm 143.6 x 70.9 x 7.7 mm
Warna Space Gray, Silver Space Gray, Silver, Gold

 

Setelah memperhatikan spesifikasi dari kedua produk ini, kini saatnya melihat perbandingan secara mendalam tentang manakah yang lebih layak atau lebih bagus diantara keduanya, berikut beberapa perbandingan antara iPhone X dan XS :

Perbandingan dari Penampilan Desain

Desain iPhone X XS

Untuk urusan desain, iPhone X maupun iPhone Xs memiliki penampilan yang sangat mirip, tanpa adanya tombol Home atau touchID serta lekukan kecil. Akan tetapi perbedaan akan mulai terlihat jelas saat melihat layar dari kedua nya.

Sementara kedua Smartphone ini punya panel AMOLED yang cukup bagus untuk mengatur pencahayaan pada hp. Meskipun tidak semua orang peduli dengan kecerahan, akan tetapi titik pembeda paling krusial antara iPhone X dan Xs ada di sisi kecerahan ini.

Perbandingan dari Kekuatan Daya Tahan

Daya Tahan iPhone

Dalam beberapa tes yang para pengguna lakukan iPhone Xs dapat bertahan selama 9 jam dan 41 menit. Sedangkan untuk iPhone x ditemukan berhasil bertahan selama 10 jam 49 menit sebelum benar benar mati.

Dari pengujian yang dilakukan para pengguna ini dapat terlihat bila keduanya tidak memiliki selisih kekuatan baterai yang cukup jauh. Ini artinya iPhone X maupun Xs memiliki kekuatan yang seimbang dari segi daya tahan.

Perbandingan dari Kinerja Prosesor

A11 Bionic Vs A12 Bionic

Untuk urusan prosesor iPhone Xs hadir dengan chipset Bionic Apple 12 dengan empat inti pergerakan, sedangkan iPhone X hadir dengan chipset bionic Apple 11 dengan tiga inti pergerakannya. Kedua smartphone ini memiliki kinerja yang cukup bagus dalam menjalankan segala aktivitas komputasi.

Untuk melakukan berbagai kegiatan seperti bermain game atau menonton video HD, kedua prosesor ini sudah berjalan dengan sangat baik. Akan tetapi chipset bionic Apple 12 kabarnya memiliki peningkatan kecerdasan dalam memproses dan meningkatkan kualitas sebuah gambar.

Perbandingan dari Kinerja Kamera

Perbandingan Kamera iPhone X Xs

Untuk urusan kinerja kamera kedua smartphone ini punya komposisi pemasangan kamera yang cukup serupa yaitu, 2 kamera belakang dan 1 kamera depan. Kamera belakang masing masing punya kekuatan potret sebesar 12 MP. Sedangkan kamera selfie sekitar 7MP.

Untuk komposisi memang tidak terlalu berbeda antara iPhone X dan Xs, akan tetapi perbedaan mulai terlihat saat memperhatikan hasil pemotretan. iPhone Xs memiliki hasil gambar yang lebih baik dan cukup tajam.

iPhone xs berkat hadirnya Bionic Apple 12 membuatnya dalam melakukan pemrosesan gambar yang jauh lebih baik. Apalagi iPhone Xs telah melengkapi dirinya dengan fitur Smart HDR. Sedangkan iPhone x meski punya komposisi kamera yang sama namun belum dilengkapi fitur ini.

Demikian informasi mengenai iPhone X vs Xs yang sekarang cukup banyak orang membicarakannya. iPhone merupakan produk Apple berbentuk smartphone yang sangat populer. Mempertimbangkan dua produk yang hampir mirip sebelum membeli merupakan langkah terbaik. Silakan kunjungi halaman Daftar iPhone terbaru untuk cek harga dan seri terkini.

Leave a Reply