LabInc Kampus Merdeka Tips & Tutorial

Keuangan Ala Anak Kost

Keuangan atau mengatur keuangan merupakan suatu kegiatan mengontrol/mengatur keluar masuknya uang dalam kehidupan individu untuk kebutuhan jangan panjang maupun jangka pendek. Keuangan merupakan suatu kegiatan yang sangat penting untuk di kontrol dan kendalikan.

Keuangan bukan hanya untuk kehidupan rumah tangga suatu keluarga namun untuk semua kalangan yang membutuhkannya, salah satunya kehidupan anak kos yang sudah pasti harus pandai me-manage keuangan nya untuk melanjutkan hari esok.

Anak kost juga harus pandai me-manage keuangan dalam kehidupan sehari-hari nya selama masih berkuliah/bekerja. Pada artikel ini akan membahas untuk anak kuliah, bagaimana caranya me-manage keuangan selama mereka kuliah dan tinggal jauh dari keluarga atau kedua orang tua.

Anak kost biasanya mendapatkan pemasukan dari kedua orang tuanya, atau mungkin sudah ada yang sambil bekerja untuk menambah pemasukan untuk kebutuhan tambahan juga.

Berikut beberapa trik yang dapat anda lakukan sebagai anak kost untuk mengontrol pengeluaran keuangan dalam jangka satu bulan sesuai dengan pemasukan yang anda dapatkan, diantaranya yaitu :

1. Keuangan untuk Jajan/Beli Snack

kontrol pengeluaran keuangan

Keuangan bukan hanya masukan, pengeluaran juga termasuk dalan keuangan. Umumnya jajan atau makanan ringan membuat anda tidak menyadari bahwa uang yang telah dikeluarkan cukup besar karena jajan bukan merupakan makanan pokok.

Waktu yang tepat untuk jajan adalah setelah kalian mengkonsumsi makanan pokok, dimana sudah merasa kenyang dan tidak terlalu membeli jajan yang berlebih.

2. Masak sendiri

cara mengontrol keuangan

Jika tempat kost anda memiliki dapur yang bisa digunakan akan lebih baik anda memasak sendiri karena lebih sehat dan lebih hemat, atau menggunakan alat makas portable yang dapat di simpan di kamar kost.

Contohya, jika anda memasak sendiri kebutuhan konsumsi tidak terbatasi. Anda bisa makan 2 sampai 3 kali dalam sehari, tidak perlu membeli di luar lagi.

3. Belanja di Pasar Tradisional

Pasar tradisional biasanya memiliki harga yang lebih murah dari pada pasar modern, kelebihan lainnya di pasar tradisional anda bisa menawar harga sedangkan di pasar modern tidak. Tentunya ini sangat membantu anda dalam mengontrol keluarnya uang anda.

4. Beli sayuran/lauk yang tahan cukup lama

Sayuran yang tahan lama bisa anda gunakan dengan waktu yang tidak terburu-buru begitu juga dengan lauk-pauk nya, bisa digunakan dalam beberapa hari. Saat pertama kali di beli masih bisa di simpan hingga beberapa hari kemudian masih bisa digunakan meskipun tidak berada dalam kulkas.

Contoh sayuran : Kol, terong, wortel, kentang, sawi putih, lobak, jagung, labu, dan sebagainya
Contoh Lauk-pauk : Telur, tahu Kering, kacang tanah, ikan teri, ikan kering, ikan kaleng dan sebagainya
Contoh di atas adalah bahan masak yang bisa bertahan lebih dari 3 hari.

5. Diskon Marketplace

keuangan meningkat

Tak heran lagi diskon menjadi salah satu incaran semua orang. Memanfaatkan keahlian anda dalam mencari diskon dan beli lah barang diskon yang cukup tahan lama.

Biasanya diskon di marketplace atau e-commerce lebih banyak dan harganya lebih terjangkau. Seperti minyak, deterjen, atau kebutuhan kuliah. Jika anda membutuhkannya anda bisa meng-klik link berikut karena ada banyak diskon di dalamnya, https://www.bhinneka.com/

6.  Keuangan untuk nabung

Usahakan setiap harinya menyimpan uang dengan nominal yang tidak terlalu besar, namun selalu konsisten melakukannya. Hal tersebut terlihat sangat sepele namun sangat membantu apabila anda memiliki keperluan yang mendesak.

7. Buatlah goals perbulan

Goals perbulan maksudnya adalah, anda dapat membuat apa yang ingin anda capai dalam jangka satu bulan tersebut dengan uang yang anda sisihkan atau dengan sisa uang yang anda punya.
Misalnya membeli baju baru, atau membeli buku baru itu bisa menjadi motivasi anda dalam menghemat uang.

8. Catat semua keuangan dalam sehari.

Keuangan Mencatat pengeluaran dalam sehari akan membuat anda menyadari bahwasannya uang yang telah anda keluarkan tidak sedikit seperti yang di duga, karena umumnya kita akan merasa uang yang di keluarkan tidak terlalu banyak.

Beberapa trik di atas sangat bisa anda lakukan karena tidak terlalu sulit dan juga tertekan. Mengontrol keuangan sangat di perlukan agar semua kebutuhan dapat terpenuhi, baik kebutuhan pokok atau keinginan akan sesuatu sebagai bentuk kasih sayang pada diri sendiri.

Goals atau barang di dapatkan dari hasil menabung akan membuat diri sendiri senang akan usaha yang telah dilakukan, dan membuat anda semakin bersemangat dalam menjalani hari-hari.

Semoga beberapa trik di atas dapat anda terapkan dengan konsisten selama menjadi anak kost agar pengeluaran anda dapat terkontrol dengan baik.

 

 

 

 

Leave a Reply