PC & Laptop

Mengenal Jenis-Jenis Komputer: 7 Tipe Komputer

Komputer merupakan sebuah perangkat elektronik dengan peran yang sangat besar saat ini. Hampir semua pekerjaan sekarang bergantung pada alat ini. Sejauh ini telah banyak jenis-jenis komputer bermunculan karena inovasinya memang terus berlanjut. Bagi Anda yang berniat menjalankan usaha komputer, anda harus mengetahui varian jenis pada komputer agar tidak bingung.

Jenis-Jenis Komputer yang Ada Saat Ini

Komputer merupakan perangkat yang sangat komplek. Dengan benda ini orang bisa mengerjakan berbagai hal secara efektif dan efisien. Kehadirannya sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan modern. Sejauh ini terciptalah beberapa jenis komputer untuk menunjang kebutuhan manusia. Berikut adalah macam macam komputer :

1. PC atau Personal Computer

Jenis Jenis Komputer Personal Computer

Personal computer merupakan sebuah komputer yang penggunaannya secara pribadi. Komputer jenis ini biasanya ada di rumah rumah pribadi, toko, kantor, dan lainya yang bersifat pribadi. Secara eksplisit, komputer ini hadir untuk memenuhi kebutuhan perorangan saja.

Fungsi utama dari komputer ini adalah melakukan pengelolaan data input output sederhana sesuai kebutuhan penggunaannya. Kebanyakan orang gunakan juga sebagai mesin kasir di sebuah toko. Penggunannya bisanya hanya satu orang saja ketika mengoperasikannya.

2. Komputer Server

Komputer Server

Komputer server merupakan jenis yang orang rancang secara khusus agar bisa memberikan layanan pada perangkat lain lewat jaringan internet. Secara eksplisit, komputer server ini mempunyai prosesor sangat kuat, dan dapat menampung daya besar mulai dari RAM, Hardisk Sampai dengan perangkat lainnya.

Fungsi utama dari komputer server adalah mengatur jalannya hak akses level di dalam sebuah jaringan. Perangkat komputer lain yang bersifat client bisa mengaksesnya bila pengiriman data terbuka. Umumnya orang gunakan untuk pembagian data berbasis internet atau untuk wadah berkumpulnya player game online.

3. Komputer Desktop

Komputer Desktop

Komputer desktop merupakan perangkat komputer yang dirancang khusus untuk kebutuhan rumah dan kantor saja. Komputer tipe ini umumnya memang orang gunakan untuk kebutuhan seputar pekerjaan dan pengelolaan berbagai data rumahan serta kantoran.

Komputer desktop umumnya tersedia secara paket dimana terdapat CPU, Monitor, keyboard secara terpisah dengan ukuran yang umumnya besar. Komputer ini sangat cocok untuk penggunaan pribadi baik di dalam rumah atau kantor.

4. Komputer Laptop

Komputer Laptop

Laptop merupakan evolusi dari jenis komputer desktop di mana semua ukurannya menjadi lebih kecil mulai dari keyboard, cpu, dan juga monitornya. Menariknya lagi laptop merangkum semuanya menjadi satu perangkat saja sehingga orang mudah membawanya.

Sejauh ini laptop hadir dengan berbagai macam konfigurasi mulai dari yang rendah sampai tinggi. Ini terlihat dari spesifikasinya dalam menggunakan RAM, ROM, dan harddisk. Pengguna bisa memilih Laptop sesuai kebutuhannya.

5. Jenis Komputer Hybrid

Komputer Hybrid

Mungkin beberapa orang masih asing dengan komputer hybrid. Ini merupakan sebuah tipe komputer yang mendapatkan rancangan khusus dari pembuatnya sehingga bekerja secara kuantitatif atau kualitatif. Komputer ini sering orang gunakan untuk menggerakan robot atau mesin.

Umumnya bisa Anda temukan di pabrik pabrik yang mengerjakan sebuah produksi barang menggunakan bantuan mesin. Biasanya mesin mesin ini terdapat komputer hybrid di dalam nya dimana telah programmer buat kinerjanya secara khusus.

6. Supercomputer

HPE Supercomputer

Supercomputer merupakan jenis perangkat komputer yang berdasarkan ukuran dan kapasitasnya sangat besar. Jenis ini umumnya orang peruntukan untuk pengerjaan dan pengolahan data raksasa atau big data. Tidak hanya itu, komputer ini punya kemampuan triliunan instruksi dan perintah di dalamnya.

Bahkan perintah dan instruksi ini dapat berjalan hanya dalam hitungan detik saja atau FLOPS Floating Point Per Second. Biasanya penggunanya bisa Anda lihat pada perusahaan besar seperti Google ataupun NASA dalam mengelola big datanya.

7. Komputer Mainframe

Komputer Mainframe

Jenis mainframe komputer merupakan sebuah komputer besar yang orang gunakan untuk memproses data dan juga aplikasi dengan kapasitas luar biasa. Biasanya jenis komputer ini sering ada di dalam proses pengerjaan organisasi dan perusahaan besar dalam mengelola berbagai data.

Aktivitas yang umumnya mainframe komputer tangai adalah pengelolaan data perusahaan dan organisasi berupa riset penelitian, sensus, militer, sampai dengan transaksi finansial. Umumnya instansi pemerintah dan juga bank menggunakan mainframe komputer dalam menampung data ini.

Demikian pembahasan jenis-jenis komputer dan karakteristiknya. Jika anda ingin cek harga dan spek terbaru komputer, silakan kunjungi daftar komputer terbaru di Bhinneka.

Leave a Reply