Uncategorized

Jenis-Jenis Tenaga Kerja: Berdasarkan Kualitas & Pekerjaannya

Mungkin Anda sudah sering mendengar isitilah tenaga kerja dalam kehidupan sehari hari namun belum tahu arti sebenarnnya. Tenaga kerja sendiri merupakan elemen penting dalam pembangunan ekonomi sebuah negara. Sekarang ada berbagai Jenis-Jenis Tenaga Kerja yang bisa seseorang temua di kehidupan sehari hari.

Jenis-jenis tenaga kerja

Definisi Tenaga Kerja

Sebelum mengetahui berbagai jenis dari tenaga kerja, harus tahu dulu definisinnya. Berdasarkan undang undang nomor 13 tahun 2003 Ketenangakerjaan, Tenaga kerja memiliki merupakan seorang individu yang melakukan pekerjaan untuk menghasilkan jasa ataupun barang.

Tenaga kerja juga memiliki tujuan yaitu memenuhi kebutuhannya secara mandiri maupun untuk masyarakat. Seseorang bisa masuk ke dalam kategori seorang tenaga kerja jika sudah berusian antara 15 tahun sampai dengan 64 tahun.

Sebagai negara Republic Indonesia, semua aktivitas tenaga kerja sudah ada aturannya secara lengkap dalam undang undang ketenagakerjaan. Semua hal mulai dari hak dan kewajiban seorang tenaga kerja tercantum dalam undang undang.

Jenis-Jenis Tenaga Kerja Berdasarkan Kualitasnya

Jenis tenaga kerja dapat Anda lihat dari berbagai aspek. Beradasarkan kualitasnnya jenis tenaga kerja terbagi dalam tiga bentuk yaitu terdidik, tidak terdidik, hingga terlatih. Setiap jenis punya hak dan kewajibannya masing masing, berikut penjelasannya :

1. Tenaga Kerja Terdidik

Dari namannya mungkin Anda sudah tahu jika tenaga kerja terdidik adalah seseorang yang memiliki pengetahuan ataupun ahli dalam bidang tertentu. Pengetahun ini biasannya seseorang dapatkan dari jalur pendidikan formal lewat pergururuuan tinggi.

Misalnya tenaga kerja ahli kelistrikan yang bekerja sebagai tukang listrik. Tenaga kerja tersebut mendapatkan pengetahuan dan keahlian di bidang tersebut lewat sekolah formal dengan jurusuan elektro dan sejenisnnya.

2. Tenaga Kerja Terlatih

Kategori tenaga kerja terlatih biasannya menggunakan keterampilan dan kemampuan khususnya untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Biasannya, tenaga kerja jenis ini tidak terikat atau terkait riyawayat pendidik tinggi, akan tetapi kemampuan dan pengalamannya luar biasa pada suatu bidang.

Tenaga kerja terlatih mendapatkan keterampilan dan kemampuannya dalam bekerja melalui pelatihan khusus seperti khursus atau pembelajaran mandiri lewat pengalaman. Misalnya seperti seorang seniman baik dalam bidang akting ataupun bernyanyi.

3. Tenaga Kerja Tidak Terdidik

Sesuai dengan namannya kategori tenaga kerja tidak terdidik adalah lawan dari terdidik. Seseorang yang bekerja tanpa memiliki rekam jejak pendidikan tinggi biasannya masuk kategori ini. Kebanyakan lulusan SD dan SMP masuk dalam tenaga kerja tidak terdidik.

Beberapa contoh mungkin bisa Anda temukan di kehidupan sehari hari seperti pelayan cafe atau seorang bartander. Kedua profesi ini biasannya memang pemuda dan pemudi yang mengisinnya dengan rekam jejak lulusan SD sampai SMA, serta ada juga sambil kuliah.

Jenis-Jenis Tenaga Kerja Berdasarkan Jenis Pekerjaannya

Selanjutnnya tenaga kerja dapat Anda lihat lagi jenisnnya dari sudut pandang pekerjaannya. Dalam kehidupan sehari hari setiap orang punya tugas berbeda beda, ada yang bekerja di pabrik, lapangan, bahkan kantor. Untuk lebih mengenalnnya berikut penjelasannya :

1. Tenaga Kerja Lapangan

Tenaga kerja lapangan merupakan seorang individu yang bekerja dan langsung terjun ke lapangan. Biasannya tenaga kerja jenis ini akan berhubungan langsung dengan kostumer. Mungkin bisa Anda lihat dari aktivitas sales saat memasarkan barangnya.

Ada juga contoh lain seperti di perusahaan batubara. Para perka lapangan biasannya akan langsung terjun ke area pengecoran batubara tersebut. Tugasnnya berbeda beda ada yang mengobservasi dan ada juga pekerja bertugas mengecor batu bara serta mengakutnnya.

2. Tenaga Kerja Pabrik

Tenaga kerja pabrik merupakan seseorang yang menghabiskan pekerjaannya untuk memproduksi sebuah barang di sebuah pabrik. Biasannya, tenaga kerja jenis ini akan sering Anda temukan di wilayah wilayah industri seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, sampai dengan Batam.

Wilayah tersebut banyak sekali pabrik pabrik besar sehingga tenaga kerja jenis ini akan sering Anda temukan. Jam kerja dari jenis tenaga kerja ini biasannya sudah terjadwal sehingga para pekerjanya akan melakukan pekerjaan sesuai dengan aturan pabrik produksi tersebut.

3. Tenaga Kerja Kantor

Jenis Tenaga kerja kantor mungkin yang paling sering Anda lihat. Kategori ini adalah seseorang yang bekerja di dalam sebuah kantor, perusahaan ataupun instansi. Tentu saja sekarang banyak jenis kantor yang bisa ditemukan.

Untuk bisa menjadi pekerja kantoran, biasanya seseorang harus memiliki keahlian dan juga kemampuan tertentu. Setiap kantor akan mencari tenaga kerjannya dengan melihat kemampuan, pengalaman, dan rekam jejak pendidikannya sesuai kebutuhan instansi dan perusahaan tersebut.

1 Comment

Leave a Reply