Kegiatan dalam menyambut bulan ramadhan
Info Bisnis Tren Bisnis

7 Kegiatan dalam Menyambut Ramadan, Berikut Penjelasannya

7 kegiatan dalam menyambut bulan Ramadan ini patut dijadikan referensi untuk Anda yang bingung mau mengerjakan apa saja selama 30 hari ke depan. Ramadan merupakan bulan suci dan penuh berkah bagi umat islam diseluruh dunia. Selama 30 hari umat muslim melaksanakan ibadah puasa. Dari matahari terbit hingga terbenam, umat Islam menjalankan puasa di mana mereka tidak mengonsumsi makanan, minuman, dan menahan hawa nafsunya.

Kegiatan dalam menyambut bulan Ramadhan
Ramadan adalah momen spesial bagi umat islam untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya karena mereka percaya jika bulan tersebut merupakan bulan baik atau suci. Oleh karena itu, ibadah yang dilakukan oleh umat islam pada saat bulan Ramadan memiliki arti spesial dari biasanya.

Muslim di seluruh dunia berpuasa selama sebulan penuh Ramadan, terlepas dari kebangsaan, etnis, ras, atau warna kulit. Dengan demikian, mungkin sangat melelahkan untuk mempersiapkan Bulan Suci ini karena itu seseorang harus memulai persiapan di awal bulan Sya’ban.

7 kegiatan dalam menyambut bulan Ramadan

Kegiatan dalam menyambut bulan ramadhan

1. Persiapkan pada saat bulan Shaban

Bulan Shaban sendiri adalah bulan yang mendahului Ramadan dalam kalender Islam. Shaban berfungsi sebagai jembatan antara Rajab dan Ramadan, dua bulan suci.
Orang-orang menggunakan bulan ini untuk mempersiapkan puasa Ramadan. Selain itu, mereka kadang-kadang berpuasa untuk mengembangkan disiplin diri yang diperlukan untuk puasa Ramadan.

Namun, puasa dilarang dalam Islam di luar pertengahan bulan Sya’ban, yang dimulai pada hari keenam belas bulan itu. Menurut para ahli, seseorang dapat berpuasa selama waktu itu, tetapi sepenuhnya bersifat sukarela.

Baca juga: Kewajiban di bulan Ramadan

2. Menjaga pola makan sehat dan bergizi

Pertahankan pola makan bergizi Puasa sepanjang bulan Ramadan merupakan tantangan mental dan fisik. Oleh karena itu, menjaga pola makan yang seimbang sebelum dan selama Ramadan sangat penting.

Komponen makanan seimbang bekerja sama untuk menjaga gula darah tetap konstan dan memberi banyak energi. Oleh karena itu, biji-bijian utuh, buah-buahan dan sayuran segar, susu, yogurt, telur, dan kacang-kacangan harus dimasukkan ke dalam makanan seseorang sebelum dan selama Ramadan.

Hidangan Ramadan yang direkomendasikan: Oatmeal dengan topping buah dan kacang, roti dengan telur rebus dan sepotong buah, dan semangkuk sup sayuran, sepotong roti gandum, dan segelas susu rendah lemak.

3. Buatlah daftar doa

Berdoa dan membaca doa adalah bagian tak terpisahkan dari tradisi Ramadhan. Muslim di seluruh dunia menikmati membuat permohonan kepada Allah SWT. Oleh karena itu, selalu baik untuk mengatur doa-doa ini dan menghafalnya sebelum memasuki bulan suci Ramadan.

Tidak hanya akan menghemat waktu tetapi juga akan membantu seseorang untuk fokus pada shalat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

4. Baca dan renungkan Al-Qur’an

Al-Quran merupakan kitab suci umat Islam, pada saat bulan Ramadan sangat dianjurkan untuk membaca Alquran dan merenungkannya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Perbuatan baik yang dilakukan sebelum bulan suci dengan merenungkan Alquran sangat dihargai oleh Allah SWT di bulan Ramadan.

Setiap kali seseorang membaca Al-Qur’an, mereka akan menemukan makna baru dan kegunaannya dalam kehidupan ini.

Dianjurkan untuk membaca dengan kecepatan yang nyaman untuk memahami pesan dengan mudah. Jika perlu gunakan alat terjemahan untuk memahami ayat-ayat tersebut.

5. Menerapkan kebiasaan baik

Banyak orang membuat resolusi ketika Tahun Baru tiba, umat Islam menggunakan bulan Ramadan untuk menetapkan resolusi Islam. Oleh karena itu, Ramadan adalah waktu yang ideal untuk menumbuhkan dan menciptakan kebiasaan sehat yang akan bertahan sepanjang tahun, selain membentuk rutinitas keagamaan yang baik.

Diantara amalan yang baik adalah menikmati setiap makan dengan bersujud kepada Allah, santun dengan sesama, menyempatkan waktu untuk berdoa kepada sang pencipta, dan beramal.

6. Membuat daftar menu buka puasa

Saat memasuki bulan Ramadan, sangat penting untuk umat islam menyiapkan menu berbuka yang sehat agar tidak kekurangan gizi selama 30 hari ke depan.

Ramadan adalah waktu untuk mengisi ulang tingkat energi, seseorang harus berusaha untuk makan makanan dari semua kelompok makanan utama, termasuk buah-buahan dan sayuran, biji-bijian dan alternatifnya, serta daging dan alternatifnya. Seseorang harus membatasi penggunaan minyak dan sebagai gantinya mengukus atau memanggang makanan agar makanannya sehat.

7. Membuat rencana untuk Idul Fitri

Akhir Ramadan dirayakan selama tiga hari pertama Syawal, bulan kesepuluh kalender Islam. Orang-orang dengan antusias mempersiapkan Idul Fitri karena ini adalah hari terakhir bulan suci Islam.
Berikut tips persiapan lebaran :
1. Beli pakaian baru untuk Idul Fitri
2. Kunjungi masjid pusat yang luas, lapangan terbuka, atau stadion untuk shalat Idul Fitri
3. Rayakan dengan makanan lezat
4. Tukar kado
5. Beramal

Semoga dengan artikel 7 kegiatan dalam menyambut bulan Ramadan ini dapat menginspirasi para umat muslim diseluruh Indonesia dan bisa lebih bersemangat lagi dalam berpuasa.

Leave a Reply