Tips & Tutorial

Mengenal 5 Jenis Laporan Keuangan dan Perbedaannya

Laporan Keuangan adalah sebuah representasi dari kinerja dan keadaan keuangan baik dalam perusahaan atau maupun sebuah instansi. Tentunya laporan keuangan ini sudah tidak asing bagi para pekerja kantoran atau pegawai instansi. Akan tetapi tahu kamu terdapat beberapa jenis laporan keuangan saat ini.

Definisi dari Laporan Keuangan

Untuk yang belum mengerti, laporan keuangan adalah sebuah catatan atau tulisan hasil dari transaksi dalam berbisnis. Umumnya seseorang buat dalam periode tertentu menyesuaikan tingkat kebutuhan dan juga peraturan dalam sebuah perusahan atau instansi tersebut.

Pada dasarnya, laporan keuangan akan berisikan sebuah neraca, laporan perubahan posisi uang, laba rugi, catatan dan materi penjelasan kenapa alur ini bisa terjadi. Setiap pelaku usaha setidaknya harus membuat sebuah laporan keuangan untuk menggambarkan jalannya aktivitas bisnis tersebut.

Fungsi laporan keuangan sendiri adalah sebagai sebuah informasi atau data yang perusahaan atau instansi tertentu gunakan untuk mengevaluasi atau meningkatkan aktivitas bisnis. Memahami arus kas dalam kegiatan bisnis memang menjadi kunci untuk meraih kesuksesaan.

Jenis Laporan Keuangan

5 Jenis Laporan Keuangan

Merujuk pada SAK atau Standar Akuntansi Keuangan, laporan keuangan terbagi dalam 5 jenis yaitu laporan laba rugi, perubahan modal, arus kas, neraca, dan CALK. Berikut penjelasan lebih lanjutnya :

1. Laporan Laba Rugi

Jenis laporan laba rugi biasanya berisikan sebuah perhitungan mengenai keuntungan serta kerugian dari perusahaan atau instansi tertentu. Laporan keuangan ini umumnya akan memberikan penjelasan keuangan selama periode tertentu yang jadi bahan evaluasi bersama. Terdapat 2 model yang perlu Anda perhatikan dalam laporan Laba rugi

Pertama ada Single Model yang menginformasikan perhitungan secara sederhana dengan menyoroti satu kategori pendapatan dan pengeluaran. Kemudian ada multiple step model yang lebih rinci dalam menguraikan informasi mengenai pendapatan dan pengeluaran sebuah perusahaan atau instansi.

2. Laporan Perubahan Modal

Laporan jenis ini biasanya orang buat setiap periode perubahan penurunan dan kenaikan kekayaan bersih. Secara eksplisit, laporan perubahan modal menjadi sebuah patokan atau acuan untuk melihat perkembangan sebuah perusahaan apakah ke arah yang lebih baik atau tidak.

Premisnya adalah modal berkurang saat usaha mengalami kerugian dan mengalami peningkatan ketika menghasilkan keuntungan. Laporan perubahan modal umumnya memerlukan banyak aspek dalam penulisannya seperti data dalam bentuk pribadi, modal awal, sampai pendapatan.

3. Jenis Laporan Arus Kas

Laporan arus kas merupakan jenis yang membuat seseorang bisa memahami lebih dalam pergerakan uang di sebuah perusahaan atau instansi. Tidak hanya itu laporan arus kas juga bisa menjadi indikator prediksi kas selanjutnya. Terdapat 3 laporan keuangan arus kas sejauh ini sebagai berikut :

  • Operasional

    Laporan arus kas operasional adalah jenis yang akan memberikan informasi terkait pengeluaran operasional dalam perusahaan beraktivitas. Biasanya laporan ini akan memperlihatkan penjualan produk atau jasa, gaji karyawan, pendapatan, bunga dan pembayaran sewa jika ada.

  • Pembiayaan

    Selanjutnya ada laporan keuangan arus kas pembiayaan yang memberikan informasi terkait penambahan modal pada perusahaan. Laporan ini juga akan memperlihatkan perhitungan penambahan nilai khas dari ekuitas pemilik atau owner dalam jangka panjang.

  • Investasi

    Laporan keuangan arus kas investasi sesuai nama nya akan memperlihatkan data yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan aktiva tetap. Contohnya, penjualan dan pembelian aset aset tidak lancar seperti peralatan, properti, sampai dengan aset keuangan lainnya.

4. Laporan Keuangan Neraca

Jenis laporan keuangan Neraca akan membantu seseorang dalam mengetahui posisi dan informasi keunangan saat ini. Alasan kenapa laporan ini orang sebut neraca karena dapat memuat laporan secara detail mengenai permodalan, pasiva perusahan, dan aktivanya. Berikan penjelasan lebih detailnya :

  • Aktiva

    Aktiva dalam laporan keuangan neraca merupakan sumber dana perusahan yang memiliki nilai ekonomi secara jelas dan terdaftar dalam naungan hukum. Aktiva terbagi dalam dua kategori yaitu jangka pendek dan tidak lancar.

  • Kewajiban

    Kewajiban merupakan sumber dana berupa hutang yang perusahaan harus banyak kepada pihak lainnya. Misalnya ketika membangun sebuah perusahaan terdapat transaksi pinjaman dari institusi finansial.

  • Ekuitas

    Ekuitas merupakan total dari jumlah kekayaan dari sebuah perusahaan. Ekuitas umumnya bisa mengalami penambahan seiring aktivitas perusahaan dalam berbisnis. Ekuitas ini bisa dalam bentuk pendapatan tetap, saham, atau lainnya.

5. Laporan Keuangan CALK

CALK atau sering orang sebut juga sebagai Catatan Atas Laporan Keuangan merupakan jenis yang perusahaan gunakan dalam pelaporan skala besar atau bertujuan untuk penyampaian ke Public. Biasa Nya CALK ini memuat informasi tambahan tentang kondisi perusahaan tersebut.

Beberapa informasi seperti pemaparan penyimpanan atau anggapan tidak konsisten juga terdapat di dalamnya. tujuan utama dari laporan keuangan ini adalah untuk memberikan kejelasan terhadap seluruh aktivitas keuangan dalam perusahaan.

1 Comment

Leave a Reply