Info Bisnis Inspirasi Bisnis Kewirausahaan Kreatif

Ketahui Arti Singkatan di STNK, Pemiliki Kendaraan Perlu Tahu

Istilah atau singkatan di STNK bagi sebagian pengendara mungkin terasa asing atau sulit dipahami artinya. Padahal beberapa istilah dan singkatan yang terdapat di STNK penting untuk dipahami karena menyangkut perihal perpajakan atas kendaraan bermotor.

Beberapa contoh istilah atau singkatan yang terdapat di STNK misalnya saja BBNKB, PKB, SWDKLLJ. Masing – masing istilah yang ada di STNK ini memiliki besaran tertentu yang perlu dibayarkan saat pemilik kendaraan membayar pajak. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai arti dan kepanjangan dari masing – masing istilah yang ada di STNK.

cek pajak kendaraan online

Apa Itu STNK

STNK sendiri adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan. Fungsi STNK adalah sebagai surat atau tanda bukti legalitas dari pendaftaran kendaraan bermotor, serta menunjukkan bahwa kendaraan tersebut sudah terdaftar di pihak berwajib.

Selain sebagai tanda bukti pengesahan kendaraan bermotor, STNK juga berfungsi sebagai tanda kepemilikan yang sah atas suatu kendaraan bermotor. Selain SIM, STNK perlu dibawa setiap kali berkendara.

Arti Singkatan di STNK

Apabila Anda melihat dan mengamati STNK kendaraan yang Anda miliki, Anda akan menemui beberapa istilah atau singkatan seperti BBNKB, PKB, dan lainnya. Agar tidak penasaran dan lebih paham, berikut ini adalah masing – masing istilah beserta artinya:

singkatan di stnk

BBN KB

BBN KB adalah Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. BBN KB adalah biaya yang ditetapkan untuk perubahan kepemilikan atau pemindahan tangan atas kepemilikan suatu kendaraan bermotor. Singkatnya BBN KB adalah biaya yang dibayarkan untuk balik nama sehingga kendaraan memiliki nama sesuai dengan pemilik atau pembelinya.

PKB

PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor, adalah besaran pajak yang harus dibayarkan oleh para wajib pajak, dalam hal ini pemilik kendaraan bermotor. Besarnya tarif PKB adalah sebesar 1,5 persen dari nilai jual kendaraan dan nominalnya berbeda pada setiap daerah tergantung pada kebijakan yang berlaku

SWDKLLJ

SWDKLLJ adalah Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Merupakan asuransi yang akan diberikan bagi korban kecelakaan lalu lintas. Asuransi ini ditanggung oleh Jasa Raharja.

No Urut & No Kohir

No. Urut biasanya tercantum pada bagian atas STNK dan menunjukkan nomor urut kendaraan ketika didaftarkan sesuai dengan waktu pembuatan dan pendaftaran STNK.

Sedangkan No. Kohir merujuk pada pendataan nomor pendaftaran kendaraan baru yang dilakukan oleh Samsat dan Polri.

Biaya Adm.

Biaya Adm. merujuk pada biaya administrasi. Biasanya ada dua macam biaya administrasi yaitu biaya adm STNK dan biaya adm TNKB.

Nah demikian arti dan kepanjangan dari singkatan istilah – istilah yang ada di STNK. Pastikan Anda membayar pajak pada STNK tepat waktu untuk menghindari denda keterlambatan.

Leave a Reply