Review Produk Smartphone & Tablet

iPhone XR VS iPhone XS: Review Spesifikasi dan Fitur Unggulannya

iPhone XR VS iPhone XS, apakah keduannya memiliki perbedaan yang signifikan atau tiadak ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita harus memperhatikan spek dan performa kedua produk tersebut secara detail. Apple dengan produk iPhone nya memang sangat fenomena sehingga tidak sedikit para pemburu iPhone yang harus berpikir matang matang sebelum membelinnya.

Produk apple iPhone XR dan XS memang sering kali dibicarakan tenang siapa yang lebih baik diantara mereka. Ini dia spesifikasi umumnnya.

iPhone XR VS iPhone XS

Tabel Spesifikasi iPhone XR VS iPhone XS

Fitur iPhone XR iPhone XS
Chipset Apple A12 Bionic (7 nm) Apple A12 Bionic (7 nm)
CPU Hexa-core (2×2.5 GHz Vortex + 4×1.6 GHz Tempest) Hexa-core (2×2.5 GHz Vortex + 4×1.6 GHz Tempest)
GPU Apple GPU (4-core graphics) Apple GPU (4-core graphics)
RAM 3GB RAM 4GB RAM
ROM 64GB

128GB

256GB

64GB

256GB

512GB

Layar 6.1 inches, 90.3 cm2 5.8 inches, 84.4 cm2
Kamera Belakang 12 MP (wide) 12 MP (wide

12 MP (telephoto) OIS, 2x optical zoom

Kamera Depan 7 MP (standard) 7 MP (standard)
Baterai Li-Ion 2942 mAh, non-removable (11.16 Wh) Li-Ion 2658 mAh, non-removable (10.13 Wh)
Dimensi 150.9 x 75.7 x 8.3 mm (5.94 x 2.98 x 0.33 in) 143.6 x 70.9 x 7.7 mm (5.65 x 2.79 x 0.30 in)
Berat 194 g (6.84 oz) 177 g (6.24 oz)
Warna Red, Yellow, Blue, Black,  Coral, White Gold, Silver, Space Gray

Agar anda tidak ragu produk mana yang akan anda beli diantara keduannya berikut beberapa perbandingannya kedua produk tersebut yang mungkin bisa menjadi refrensi anda sebelum membeli salah satu dari 2 produk menakjubkan itu :

Perbandingan Dari Sisi Daya Tahan Baterai

Untuk masalah daya tahan iPhone XR dan XS dibekali kekuatan baterai yang memadai. iPhone XR diklaim mampu bertahan selama 15 jam full penggunaan internet untuk browsing berbabgai macam hal. Dengan kekuatan baterai sebesar 2942 mAh kebutuhan kebutuhan kita saat menggunakan smartphone ini dalam sehari hari sudah dapat dipenuhi dengan baik.

Sedangkan iPhone XS dengan kekuatan baterai sebesar 2658 mAh dapat bertahan hingga 12 jam penggunaannya. Meskipun tidak selama iPhone XR, kapasitas ini dinilai sudah cukup mempuni untuk menuntaskan segala kebutuhan kita dalam menggunakan segala pekerjaan dengan smartphone ini.

iPhone XR VS iPhone XS Dari Sisi Performa

Prosessor A12 Bionic

Dari segi performa prosessor kedua produk Apple ini menghadirkan prosessor yang sangat kuat yakni prossesor A12 Bionic. Kesamaan ini membuat performa kedua produk ini sama cepatnnya hanya bedannya tedapat di frame rate.

Karena XR mempunyai resolusi layar lebih rendah dari XS, frame rate yang dihasilkan XR lebih mulus dibandingkan XS. Akan Tetapi penggunaan aplikasi dieksekusi sama cepatnnya. Terdapat juga sedikit perbedaan pada ram dimana prosessor XS memiliki 4 GB Ram sedangkan XR hanya 3 GB Ram sehingga aplikasi dan game berat XS masih lebih baik dalam prosses renderingnnya.

Perbandingan Dari Sisi Kamera

Perbandingan iphone Dari Sisi Kamera

Untuk kamera depan kedua produk ini memilki kemampuan yakni dipasang kamera berkekuatan 7 MP, f/2.2, 32mm (standard). Perbedaan terdapat pada kemera belakang. Kemera utama XS dipasang lensa 12 MP dengan lensa full-freme 28mm, membuatnnya menangkap sudut pandang yang lebih sempit. Sedangkan untuk kemera utama iPhone XR sevesar 12 megapiksel f/1.8 yang dapat dengan baik merekam video 4K pada 60 frame per detik.

Perbedaan performa kamera antara XS dan XR adalah dimana XS menggunakan kamera 2x untuk mengambil sebuah potret, sehingga gambar yang dihasilkan terbingkai lebih rapat. Sedangkan XR dibekali perangkat lunak otomatis untuk mengaburkan potongan rambut yang berada di belakang potongan rambut lainnya, jadi saat Anda memperbesar, siluetnya tidak terlalu terlihat. Namun ponsel ini tetap dapat menghasilkan gambar yang cukup indah.

Perbandingan Dari Sisi Dukungan Perangkat Lunak

iPhone XR maupun XS di pasangkan system operasi apple paling baru yakni iOS 12. System operasi apple terbaru ini menawarkan banyak sekali fitur tertuama fitur kontrol konten yang berguna dan pemantauan waktu layar untuk orang tua dan untuk mencegah penggunaan perangkat yang berlebihan; secara umum, kinerja lebih cepat os iOS12 dalam 2 produk ini sangat baik.

Demikian pembahasan tentang iPhone XR VS iPhone XS beserta spesifikasi dan fitur-fitur unggulannya. Untuk cek seri lainnya, silakan kunjungi halaman APPLE iPhone Bhinneka.

Leave a Reply