Medium Format Camera
Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

7 Jenis-Jenis Kamera Berdasarkan Karakteristik dan Pemakaiannya

Sekarang terdapat banyak sekali jenis-jenis kamera yang memilki fungsi berbeda. Di era modern ini terdapat sejumlah jenis kamera berbeda yang dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh para profesional dan amatir. Mereka hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran dan berguna untuk berbagai jenis fotografi. Oleh karenannya mengingat hal itu, dalam tulisan ini kita akan membahas jenis-jenis kamera yang tersebar di pasaran saat ini .

1. Kamera DSLR

CANON EOS 6D Mark II Jenis-jenis Kamera DSLR

Kamera refleks digital , atau juga disebut DSRL (Digital Single Lens Reflex) mendapatkan namanya karena dua karakteristik mendasar. Yang pertama Jendela Bidik Refleks, Yang berarti bahwa ketika kita melihat melalui jendela bidik, kita melihat, tanpa penundaan jenis apa pun dalam pemandangan . Ini dihasilkan berkat cermin yang ditempatkan pada 45º dan pentaprisma yang mengalirkan dan membalikkan gambar sehingga kita dapat melihatnya dengan benar melalui jendela bidikan kita.

Karakter kedua adalah karena Sensor gambar. Perlu anda ketahui Materi fotosensitif, yang merupakan negatif pada kamera analog, diubah menjadi sensor digital yang terdiri dari piksel dalam kamera digital. Biasanya sensor-sensor ini bertipe CCD (Charged-Coupled Device) atau CMOS (Complementary Metal-Oxide Semiconductor) dan merekalah yang bertugas mempertahankan gambar .

2. Kamera Mirrorless

FUJIFILM Mirrorless Digital Camera X-T200

Definisi kamera mirrorless dapat diringkas menjadi kamera yang tidak memiliki Reflex Mirror. Tanpa cermin refleks, cahaya dapat langsung melewati lensa dan menuju sensor digital yang ada. Layar bertugas meninjau objek yang hendak anda potret.

Fitur ini cukup berguna untuk fotografer yang ingin menghindari ” chimping “. Singkatnya, chimping merupakan kegiatan fotografer yang sering melihat kamera berulang ulang. Kembali pada hari-hari pertama kali diperkenalkan ke publik, kamera mirrorless tidak dianggap sebagai kamera lensa yang dapat dipertukarkan. Namun zaman telah berubah, ada banyak modifikasi dan penyempurnaan untuk jenis kamera ini sehingga peminatnnya bertambah.

3. Kamera Analog / Film

Kamera Analog Film

Kamera film atau kamera analog memang terlihat sedikit kuno akan tetapi masih exist di zaman sekarang ini. Setelah dianggap mati, kamera film telah bangkit kembali dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar didukung oleh Instagram, karena semakin banyak fotografer menemukan kesenangan adiktif dari pemotretan analog, sensasi alkimia yang tidak dapat direalisasikan dengan format megapixel. Karena kamera ini kuno, ada banyak aksesori dan lensa yang tersedia untuk kamera jenis ini saat ini.

4. Kamera Action

Digital Camera

Kamera Action adalah kamera digital yang memenuhi fungsi mengambil gambar atau merekam video saat orang yang menjalankannya melakukan aktivitas dengan kecepatan tinggi. Bisa dikatakan juga sebagai kamera portable. Berukuruan kecil yang didesain agar bisa dipasang pada suatu tempat sehingga dapat memudahkan penggunaannya dalam menangkap segala aktifitas objek. Mereka biasanya menggunakan sensor gambar CMOS .

5. Kamera 360 Derajat

360 Degree camera

Kamera 360, atau kamera 360 derajat, membuka kemungkinan dunia baru dalam pandangan fotografi dan video, memungkinkan Anda menangkap pemandangan, lanskap, dan rangkaian aksi dengan cara yang benar benar unik.  Kamera 360 bekerja dengan menggunakan beberapa modul kamera untuk menangkap rekaman yang kemudian dapat dimodifikasi secara digital menjadi video secara penuh.

6. Kamera Underwater

Kamera Underwater

Kamera Underwater biasannya digunakan untuk menangkap momen atau panorama dalam air. Ini dapat digunakan untuk pemotretan seperti berenang, snorkeling, atau dengan kendaraan bawah air yang dioperasikan secara remote.

Banyak kamera jenis ini dijalankan secara otomatis atau jarak jauh. Dan dengan kemajuan teknologi, smartphone seperti iPhone 11 dan Samsung Galaxy Note 10 telah dirancang dengan casing submersible, sehingga memungkinkan bahkan orang biasa untuk mengambil gambar di bawah air. Ada kamera khusus yang dirancang untuk digunakan di bawah air yaitu underwater kamera ini.

7. Kamera Medium Format

Medium Format Camera

Kamera medium format adalah kamera apa pun dengan sensor atau lebar jendela film sekitar 55mm dan kamera yang berbeda memiliki panjang yang berbeda yang digunakan untuk setiap gambar. Ukuran film yang umum digunakan disebut 120 film dengan fasilitas sebuah gulungan. Kamera jenis ini memberikan gambar dengan kualitas terbaik dari deretan jenis kamera lainnya. Ini menjadikan kamera medium format sebagai pilihan paling populer bagi fotografer professional untuk menghasilkan produk berkualitas.

Demikian pembahasan tentang jenis-jenis kamera berdasarkan karakteristik dan pemakaiannya. Bagi anda yang ingin membeli kamera, silakan kunjungi halaman Kamera Bhinneka untuk cek info terbaru seputar harga dan spesifikasinya.

2 Comments

Leave a Reply