Seputar Bhinneka

4 Keuntungan Affiliate Marketing, Simak Penjelasannya

4  keuntungan affiliate marketing yang sukses di era digital saat ini. Menerapkan sistem pemasaran affiliasi merupakan tujuan banyak perusahaan di Indonesia saat ini. Selain tidak memerlukan banyak modal, pekerjaan ini juga sangat mudah untuk memulainya dan yang pasti bisa mendapatkan penghasilan hingga ratusan juta.

Keuntungan menjadi affiliate marketing

Sebelum melanjutkan lebih jauh, mari kita bahas dulu pengertian dari Affiliate?
Affiliate merupakan suatu jenis pemasaran dimana perusahaan memberikan kompensasi kepada orang yang mempromosikan produk dari perusahaan itu sendiri. Orang yang melakukan promosi tersebut disebut dengan affiliator.

Jenis periklanan ini adalah strategi efektif yang digunakan untuk meningkatkan penjualan. Affiliate marketing biasanya melibatkan kemitraan antara bisnis dan afiliator untuk membantu mempromosikan penjualan produk mereka.

affiliate marketing

Cara kerja dari sistem pemasaran ini yaitu dengan menggunakan tautan link yang dibuat untuk mengarah ke situs dari perusahaan yang bersangkutan. Affiliator mendapatkan persentase tertentu dari penjualan yang dilakukan melalui tautan tersebut.

4 Keuntungan Affiliate Marketing

Keuntungan menjadi affiliate marketing

1. Biaya yang rendah

4 keuntungan affiliate marketing yang pertama ada biaya yang rendah. Untuk perusahaan program affiliate marketing ini sangat baik dilakukan karena membutuhkan biaya yang rendah. Sebagian besar aktivitas pemasaran Anda dilakukan oleh affiliator, mereka juga akan menanggung sebagian dari biaya yang terpasang dan karena ini adalah program berbasis komisi, hal itu berarti Anda hanya akan membayar affiliator dari penjualan yang mereka hasilkan.

Model pemasaran ini memudahkan pengelolaan biaya dan tidak mengganggu arus kas Anda, tidak seperti model pemasaran lain seperti iklan PPC yang mengharuskan Anda membayar untuk setiap klik yang mengarah ke situs web Anda, tetapi affiliate marketing memastikan bahwa Anda hanya dapat membayar affiliator tergantung dengan penjualan yang dilakukannya.

2. Tingginya ROI (Return on Investment)

4 keuntungan affiliate marketing yang kedua ada tingginya ROI. Menggunakan affiliate marketing dalam metode periklanan online bisnis Anda, tidak hanya dapat meminimalkan biaya awal, tetapi juga berdampak pada pendapatan Anda secara keseluruhan. Semua berkat ROI (Return on Investment) yang ditawarkannya.

Jika bisnis Anda memutuskan untuk mengadopsi affiliate marketing dan mulai bekerja dengan afiliator yang mempromosikan merek Anda, Anda tidak akan menemukan apa pun untuk dikeluhkan terkait laba atas investasi Anda.

Sebagai contoh, di negara Inggris ada penelitian yang menunjukkan jika sebuah bisnis bisa menghasilkan hingga 15 pound sterling berkat program affiliate yang mereka lakukan. Hal itu merupakan rasio yang sangat bagus untuk keberlangsungan sebuah bisnis. Maka dari itu, saat ini telah banyak perusahaan yang mencoba menjalankan program affiliate ini seperti Amazon.

Di sektor affiliate marketing, ROI menunjukkan kepada Anda apakah upaya pemasaran Anda pada tingkat ini menguntungkan atau tidak. ROI dapat dihitung jika Anda mengetahui berapa banyak pendapatan yang dihasilkan saat melakukan kampanye affiliate marketing dan berapa banyak uang yang dihabiskan. Kalikan pendapatan dengan margin keuntungan (pendapatan dikurangi biaya) dan bagi hasilnya dengan biaya kampanye.

3. Peningkatan Traffic

Affiliate marketing merupakan salah satu pemimpin potensial dalam sebuah pemasaran untuk dapat mengarah ke situs web bisnis Anda. Selain memiliki ROI yang tinggi, minim resiko, dan biaya yang rendah, platform e-commerce Anda juga akan mengalami lonjakan jumlah kunjungan ke situs web bisnis Anda.

Situs web Anda akan mendapatkan keuntungan yang signifikan dari jenis iklan ini yang Anda butuhkan hanyalah sekelompok affiliator yang bersedia mempromosikan bisnis Anda dengan imbalan komisi untuk pembelian yang diselesaikan sebagai hasil dari konten mereka. Lebih banyak kunjungan situs web berarti peningkatan peluang untuk penjualan yang lebih sukses, jadi ini merupakan keuntungan besar bagi bisnis yang Anda miliki.

4. Membangun sebuah Merek

Sebagai pemilik bisnis, tentu Anda menginginkan jika bisnis yang Anda punya dikenal oleh banyak orang. Maka dari itu, affiliate marketing merupakan salah satu langkah yang efektif untuk membangun brand yang Anda miliki.

Pada dasarnya affiliate marketing ini adalah orang-orang yang menyebarkan berita tentang bisnis Anda, dan biasanya mereka mempromosikan dengan konten positif dan penuh warna.
Melalui penggunaan affiliate marketing, perusahaan membangun hubungan dengan blogger berpengaruh dan influencer media sosial untuk membantu mengarahkan periklanan dengan cara organik ke situs mereka. Jenis pemasaran ini juga membantu perusahaan membangun pengenalan merek melalui iklan dari mulut ke mulut dan mendapatkan umpan balik pelanggan tentang produk baru dengan cepat.

Kesimpulan

Affiliate marketing menjadi salah satu pemasaran iklan yang sedang populer, perusahaan terus melakukan evaluasi dan inovasi untuk dapat menjalankan pemasaran iklan ini dengan baik. Untuk itu ada beberapa hal yang harus perusahaan hindari dalam menerapkan pemasaran affiliate ini salah satunya yaitu gagal memperlakukan affiliator sebagai mitra, kurangnya tujuan yang jelas, tidak membayar komisi, dan mengabaikan aturan dengan jelas. Semoga artikel ini dapat membantu dalam mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari pemasaran affiliate.

Leave a Reply