Uncategorized

Mengenal Jenis-Jenis Jaringan Komputer (Definisi dan Karakteristik)

Jaringan komputer merupakan media yang bisa menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer untuk berbagi sumber data. Jaringan komputer saat ini orang gunakan untuk mentransmisikan data lewat saluran berbasis internet. Dalam kehidupan modern alat ini sangat penting kehadirannya dan terus berkemabang, tidak heran bila muncul berbagai jenis-jenis jaringan komputer.

Jaringan komputer sekarang memiliki perang penting untuk menunjang kehidupan masyarakat modern. Kebutuhan akan pekerjaan cepat menuntut efektifitas dalam penggunaan sebuah jaringan. Untuk lebih memahami hal ini, berikut beberapa jenis jenis jaringan komputer :

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

LAN atau Local Area Network

Tipe jaringan komputer LAN merupakan salah satu jenis yang mungkin sering Anda temukan. Tipe satu ini kerap kali orang gunakan di beberapa tempat umum seperti kantor maupun sekolah. Akan tetapi terdapat beberapa rumah pribadi menggunakan jenis jaringan ini juga.

LAN bisa ditransformasi menjadi WLAN atau Wireless local area network. Ini bisa terjadi bila Anda di dalam sebuah rumah atau sekolah memperoleh jaringan secara nirkabel seperti Wi-Fi, maka proses transmisi data sudah lewat teknologi nirkabel.

PAN atau Personal Area Network

Jenis jaringan PAN atau personal area network merupakan jenis yang kerap kali orang gunakan di sebuah perkantoran atau rumah pribadi. Jangkauan dari jaringan ini umumnya bersifat lebih eksklusif dan hanya untuk keperluan standar.

Jenis jaringan PAN sangat efektif untuk beberapa Gedung perkantoran karena pihak yang bisa mengakses terbatas. Misalnya khusus untuk para karyawan di dalam kantor saja. Hal ini membuat penggunaannya hanya untuk aktivitas standar saja.

MAN atau Metropolitan Area Network

Man memiliki radiasi jangkauan jaringan komputer yang lebih luas dari pada PAN maupun LAN. Kebanyakan orang menggunakan jenis ini untuk menghubungkan komputer satu dan lainnya dalam skala kota.

Misalnya Anda tinggal di kota Jakarta atau Surabaya, MAN bisa menghubungkan semua komputer dalam satu jaringan sehingga semuanya saling berhubungan dan bisa melakukan aktivitas seperti sharing data dan lainnya.

CAN atau Campus Area Network

Untuk jenis jaringan CAN, sesuai dengan namanya hanya menghubungkan perangkat komputasi untuk area kampus atau Universitas saja. Jaringan ini mampu membuat semua perangkat komputasi terhubung di area kampus seperti komputer di perpustakaan dan laboratorium.

Kebanyak penerapannya untuk membahagiakan informasi secara eksklusif antara Gedung satu dan lainnya yang masih dalam jangkauan kampus. Jaringan jenis ini sangat efektif pembagian data untuk area kampus.

VPN atau Virtual Private Network

Selanjutnya adalah Virtual Private Network di mana jaringan jenis ini menawarkan system bersifat pribadi. Penggunaannya biasanya untuk seseorang yang ingin mengakses sebuah website dengan jalur atau jaringan pribadi.

Umumnya, VPN bersifat sebagai alat yang orang gunakan untuk melindungi situs tersebut dari konten yang berbau hal sensitive. Dengan menggunakan VPN pengguna bisa menyamarkan keberadaaan website tersebut dari Internet.

WAN atau Wide Area Network

WAN merupakan pengembangan teknologi super canggih yang bisa menghubungkan perangkat komputasi dengan jangkauan sangat luas. Misalnya antar kota satu dan lainnya. Jadi komputer yang ada di kota A bisa terhubung dengan computer di kota B.

Jaringan tipe ini menawarkan cukup banyak manfaat untuk beberapa pihak,contohnya saja bagi para pelaku bisnis yang ingin melakukan transaksi namun terhambat jarak. Memanfaatkan teknologi WAN bisa jadi solusinya.

Internet

Interconnected Network merupakan teknologi paling canggih dari berbagai jenis jaringan komputer. Ini merupakan sebuah platform komunikasi secara global. Kemampuannya bisa menghubungkan satu komputer ke komputer lain tanpa terbatas jarak.

Tentu saja terdapat banyak sekali manfaat yang bisa orang peroleh dari kehadiran jaringan satu ini. Semua pengguna perangkat komputasi asalkan ada frekuensi dan transmisi sinyal bisa saling terhubung satu sama lain.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer dari Sisi Transmisi

Perkembangan jaringan komputer memang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir, jadi tidak heran terdapat beberapa inovasi di dunia ini. Sekarang jaringan komputer jika Anda lihat dari sisi transmisi terbagi menjadi dua yaitu :

1. Wireless Network

Jenis transmisi jaringan satu ini tidak mengandalkan kabel lagi sebagai media pengiriman data. Melainkan menggunakan gelombang elektromagnetik. Sehingga transmisi data bisa sampai ke perangkat satu dan lainya tanpa harus menggunakan kabel sekali pun.

2. Wired Network

Wired network merupakan jenis transmisi jaringan komputer yang membutuhkan media seperti kabel untuk mengirimkan transmisi data antara satu perangkat ke lainnya. Sehingga bila ingin menghubungkan antara komputer harus menggunakan kabel.

Demikian pembahasan tentang jenis-jenis jaringan komputer. Silakan kunjungi halaman Perlengkapan Networking di Bhinneka untuk memenuhi kebutuhan jaringan anda.

Leave a Reply