Konsep 3R
Info Bisnis Inspirasi Bisnis Tips & Tutorial

Manfaat Penerapan Konsep Keberlanjutan dalam Bisnis

Konsep keberlanjutan merupakan inti dari seluruh kegiatan yang kita lakukan, termasuk pula kegiatan bisnis. Konsep keberlanjutan dalam bisnis akan menjadikan perusahaan berfokus kepada tiga lingkup yaitu manusia (people), lingkungan (planet), dan keuntungan (profit).

Konsep Keberlanjutan Bisnis

Manfaat Penerapan Konsep Berkelanjutan dalam Bisnis

Seiring berjalannya waktu, banyak perusahaan yang telah dan terus tetap mencari strategi yang tepat dan bersesuaian dengan konsep keberlanjutan bisnis. Kemasifan penerapan konsep ini dilatarbelakangi banyaknya perusahaan yang sukses dan mendapatkan banyak manfaat dari pengimplementasian konsep keberlanjutan. Berikut merupakan 6 manfaat dari penerapan konsep berkelanjutan dalam bisnis:

1. Konsep Berkelanjutan dalam Bisnis Meningkatkan Citra perusahaan dan keunggulan kompetitif

Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa sebagian besar konsumen akan memilih untuk melakukan transaksi pembelian barang dan jasa di perusahaan yang menerapkan konsep keberlanjutan. Semakin masifnya gerakan peduli lingkungan alam dan sosial menjadikan masyarakat memiliki kecenderungan untuk melakukan keputusan pembelian berdasarkan sudut pandang personal, lingkungan, dan nilai-nilai sosial.

Perusahaan yang mendukung gerakan penghematan energi, pengakuan hak para pekerja, serta mempromosikan gaya hidup yang sehat dan aman akan mendapat posisi tersendiri di kalangan masyarakat yang mampu menjadi keunggulan kompetitif perusahan.

2. Meningkatnya kemampuan perusahaan merekrut dan mempertahankan karyawan

Penerapan konsep keberlanjutan akan menumbuhkan citra baik perusahaan. Citra baik perusahaan akan menciptakan reputasi yang unggul. Dengan reputasi unggul tersebut, banyak orang yang ingin bergabung menjadi bagian dari perusahaan tersebut.

Reputasi perusahaan yang baik akan menjadikan proses rekrutmen karyawan akan menjadi sangat ketat. Hal tersebut menjadikan hanya kandidat terbaik yang mampu menjadi bagian dari perusahaan. Rasa bangga yang muncul ketika berhasil bergabung menjadi bagian perusahaan yang bereputasi baik akan menjadikan karyawan menunjukkan kinerja terbaiknya untuk mempertahankan jenjang karir yang dimiliki.

3. Peningkatan produktivitas

Dengan mengusung konsep berkelanjutan pada pembuatan fasilitas dan lingkungan kerja akan meningkatkan moral karyawan, kognisi, dan kenyamanan karyawan dalam bekerja. Hal tersebut akan meminimalisir ketidakhadiran karyawan yang mendukung peningkatan produktivitas perusahaan.

Pencahayaan alami dari matahari, sirkulasi udara segar yang baik, dan lingkungan kerja yang rindang dan sejuk akan membuat karyawan merasa senang dan nyaman.

4. Pengurangan limbah

Konsep 3R

Konsep berkelanjutan tidak terlepas dan berkaitan sangat erat dengan konsep 3R, yaitu , mengurangi (reducing) penggunaan barang sekali pakai, mendaur ulang (recycling), dan menggunakan kembali (reusing) barang-barang serta material yang masih memiliki potensi daya guna. Penerapan konsep tersebut akan mengurangi limbah yang dihasilkan dari proses operasional bisnis. Hal tersebut akan berimplikasi pula pada pengeluaran perusahaan yang semakin efektif dan efisien.

5. Kesesuaian dengan hukum

Perusahaan bisnis merupakan sebuah entitas yang tidak dapat berdiri seorang diri. Perusahaan bisnis akan berkaitan dan tidak terpisahkan dari berbagai stakeholders terkait. Salah satu stakeholder tersebut adalah pemerintah.

Perusahaan perlu melindungi dan memenuhi kepentingan para stakeholders terkait. Melalui pengimplementasian kepatuhan terhadap peraturan dan undang-undang yang berlaku, perusahaan telah melaksanakan kewajibannya terhadap pemerintah. Kepatuhan terhadap hukum yang berlaku tersebut akan meningkatkan reputasi dan dukungan dari pemerintah dan masyarakat setempat terhadap perusahaan.

6. Meningkatnya keuntungan perusahaan

Dari kelima manfaat yang telah disebutkan di atas, kompilasi manfaat tersebut akan membawa keuntungan dalam peningkatan pendapatan perusahaan. Meningkatnya kesadaran dan reputasi akan keberadaan perusahaan, mengadaptasi berbagai strategi inovatif, menarik dan mempertahankan karyawan unggul, serta memberi perhatian pada lingkungan alam dan sosial dapat berkontribusi dalam penciptaan laporan keuangan perusahaan yang baik.

Kesimpulan Penerapan Konsep Keberlanjutan dalam Bisnis

Penerapan konsep berkelanjutan mungkin memerlukan waktu, sumber daya, dedikasi, dan komitmen yang tidak mudah. Akan tetapi, seluruh perjuangan dan pengorbanan untuk mengimplementasikan konsep keberlanjutan dalam bisnis akan sepadan dengan keuntungan serta manfaat yang akan didapatkan di kemudian hari.

Leave a Reply