Bhinneka Events LabInc Kampus Merdeka

Bhinneka.Com Buka Peluang Kolaborasi Bisnis di “National Hackathon & Collaboraction 2021” Universitas Padjadjaran

Dalam penyelenggaraan “National Hackathon & Collaboraction 2021” oleh Oorange, Pusat Inkubator Bisnis Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, Sabtu (25/9/2021) kemarin, Bhinneka.Com turut diundang sebagai salah satu perusahaan e-commerce kolaborator, bersama sejumlah entitas lainnya. Yakni AWS, 1001 Startup Kominfo, dan Shipper.

Diwakili oleh Head of Business Bhinneka.Com, Dennis Kumara, para peserta yang didominasi oleh inkubator maupun agregator bisnis dari seluruh Indonesia, kembali diperkenalkan dengan Bhinneka.Com yang merupakan pionir e-commerce Tanah Air, dan kini fokus ke sektor B2B lewat platform business super ecosystem-nya. Tak hanya itu, Dennis juga menjelaskan peluang-peluang kolaborasi bisnis yang tersedia, baik pada lini B2C (ritel), B2B (procurement), serta B2B2B (hulu ke hilir yang terintegrasi).

Setelah paparan singkat dari keempat agregator, termasuk Bhinneka.Com, panitia pun membuka ruang virtual secara terpisah. Mempersilakan para inkubator bisnis untuk sharing atau menyampaikan pemaparan secara terfokus (one-on-one pitching) dengan masing-masing agregator. Setiap inkubator diberi kesempatan 15 menit.

Perkenalan Bhinneka.Com untuk kolaborasi bisnis
Head of Business, Dennis Kumara saat sesi memperkenalkan Bhinneka.Com.

Hal ini sejalan dengan tujuan program “National Hackathon & Collaboraction 2021”, yang tidak hanya menjadi ajang mengumpulkan atau menguji ide-ide bisnis dari perusahaan rintisan (startups), melainkan juga mendorong perkembangan inovasi di sektor-sektor yang belum terlampau diketahui khalayak ramai, dengan harapan bisa menghadirkan peluang kolaborasi bisnis.

Hackathon dengan hadiah terbesar

Dikutip dari keterangan penyelenggara, “National Hackathon & Collaboraction 2021” oleh Oorange, Pusat Inkubator Bisnis Unpad ini merupakan hackathon dengan beberapa poin pembeda dibanding kegiatan serupa sebelumnya. Dimulai dengan hadiah terbesar, yakni credit dan program lanjutan bagi 60 besar. Sementara bagi startup dan ide yang tembus ke babak final, akan langsung mendapatkan uang tunai sebesar Rp150 juta dari Unpad.

Namun, yang terpenting tentu saja adalah penerapan atau aplikasi ide-ide bisnis di dunia nyata, hingga mampu memberikan manfaat tidak hanya bagi startup yang menjalankannya, tetapi juga kepada masyarakat sebagai solusi atau pemecahan masalah di berbagai situasi.

Sinergi Bhinneka.Com di sektor pendidikan

Kehadiran Bhinneka.Com dalam kegiatan di lingkungan Unpad ini merupakan salah satu contoh sinergi aktif bersama para pemangku kepentingan sektor pendidikan. Beberapa di antaranya yang telah berjalan, seperti keterlibatan Bhinneka.Com menjadi salah satu mitra perusahaan pemberi magang bersertifikasi dalam program Kampus Merdeka bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI, maupun transformasi digital di lingkungan kampus lewat program Campus Marketplace yang telah berjalan di beberapa universitas ternama.

Melalui berbagai bentuk kerja sama, dipastikan akan lebih banyak inisiasi-inisiasi positif yang dihasilkan di lingkungan pendidikan ke depannya.

Leave a Reply