Jenis Sepeda BMX
Peralatan Olahraga Review

8 Jenis Sepeda: Karakteristik dan Pemakaiannya

Bersepeda adalah hobi yang semakin populer belakangan ini yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan karena banyaknya jenis sepeda yang tersedia.

Bagi Anda ingin mempunyai sepeda untuk menyalurkan hobi anda, Anda perlu tahu berbagai jenis-jenis terlebih dahulu. Setiap macam sepeda didesain untuk suatu kebutuhan.

Ada berbagai macam sepeda yang beredar di pasaran. Berikut kami sajikan 8 Jenis Sepeda beserta karakteristik dan pemakaiannya sebagai referensi.

1. Jenis Sepeda BMX

Jenis Sepeda BMX

Sepeda BMX merupakan pilihan yang tepat bagi anda yang sedang mencari sepeda anak. BMX adalah sepeda yang dirancang untuk pemakaian anak yang aktif bermain dan sedang tumbuh.

Meski begitu, sepeda BMX juga dapat digunakan oleh orang dewasa. Khususnya untuk atraksi atau aktivitas di medan yang ekstrim. Dengan fleksibilitas sepeda BMX yang tinggi dan ketahanannya sepeda ini cocok digunakan dalam berbagai medan.

2. Sepeda Hybrid

Sepeda Hybrid

Sepeda Hybrid kini merupakan jenis sepeda banyak diminati oleh berbagai kalangan. Sepeda ini didesain secara simpel dan memiliki roda gear yang lebih sedikit, dan cocok untuk digunakan bersepeda santai.

Sepeda Hybrid cocok bagi Anda yang tinggal di area kota yang padat dan jalanan yang datar, karena tidak dibekali banyak roda gear. Anda dapat memakainya untuk jalan-jalan, berolahraga, ataupun menggunakannya sebagai alat transportasi ke kantor atau sekolah.

3. Sepeda Lipat (Folding Bike)

Sepeda Lipat Folding Bike

Selanjutnya adalah tipe sepeda yang bisa dikatakan kekinian dan praktis. Folding Bike juga sepeda yang cocok digunakan untuk jalan-jalan atau berbagai kegiatan santai yang bisa anda nikmati di waktu luang.

Sepeda lipat didesain secara simpel dan kelebihannya yang bisa dilipat sehingga mudah dibawa ke manapun membuatnya menjadi salah satu pilihan populer terutama di area yang padat penduduk. Tak cuma minim tempat di luar, saat di simpan di rumah pun, anda bisa menghemat ruang dengan melipatnya.

Sedangkan dari segi harganya sepeda lipat mempunyai harga cukup bervariasi, mulai dari harga Rp 1 jutaan hingga paling mahal Rp 10 jutaan. Sepeda ini sendiri bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko sepeda atau di marketplace.

4. Jenis Sepeda Fixie

Jenis sepeda Fixie

Sepeda Fixie adalah sepeda dulu pernah populer, sepeda ini masih tidak jarang di jumpai. Meskipun, sepeda ini kalah popularitasnya dibanding tipe sepeda lain.

Salah satu faktornya adalah karena sepeda Fixie tidak dibekali rem, sehingga pengguna dituntut keahlian khusus agar dapat menungganginya. Namun bagi beberapa pengguna yang suka dengan desainnya yang klasik, ada yang memodifikasi sendiri agar mempunyai rem.

Sepeda Fixie lumayan sulit untuk ditemui di pasaran, mengingat sepeda jenis ini adalah salah satu sepeda klasik.

5. Sepeda Touring

Sepeda Touring

Seperti namanya, sepeda touring adalah tipe sepeda yang digunakan perjalanan jauh, melakukan touring dengan menggunakan sepeda.

Sepeda jenis ini menyajikan kenyaman saat menggunakannya dan tidak membutuhkan tenaga yang besar saat mengayuhnya, sehingga anda dapat menempuh jarak yang lebih jauh lebih enteng dibanding sepeda jenis lainnya.

6. Sepeda Listrik

Sepeda Listrik

Jenis sepeda selanjutnya adalah sepeda yang dilengkapi teknologi modern, sepeda listrik merupakan sepeda yang belakangan ini semakin diminati oleh berbagai kalangan. 

Sepeda listrik menyajikan kepraktisan bagi penggunanya, dimana Anda dapat memilih ingin menggerakknya dengan tenaga sendiri ataupun tenaga listrik.

Sepeda jenis ini cocok untuk bagi pengguna yang tinggal di perkotaan, mengingat bahwa sepeda ini didesain agar cocok dengan jalanan kota yang rata.

Sebaliknya, sepeda ini tidak disarankan bagi Anda yang berada di pedesaan dengan jalan yang tidak rata, bergelombang, atau banyak tanjakan.

7. Jenis Sepeda Gunung (MTB)

Sepeda Gunung MTB

Selanjutnya adalah sepeda gunung yang merupakan jenis terlaris saat ini, Sepeda Gunung (MTB) tersedia hampir untuk seluruh usia mulai anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Meski dinamakan sepeda gunung, namun pemakaiannya tidak tertuju hanya di area pegunungan.

Anda dapat menggunakannya offroad, berolahraga, jalan-jalan, baik di jalan datar, menanjak, jalan bergelombak, maupun area-area tidak stabil lainnya.

Selain itu sepeda jenis ini bagus untuk kesehatan, karena didesain untuk pemakaian di area pegunungan, kebanyakan pengguna menggunakannya untuk berolahraga dan dapat memabntu pertumbuhan tinggi badan pengguna.

8. Sepeda Balap (Road Bike)

Sepeda Balap

Bagi anda yang hobi mengikuti event dan berkompetisi, sepeda balap (Road Bike) merupakan pilihan terbaik. Sepeda balap dirancang lebih ringan dan sporty, sehingga anda dapat menghasilkan kecepatan tinggi meski mengayuh dengan ringan.

Walaupun disebut sepeda balap, sepeda ini tidak tertutup hanya untuk kompetisi. Karena dirancang untuk berbagai medan, anda dapat menggunakannya untuk berbagai kebutuhan misalnya bersepeda santai di taman, berangkat ke kantor di jalan raya, berolahraga di pegunungan dan lain-lain.

Demikian 8 jenis sepeda beserta karakteristik dan pemakaiannya. Bagi anda yang tertarik, silakan kunjungi halaman Sepeda Terbaru Bhinneka.com untuk info seputar harga dan spesifikasi lengkap. Tersedia berbagai tipe sepeda dari berbagi brand yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan.

Leave a Reply